Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Siap-siap! 5 Profesi Ini Paling Ketat Bersaing Saat MEA diberlakukan

Copy to clipboard copy-link
Siap-siap! 5 Profesi Ini Paling Ketat Bersaing Saat MEA diberlakukan
Sobat Souja, gaung Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan segera dimulai rupanya mengharuskanmu untuk bisa bersaing dengan tenaga kerja asing dari ASEAN lainnya, sehingga sebuah keharusan untuk senantiasa mengupgrade skill agar punya keunggulan komparatif. Dilansir dari Qerja.com, ada 5 profesi yang terkena kebijakan pasar bebas dan tertuang dalam ASEAN Mutual Recognition Arrangement (MRA). MRA masing-masing profesi telah menetapkan standar dan kompetensi yang diperlukan di kancah ASEAN. 


Berikut ini profesi yang akan bersaing ketat dalam pemberlakukan MEA, yakni sebagai berikut:


1. Arsitek
Lingkup pekerjaan arsitekur sangat luas meliputi interior, lingkup bangunan, lingkup kompleks bangunan, sampai dengan lingkup kota dan regional. Posisinya yang strategis bahkan bisa membuat sebuah pembangunan dihentikan karena tidak sesuai dengan persyaratan yang sudah disepakati.


2.  Akuntan
Secara umum seorang akuntan bertugas untuk menghadirkan informasi bagi para pengambil keputusan tentang kejadian-kejadian ekonomi yang penting dan mendasar serta menyajikan dan sekaligus membantu mempersiapkan informasi tentang bagaimana cara mereka mengalokasikan sumber-sumber yang serba terbatas, seperti modal, tenaga kerja, dan bahan baku guna mencapai tujuan yang diinginkan. Profesi akuntan dibedakan atas beberapa macam, di antaranya adalah akuntan publik, akuntan intern, akuntan pemerintah, dan akuntan pendidikan. Tugasnya pun berbeda-beda, ada yang mengurus akuntansi keuangan (financial), akutansi biaya (cost), bahkan akuntasi pajak (tax).


3. Insinyur
Salah satu profesi yang harus siap menghadapi MEA adalah profesi insinyur. Ini berlaku untuk semua insinyur, yang kalau di Indonesia memakai gelar ST alias sarjana teknik. Saat ini ada 14 jenis profesi insinyur yang ada di Indonesia, mulai dari insinyur mesin, geodesi, teknik fisika, teknik sipil, dan teknik kimia.


4. Tenaga Pariwisata
Pada dasarnya jenis tenaga kerja pariwisata cukup banyak karena banyaknya profesi yang berhubungan dengan sektor yang satu ini. Beberapa contoh di antaranya adalah bidang maskapai penerbangan yang mencakup agen tiket, pilot, pramugari, katering, dan lain-lain. Bisa juga bidang perhotelan, di mana yang terlibat adalah manager hotel, room service, controller, akuntan, dan lain-lain.


5. Praktisi Medis dan Perawat
Dengan masuknya praktisi medis dalam daftar profesi yang boleh wara wiri di ASEAN, maka jangan heran bila Anda bertemu dokter asing di sebuah rumah sakit yang Sobat kunjungi. Benar, praktisi medis seperti dokter fisik dan dokter gigi memiliki kesempatan untuk membuka praktik di negara seputar ASEAN. Selain dokter dan dokter gigi, perawat juga memiliki kesempatan kerja di seluruh negara ASEAN bila mereka memiliki kompetensi yang meyakinkan plus jam terbang yang lumayan tinggi. 


Jadi, pilihannya hanya ada dua Sobat mengupgrade kemampuan dan meningkatkan daya saing atau tergantikan! 

Elin Septianingsih

Elin Septianingsih

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register