Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Ini Peraturan Sutradara Star Wars: Force Awakens yang Tidak Boleh Dilanggar Iko Uwais dkk

Copy to clipboard copy-link
Ini Peraturan Sutradara Star Wars: Force Awakens yang Tidak Boleh Dilanggar Iko Uwais dkk
Tiga aktor Tanah Air, Iko Uwais, Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman resmi bermain dalam film ikonik Hollywood, Star Wars: The Force Awakens. Tak dipungkiri, secara tidak langsung hal ini memberikan sebuah kebanggan tersendiri bagi perfilman Tanah AIr. Iko Uwais, menuturkan bahwa ia dan sesama aktor Indonesia mulai menjalani proses produksi pada bulan Juli 2014 lalu di Amerika Serikat. 


Diamini 2 rekannya yang lain, ada sederet peraturan yang diberlakukan oleh sang sutradara, JJ Abrams. Secara garis besar, proses syuting film arahan ini memang sangat rumit dan punya peraturan ketat. Draft naskah tidak boleh dibaca oleh sembarang orang. Termasuk, Iko, Cecep dan Yayan yang tidak diperkenankan membaca skenario utuh kecuali scene dimana mereka terlibat didalamnya. 


"Terus terang aja kemarin saya cuma mengikuti instruksi sutradara. Soal cerita saya nggak tahu. Soalnya dari segi skrip saja pas kita datang dikasih, pulang diambil lagi skripnya. Jadi skrip hanya untuk hari itu saja," jelasnya saat ditemui di Senayan City XXI, Jakarta Pusat, Selasa malam (15/12).


Bahkan sebelum menjalani syuting dan membaca naskahnya, mereka bertiga diwajibkan untuk tanda tangan sebuah surat perjanjian. Mereka sama sekali tak boleh membocorkan hal apapun terkait proses syuting apalagi spoiler cerita.


"Kita sebelum baca skrip disuruh tanda tangan. Dan saat masuk lokasi syuting, kamera handphone ditutup dengan barcode. Sangat confidential. Saya hanya tahu karakternya, tapi saya nggak tahu ceritanya gimana. Hanya menurut pada arahan sutradara. Pokoknya kami baru diberi tahu mengenai keseluruhan cerita saat syuting sudah hampir 70 persen. Sutradara sangat hati-hati menjaga kerahasiaan dari pihak luar" tandas Iko.


Sementara itu, tantangan terberat bagi para aktor Indonesia adalah waktu shooting yang bersamaan dengan bulan Ramadhan. Maklum di Amerika Serikat matahari baru terbenam setelah 19 jam berbeda dengan Indonesia yang hanya 12 sampai 13 jam saja. 


“Kebetulan syutingnya pas bulan puasa, dan itu salah satu puasa terberat yang pernah saya alami karena hampir 19 jam lamanya sebelum waktu berbuka. Tetapi setiap menjelang waktu berbuka, kru di sana sudah menyiapkan makanan berbuka bahkan memberikan waktu beristirahat sejenak buat kami berbuka,” ujar Cecep.
Star Wars: the Force Awakens menceritakan lanjutan dari kisah 30 tahun pasca The Return of the Jedi, episode terakhir dari trilogi original. Trio karakter utama Han Solo, Princess Leia, dan Luke Skywalker akan diperankan oleh aktor yang sama, Harrison Ford, Carrie Fisher, dan Mark Hamill. Selain itu, juga ada beberapa wajah baru, seperti aktor asal Inggris John Boyega dan Daisy Ridley. Bagaimana Sobat? Sudah siapkah kamu menyaksikan petulangan dari Han Solo dan Luke Skylwalker dalam film ini? Tunggu 18 Desember ya! 

Elin Septianingsih

Elin Septianingsih

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel