Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Tips Membuat Karyawan Loyal Terhadap Perusahaan

Copy to clipboard copy-link
Tips Membuat Karyawan Loyal Terhadap Perusahaan
Salah satu persoalan besar yang kerap dialami para pimpinan perusahaan saat ini bukanlah mencari karyawan baru, namun bagaimana membuat karyawan yang ada saat ini loyal terhadap perusahaan. Hal ini karena ketika karyawan terus-menerus berganti, perusahaan tentu akan menghabiskan waktu untuk mendidik karyawan baru sehingga operasional perusahaan tidak berjalan secara efektif. 

Jika sobat juga mengalami hal serupa, beri mereka alasan untuk bertahan, yang pada akhirnya akan menjadikan mereka aset perusahaan yang paling utama. Berikut ini ada 5 tips yang dikutip dari laman TabloidNova.com yang bisa sobat lakukan kepada para karyawan di perusahaan sobat agar mereka betah dan loyal terhadap bisnis sobat. 

1. Jadilah bos yang baik 
Salah satu alasan (bisa jadi yang utama) di balik pengunduran diri para karyawan adalah karena faktor pimpinan. Oleh sebab itu pimpinan haruslah berinteraksi dengan karyawan dan saling menghargai satu sama lain. Kedengarannya sederhana, namun mempertahankan karyawan lebih baik sebelum dia berpindah ke perusahaan kompetitor.

2. Lakukan acara penyambutan
Bukan besar-besaran, namun cukup secara sederhana namun menyentuh. Bayangkan, ketika seseorang memutuskan berhenti dan meninggalkan perusahaan, biasanya karyawan lain akan merancang acara perpisahan dan pemberian kado. Kenapa tidak memperlakukan karyawan di hari pertamanya bekerja dengan cara yang sama? Sobat bisa menempatkan kartu selamat datang di meja kerjanya, yang ditandatangani oleh rekan se-tim, sebagai penyambutan di tempat kerja baru. Perhatian sekecil ini akan membuat karyawan merasa nyaman dan diterima di lingkungan yang baru. 

3. Berikan hal positif yang akan selalu diingat 
Setiap orang sepertinya akan bercerita apa pun tentang pekerjaannya, entah itu dengan teman, sahabat, atau keluarga. Jika cerita yang ia sebarkan adalah cerita yang positif, tentu akan membuatnya lebih bersemangat dalam bekerja. Nah, cerita seperti apa misalnya? misalnya mendapat biaya internet bulanan dan sebagainya. Hal-hal kecil dari perusahaan seperti ini akan semakin membuat karyawan loyal kepada perusahaan.

4. Jaga kesehatan karyawan 
Ajukan gaya hidup sehat dan beri contoh. Jika karyawan sehat dan fit, mereka akan lebih produktif dan penuh energi untuk mengatasi berbagai jenis pekerjaan. Bisa dengan cara rutin tiap minggu atau bulan bermain badminton atau futsal bersama dan sebagainya. Selain sehat, sobat juga bisa membangun teamwork yang baik antara karyawan di perusahaan. 

5. Seimbang antara pekerjaan dan rekreasi 
Tunjukkan kepedulian perusahaan pada karyawan dengan mengadakan aktivitas yang beragam. Selain olahraga yang menyehatkan, bisa juga dengan outing sekali sebulan, makan bersama, pemberian libur dan insentif dan hal lain yang menunjukkan bahwa sobat peduli pada karyawan.

Nur Aini

Nur Aini

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel