Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

4 Sikap Pantas Sampaikan Kritik Pada Rekan Kerja

Copy to clipboard copy-link
4 Sikap Pantas Sampaikan Kritik Pada Rekan Kerja
Perbedaan pendapat kerap terjadi dalam sebuah tim, apalagi di dunia kerja. Menyampaikan kritik dan saran kepada rekan kerja sah-sah saja, namun apa yang terjadi bila kamu hendak menyampaikan kritik kepada rekan yang berada satu level, baik dari segi posisi, jenjang pendidikan maupun usia? Kondisi ini akan semakin sulit apabila kamu ditunjuk sebagai pimpinan sebuah proyek penting. Mantan eksekutif Google, Kim Scott menuliskan saran untuk para pimpinan tim dalam buku yang berjudul Radical Candor


Dilansir melalui Qerja.com, para pimpinan tim hendaknya bersikap transparan, terbuka dan jujur atas keadaan dalam timnya, termasuk menyampaikan tanggapan baik itu saran maupun kritik kepada anggota. Sebaliknya, pernyataan tersebut juga bermakna bahwa pimpinan tim harus siap dikritik oleh bawahan. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini! 


Sampaikan segera, sebelum terlambat
Kebanyakan orang tidak suka menyampaikan berita buruk. Mungkin kamu adalah salah satunya. Kabar negatif akan melukai perasaan rang lain. Maka penyampaiannya menunggu hingga saat yang tepat. Padahal, apda definisi saat yang tepat? Seharusnya, jika menemukan kesalahan, maka sampaikan saja langsung. Hal ini akan membantu kerja anggota tim.


Jangan bertele-tele
Katakan secara terang-terangan jika menemukan kendala, setelah itu, langsung bahas solusi penyesaian masalah. Dengan begitu, masalah akan lebih cepat selesai. Etikanya, kamu harus menyampaikan dengan hati-hati, agar tidak menyinggung perasaan, melukai harga diri dan menurunkan motivasi kerja. 


Melakukan supervisi berkelanjutan
Tugas Sobat tidak selesai saat keluar dari ruang kantor. Tugasmu adalah bekerja sama dengan orang yang baru saja dikritik. Kendati ia berjanji akan memperbaiki kesalahannya, jangan lantas percaya dengan janji manisnya, kawal dan awasi terus pekerjaannya. Ulurkan tangan jika memang ia membutuhkan bantuan kamu. Berusahalah untuk tetap terikat dalam hal pekerjaan. Jika kegagalan kembali terulang, mungkin ada yang salah saat menyampaikan pengarahan. Mintalah laporan selama periode tertentu secara berkala. 


Hindari memberi pujian palsu
Mungkin kamu bermaksud hendak membesarkan hati rekan kerjamu. Jadi setelah memberi kritik, Sobat lalu memuji beberapa usaha terbaiknya. Padahal itu tidak perlu. Jika dilakukan, malah telah bersikap tidak jujur padanya. 


Mungkin sikap kamu akan mendapatkan beragam komentar, baik pro maupun kontra. Namun percayalah, lambat laun sikapmu akan sangat membantu peningkatan kinerja tim. 

Elin Septianingsih

Elin Septianingsih

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register