Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Kisah Inspiratif: Mindset tentang Uang

Copy to clipboard copy-link
Kisah Inspiratif: Mindset tentang Uang
Masalah di dunia ini, diakui atau tidak, banyak bersumber dari soal materi. Karena itu tak salah jika ada orang yang mengatakan: 


“Uang memang bukan segalanya, tapi segalanya butuh uang.” 


Tapi, apakah sematerialistis itu, kita semua? Apakah kita benar-benar tak bisa hidup tanpa uang? Kunci jawaban sebenarnya adalah terletak pada pola pikir alias mindset yang kita tanamkan dalam diri. Jika mindset yang kita tanamkan kurang benar, maka uang hanya akan jadi beban dan momok dalam kehidupan. Sebaliknya, jika uang kita pahami sebagai sarana untuk berbuat banyak hal yang membawa kebaikan, maka uang pun akan jadi sesuatu yang penuh arti. Bicara manajemen keuangan, ada beberapa hal yang perlu kita pahami soal mindset kita terhadap uang. Berikut beberapa diantaranya. 


Lihatlah ke dalam diri.
Barangkali kita perlu kembali menelaah tentang konsep kekayaan yang kita miliki. Karena, itu yang akan membuat kita memiliki referensi, sehingga kita pun dapat mengevaluasi pola keuangan yang kita lakukan selama ini, apakah sudah sesuai dengan keyakinan yang kita tanamkan atau belum.


Program ulang mental berpikir.
Benarkah keyakinan kita terhadap uang selama ini? Sebab, mungkin kita sejak dulu ada yang menanamkan bahwa uang itu identik dengan orang korupsi dan kejahatan lainnya. Jika itu yang ada dalam benak kita selama ini, cobalah ubah dan program ulang mental berpikir kita terhadap uang. Tentu, bukan untuk menjadikan kita berpikir serbamaterialistis. Namun, kita ajukan pikiran baru bahwa dengan uang—plus kekayaan meningkat—kita bisa membantu banyak orang. Dengan pemahaman positif tentang uang, niscaya manajemen keuangan yang kita lakukan pun akan lebih tertata dengan baik.


Untuk mendapat lebih, kita harus bersikap lebih.
Pola pikir seorang jutawan, pasti berbeda dengan orang yang berpikir biasa-biasa saja. Tindak-tanduk, tingkah laku, bagaimana memperlakukan uang, bagaimana mengatur keuangan, harus disesuaikan dengan sikap seorang jutawan—atau miliarder—jika kita juga ingin menjadi seperti itu. Dengan cara berpikir seperti itu, kita akan membiasakan berpikir kreatif dan sekaligus mampu menarik banyak cara untuk mendapatkan dan mengatur uang seperti yang kita harapkan. Karena itu, berpikir positif, salah satunya dengan menjauhi kekhawatiran akan kekurangan uang, akan menjadikan kita lebih mampu mengatur pola hidup dan sikap kita untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan.


Membuat uang mengalir kepada kita.
Salah satu kunci untuk membuat lebih mudah mengatur keuangan adalah dengan mendatangkan uang. Untuk itu, berpikirlah layaknya orang yang kaya, karena itulah yang akan menjadikan kita kaya. Lanjuti dengan tindakan dan perjuangan yang konsisten. Dengan membiasakan berpikir dengan cara itu, kita akan lebih mampu memacu diri untuk menangkap banyak peluang yang ada di sekeliling kita. Bukankah kita semua sama-sama mendapat jatah waktu 24 jam? Tapi mengapa ada orang yang berkelimpahan dan ada yang kekurangan? Kuncinya, kembali ke pola pikir.


Jadi, ingin lebih mudah mengatur keuangan? Cobalah ubah pola pikir kita dahulu. 


Sumber: Andriewongso.com 

Elin Septianingsih

Elin Septianingsih

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel