Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

Copy to clipboard copy-link
Tips Mudik Lebaran Menggunakan Kendaraan Pribadi

Salah satu tradisi yang ramai dilakukan adalah mudik atau pulang kampung. Aktivitas itu telah menjadi tradisi turun menurun yang dilakukan sebagian besar masyarakat Indonesia jelang lebaran. Bukan hanya ajang silahturahmi dan berkumpul dengan keluarga, momen mudik ini juga dijadikan kesempatan untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kesibukan sehari-hari. 

Sebagian orang mudik bisa keluar kota, provinsi hingga luar pulau. Perjalanan pun akan memakan waktu lebih lama karena kemungkinan jalanan lebih padat dari biasanya.

Mudik dapat dilakukan menggunakan berbagai transportasi seperti mobil, motor, kereta, pesawat, dan lainnya. Dilansir dari suara.com dan Tokopedia ada lima tips persiapan mudik yang lebih aman dan nyaman loh, yuk disimak.

1. Pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima

Sebelum melakukan perjalanan mudik, hal yang wajib adalah pastikan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting seperti oli mesin, tekanan ban, air radiator, dan sistem rem.

Hal ini penting untuk meminimalkan risiko kecelekaan di jalan selama perjalanan mudik. Selain itu, jangan lupa untuk membawa buku servis dan dokumen kendaran yang lengkap sebagai persyaratan standar berlalu lintas. Untuk membuat perjalanan mudik menjadi lebih nyaman, masyarakat juga bisa menambahkan kasur mobil agar dapat istirahat dalam mobil saat berhenti di rest area.

2. Siapkan uang tunai dan saldo kartu uang elektronik

Pembayaran digital semakin menjadi andalan masyarakat saat melakukan transaksi. Namun ada baiknya untuk kita tetap menyiapkan uang tunai cadangan dan memastikan saldo kartu uang elektronik tetap terisi untuk beberapa tempat selama perjalanan mudik.

"Masyarakat bisa dengan mudah mengisi saldo uang elektronik melalui fitur Top Up Uang Elektronik di e-commerce maupun bank, kapanpun dan dimanapun. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, jangan lupa update saldo uang elektronik dari e-commerce, ATM atau gerai retail terdekat." saran Rizky.

3. Titipkan hewan peliharaan pada orang terdekat

Bila memiliki hewan peliharaan, maka ada baiknya melakukan persiapan apabila tidak ikut dibawa pulang mudik. Misalnya titipkan hewan peliharaan di jasa penitipan hewan peliharaan di klinik atau pet shop terpercaya, atau bisa juga menitipkan ke orang terdekat untuk menjaga hewan peliharaan. Jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan hewan peliharaan seperti obat-obatan, camilan kesukaan hewan peliharaan dan produk perawatan kepada orang yang akan memelihara hewan peliharaan selama mudik.

4. Siapkan perlengkapan untuk kejadian yang tidak terduga

Perjalanan mudik, baik dilakukan di darat, laut atau udara membutuhkan kondisi fisik yang prima bagi pemudik. Bahkan kondisi kendaran prima juga sangat dibutuhkan bagi pemudik jalur darat. Untuk menjaga kesehatan fisik pemudik, dianjurkan membawa kotak P3K berisi obat anti mabuk, obat diare, obat demam, serta antiseptik pembersih luka dan perban. 

Selain itu, untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga pada kondisi kendaraan, siapkan perkakas seperti segitiga pengaman, dongkrak mobil, tang, serta kunci serep.

5. Pastikan semua perbekalan cukup

Perbekalan lain yang juga penting adalah charger dan power bank agar daya baterai smartphone dan perangkat elektronik lainnya tetap terjaga agar pemudik dapat memanggil bantuan jika diperlukan.

Perbekalan makanan dan minuman serta alat ibadah juga penting untuk mengantisipasi perjalanan mudik yang panjang. Siapkan makanan dan minuman secukupnya bagi sekeluarga. Bawalah makanan dan minuman yang tahan lama dan mudah dibawa, seperti roti, biskuit, buah buahan dan air minum.

Itulah tips mudik lebaran menggunakan kenadaran pribadi yang perlu diperhatikan. Selalu berhati-hati dan semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel