Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

5 Tips Menjaga Kulit untuk Sobat yang Hobi Olahraga!

Copy to clipboard copy-link
5 Tips Menjaga Kulit untuk Sobat yang Hobi Olahraga!

Sobat Souja, olahraga merupakan kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Ketika sedang berolahraga, otot-otot tubuh akan menjadi panas karena menggunakan tenaga. Hasilnya, tubuh akan memberi respon alami dengan cara memproduksi keringat.

Saat epidermis di dalam tubuh dipengaruhi oleh keringat ketika berolahraga, keringat bisa merusak jaringan kulit dan mengakibatkan iritasi bahkan menimbulkan jerawat. Lantas, bagaimana cara merawat kulit dengan baik untuk kamu yang suka berolahraga? Berikut tipsnya. Yuk, cek! 

  1. Rajin membersihkan wajah

 

Banyak orang yang mengenakan riasan atau makeup ketika berolahraga. Padahal hal tersebut sangat tidak disarankan. Meningkatnya aliran darah dan keringat ketika berolahraga bisa mengakibatkan pori-pori membesar. Ini berarti apa pun yang berada di atas kulit berpotensi besar akan terjebak di dalam pori-pori.

Kamu bisa menyiapkan tas kecil yang telah kamu isi dengan sabun cuci wajah. Jadi, kamu bisa mencuci wajah sebelum dan setelah berolahraga. Apabila kulit kamu cenderung berjerawat di wajah atau badan, maka kamu bisa memilih pembersih gel dengan kandungan yang lebih efektif. Aktivitas membersihkan wajah akan menjadikan kulit terasa lebih segar.

  1. Memilih waktu yang tepat

 

Mungkin kamu merasa kesulitan untuk menentukan waktu yang benar-benar tepat untuk berolahraga. Tetapi, bila kamu mempunyai waktu fleksibel, maka kamu sebaiknya tidak berolahraga di luar ruangan pada siang hari saat UV matahari berada di titik tertinggi.

Semakin tinggi tingkat UV matahari, maka semakin besar juga untuk memberikan efek yang buruk terhadap kerusakan kulit. UV matahari lebih buruk selama musim panas dan lebih rendah pada cuaca yang sedang berawan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memilih untuk berolahraga pada pagi hari, dari pukul 6 hingga 8 pagi. Jika tak memungkinkan, kamu bisa berolahraga pada siang hari, namun di dalam ruangan.

  1. Memakai pelindung dari sinar matahari

 

Kamu bisa memakai kacamata hitam, topi, dan pakaian pelindung yang bertujuan untuk meminimalkan risiko kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari ketika berolahraga. Saat menggunakan tabir surya, kamu bisa memilih produk dengan SPF 50+ dan dengan formula tahan air yang tidak gampang berkeringat. Lalu, pakailah sebanyak 2 ruas jari dan ulangi setiap 2 jam.

Penggunaan kacamata hitam agar mata terlindung dari sinar matahari secara langsung. Pemakaian topi berguna untuk melindungi wajah, telinga, dan tengkuk leher dari sinar UV secara langsung. Bila memilih bersepeda, kamu dapat memakai sarung tangan.

  1. Makan dan tidur nyenyak

 

Untuk memproteksi kulit dari dalam ke luar, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Misalnya saja rajin memakan makanan yang mengandung Vitamin A, C, D, dan E yang berkhasiat untuk kesehatan kulit, begitu pula kolagen, CoQ10, dan zinc.

Di samping itu, kamu juga harus menerapkan pola tidur yang baik. Tidur malam yang cukup, nyenyak dan berkualitas, sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit dalam jangka panjang.

  1. Melakukan pemeriksaan kulit dengan teratur

 

Apabila kamu kerap kali menghabiskan waktu di luar untuk berolahraga, maka kamu perlu memastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan kulit tahunan dengan dokter kulit.Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa tanda-tanda kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari bisa dideteksi dan diketahui sejak dini. Selain itu, pemeriksaan ini juga agar kulit bisa ditangani dengan baik. Namun jika tidak ada tanda-tanda yang perlu diwaspadai, kamu gak perlu ke dokter kulit, ya.

Deretan tips di atas semoga bisa membantu kamu untuk lebih memperhatikan kesehatan kulit. Walaupun kamu rajin berolahraga, namun kulit juga tetap sangat penting untuk dirawat. 

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel