Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Tips Menyimpan Kue Lebaran, Agar Awet Dan Tidak Melempem

Copy to clipboard copy-link
Tips Menyimpan Kue Lebaran, Agar Awet Dan Tidak Melempem

Hari lebaran biasanya identik juga dengan kue kering, mulai dari nastar, kastengel, putri salju, kue sagu, lidah kucing dan masih banyak lagi. Biasanya saat lebaran masyarakat Indonesia kerap menyajikan kue kering hingga bertoples-toples.

Tujuannya agar bisa selalu dihidangkan untuk para tamu saat melakukan halal bihalal. Namun biasanya kue kering tidak habis karena mungkin sudah mulai melempem, tidak renyah dan aromanya sudah berbeda.

Hal ini bisa dikarenakan proses penyimpanannya yang tidak benar karena sebenarnya kue kering tidak bisa sembarangan diletakkan dalam toples begitu saja. Namun tenang ada tipsnya kok. Berikut ini tips menyimpan kue lebaran agar lebih awet dan tidak mudah melempem yang dilansir dari lifestyle.okezone.com dan berbagai sumber.

Dinginkan kue terlebih dahulu

Bagi kamu yang membuat kue kering sendiri, sebaiknya jangan langsung masukkan kue kering yang baru diangkat dari oven ke dalam toples. Karena biasanya kue tersebut masih lembek dan rentan rusak.

Diamkan kue kering di udara terbuka beberapa saat hingga benar-benar dingin. Setelah itu, baru kamu bisa susun di dalam toples atau wadah. Pasalnya, karena jika langsung menyimpan kue yang baru matang dan masih hangat tersebut ke dalam toples dan ditumpuk akan membuat kue cepat rusak dan melempem.

Pastikan wadah kering

Sebelum kamu memasukkan kue kering ke dalam toples atau wadah, pastikan dulu kalau tempat kue tersebut kering. Jika wadah baru dicuci dan dibersihkan dengan air, lap dahulu wadah sampai kering dan angin-anginkan beberapa saat.

Bila perlu jemur di bawah sinar matahari agar benar-benar kering. Karena jika kamu meletakkan kue kering di dalam wadah yang lembap, hal itu akan membuat kue bukan hanya melempem bahkan jadi cepat berjamur.

Gunakan toples kedap suara

Ternyata memilih toples yang kedap suara akan membuat kue kering jadi lebih tahan lama loh! Untuk itu lebih baik kamu pilih toples yang terdapat karet pada bagian penutupnya, atau yang dilengkapi dengan penutup khusus yang hampa udara agar kue di dalam tidak mudah terkena angin.

Jaga kelembapan dengan garam

Tingkat kelembapan di dalam toples atau wadah yang digunakan untuk menyimpan kue kering ternyata perlu diperhatikan juga loh. Jika kelembapan di dalam toples terlalu tinggi, alhasail kue kering di dalamnya jadi tidak renyah lagi. Tetapi kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan silica gel dalam kemasan, atau kamu bisa pilih silica gel yang khusus untuk makanan (food grade) agar aman untuk penyerap kelembapan. Jika susah mendapatkannya, kamu bisa menggunakan garam dengan cara memasukkan 1-2 sendok teh garam dan dibungkus dengan kain bersih.

Letakkan di tempat kering

Setelah kue kering tersusun rapi dan bagus di dalam wadah atau toples, kamu tinggal menempatkan toples berisi kue kering tersebut di tempat yang kering seperti meja makan atau meja ruang tamu.

Nah itulah tips menyimpan kue lebaran agar lebih awet dan tidak mudah melempem, semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel