Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Takjil Sehat Yang Bisa Kamu Coba Untuk Buka Puasa

Copy to clipboard copy-link
Takjil Sehat Yang Bisa Kamu Coba Untuk Buka Puasa

Takjil memang salah satu yang dicari banyak orang untuk berbuka puasa. Makanan manis kerap dipilih sebagai menu berbuka puasa karena dapat mengembalikan energi setelah berpuasa. Selain manis kamu juga harus memperhatikan kandungan gizi dalam menu takjil. Karena jika hanya memilih makanan manis yang mengandung terlalu banyak gula justru dapat meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes.

Karena itu selain memilih takjil lezat, kita juga harus mempertimbangkan kandungannya karena hal ini penting agar tubuh tetap fit selama menjalani ibadah puasa. Dilansir dari liputan6.com, berikut ini adalah rekomendasi takjil sehat untuk buka puasa yang bisa kamu pilih.

1. Es buah

Es buah selalu menjadi menu andalan saat berbuka puasa. Es buah terasa sangat manis karena beberapa bahan pemanis di dalamnya seperti sirup hingga krim kental manis. Kamu tetap bisa mengkonsumsi es buah yang sehat tanpa pemanis loh Sobat Souja! Kamu dapat mengganti kuah es buah dengan campuran air, perasan lemon dan madu. Kamu juga bisa membuat jus buah untuk dijadikan kuah.

2. Kolak pisang tanpa santan

Kolak juga selalu menjadi primadona pada saat buka puasa sebagai menu takjil. Agar kolak tetap menyehatkan, kamu bisa konsumsi kolak pisang tanpa santan. Kamu bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan, misalnya susu. Kamu bisa pilih susu krim dengan kandungan lemak yang lebih rendah atau kamu bisa juga mengganti gula merah dengan pemanis buatan lain yang lebih rendah kalori.

3. Lumpia buah basah

Lumpia buah basah bisa menjadi pilihan menu takjil sehat, sama seperti lumpia pada umumnya, hanya saja isiannya diganti dengan buah-buahan seperti mangga, buah naga, kiwi, nanas, stroberi dan lainnya. Takjil ini juga diproses dengan cara dipanggang, dan untuk menambah ekstra kalori dan energi, kamu bisa buat saus dengan campuran madu dan perasan lemon.

4. Puding buah

Puding biasanya identik dengan rasa manis karena mengandung banyak gula, namun kamu tetap bisa membuat puding sehat dengan buah-buahan segar sebagai bahan utama.

5. Smoothies buah

Smoothies juga terasa menyegarkan sebagai takjil. Dibuat dari buah-buahan, smoothies tentu sehat untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Selain buah, smoothies biasanya juga dibuat dari campuran yoghurt atau susu, bila perlu kamu mungkin juga bisa menambahkan sayuran.

Nah itulah 5 takjil sehat yang bisa kamu coba untuk berbuka puasa, semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel