Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

5 Tips Aman Jalan Kaki Saat Liburan, Siapkan Fisikmu!

Copy to clipboard copy-link
5 Tips Aman Jalan Kaki Saat Liburan, Siapkan Fisikmu!

Sobat Souja, setiap orang biasanya memiliki cara berbeda untuk menikmati liburan yang dilakukan. Mungkin ada orang yang lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum ketika berpergian, namun ada pula yang memilih taksi atau pun transportasi online, bahkan hingga ada yang berjalan kaki.

Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa berjalan kaki selama liburan terasa sangat melelahkan, apalagi jika harus berpindah-pindah dari satu destinasi ke destinasi lain. Namun, selama jaraknya tidak begitu jauh, maka tidak menjadi masalah. Kamu sebaiknya memperhatikan beberapa tips aman berikut ini untuk jalan kaki saat liburan agar tidak sampai menyulitkan dirimu sendiri.

  1. Pastikan kondisi fisik baik

 

Cara pertama yang harus kamu perhatikan adalah kondisi fisikmu terlebih dahulu. Berjalan jauh dengan durasi tempuh yang tidak sebentar pasti membuat siapa pun mudah merasa kelelahan, sehingga jangan sampai memaksakan diri.

Jika dirasa kamu memang memiliki kondisi fisik yang bagus, tentu tidak menjadi masalah apabila memang ingin berjalan kaki selama liburan. Namun, jika ternyata kamu memiliki riwayat penyakit tertentu dan mudah merasa lelah, maka jangan memaksakan diri untuk berjalan kaki terlalu jauh karena bisa membahayakan kesehatan.

  1. Perhatikan jarak yang akan ditempuh

 

Sebelum memutuskan untuk berjalan kaki selama liburan, maka kamu harus memperhatikan terlebih dahulu jarak yang akan ditempuh. Kamu bisa mengecek di maps untuk melihat jarak dan juga durasi tempuh yang dibutuhkan dari satu destinasi ke destinasi lain yang akan kamu kunjungi.

Pertimbangkan jika ternyata jarak yang akan ditempuh sangat jauh, sebab hal ini justru akan menyulitkanmu dan membuatmu jadi mudah merasa kelelahan. Oleh sebab itu, efektivitas waktu juga harus diperhitungkan agar waktumu nantinya tidak sampai habis di jalan saja, sehingga hal ini membuat momen liburanmu menjadi sia-sia.

  1. Pilih pakaian yang menyerap keringat

 

Berjalan kaki untuk jarak tempuh yang cukup jauh pastinya akan sangat melelahkan, sehingga kamu tetap perlu mengenakan pakaian yang nyaman. Mungkin setiap orang memiliki preferensi yang berbeda dalam menentukan pakaian yang akan dikenakannya selama berlibur, namun ini juga bisa menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Kamu harus selalu memilih pakaian yang menyerap keringat dengan baik agar nantinya tetap aman dan tidak menimbulkan rasa gerah atau pun gatal. Oleh sebab itu, pilihlah pakaian yang benar-benar tepat dan memiliki bahan yang bagus agar kamu tidak sampai tersiksa karena keringat yang dihasilkan.

  1. Mengenakan alas kaki yang nyaman

 

Satu hal penting yang memang perlu kamu perhatikan adalah mengenakan alas kaki ketika berlibur. Alas kaki yang nyaman sudah pasti akan menentukan momen liburanmu nantinya, apalagi jika kamu harus berjalan kaki dengan durasi tempuh yang tidak sebentar.

Biasanya alas kaki yang digunakan harus memiliki bagian sol yang lembut dan empuk agar memudahkanmu ketika sedang berjalan. Hindari menggunakan alas kaki yang memiliki bahan keras karena justru akan menyakiti kakimu dan membuatmu tidak nyaman ketika sedang berjalan.

  1. Mengonsumsi air yang cukup

 

Mengonsumsi air minum yang cukup memang sudah menjadi pilihan terbaik apabila kamu menghabiskan banyak waktu untuk berjalan kaki. Apalagi jika ternyata cuaca yang harus dilewati cukup terik dan membuatmu jadi mudah sekali berkeringat selama berjalan kaki.

Mengonsumsi air yang cukup dirasa dapat membantumu untuk mengisi ulang energi dan memastikan bahwa kondisi tubuh terhidrasi dengan baik. Oleh sebab itu, jangan pernah abai untuk mengonsumsi air dengan cukup agar nantinya tidak sampai mudah merasa kelelahan atau bahkan dehidrasi.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan jika tertarik untuk berjalan kaki selama liburan. Jangan sampai kamu jadi mudah mengalami sakit akibat aktivitas jalan kaki yang keliru. Apakah kamu tertarik untuk jalan kaki selama liburan?

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel