Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

5 Tips Mengelola Kesabaran saat Bulan Puasa, Alihkan Fokus!

Copy to clipboard copy-link
5 Tips Mengelola Kesabaran saat Bulan Puasa, Alihkan Fokus!

Sobat Souja, Ramadan sebagai bulan yang penuh keberkahan. Segala amal perbuatan baik akan mendapatkan pahala berlipat ganda, termasuk bersabar dalam menjalani puasa. Godaan besar sering datang menghampiri untuk merusak pahala sabar.

Seperti rasa ingin marah, tersinggung, dan lain sebagainya. Kabar tidak baiknya, orang yang mengikuti hawa nafsunya untuk marah, akan mengurangi pahala berpuasa. Lantas bagaimana cara untuk mengelola kesabaran kita agar terus bisa konsisten menjaga pahala baik selama berpuasa? Yuk simak baik-baik pembahasannya berikut ini.

  1. Hindari hal-hal yang memicu amarah

 

Selama berpuasa kita diharuskan untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh kesabaran. Untuk itu kaulah hati agar tidak mudah kehilangan kontrol diri. Hindari hal-hal yang dapat memicu amarah ketika berpuasa.

Misalkan menghindari perdebatan yang tidak penting, berkumpul dengan orang toxic, maupun yang lainnya. Pemicu amarah ini yang akan menghancurkan kualitas kesabaranmu dengan mudah. Maka dari itu jangan sampai dirimu kalah dalam mempertahankan kesabaran.

  1. Kurangi berbicara hal yang tidak penting

 

Seperti biasanya untuk mengisi kekosongan aktivitas saat berpuasa, mengobrol dengan orang-orang sekitar pasti sering dilakukan. Akan tetapi perlu diwaspadai selama perbincangan berlangsung jangan sampai berbicara hal yang tidak penting. Hal ini dikarenakan membicarakan hal yang negatif misalnya akan menguras emosi dan kesabaranmu.

Jadi tetap berhati-hati dalam bersikap dan berbicara. Pastikan membicarakan hal-hal yang positif dan menghindari yang negatif, supaya dirimu aman dari hal yang tidak baik apalagi menguras kesabaranmu.

  1. Ingatkan terus pada diri bahwa sabar mendatangkan pahala

 

Satu hal yang paling penting untuk dilakukan adalah menanamkan kesadaran bahwa memiliki kesabaran itu mendatangkan hal baik. Pikiran menjadi hal yang utama untuk diperhatikan. Salah satunya menanamkan mindset bahwa sabar merupakan kunci dari keberhasilan selama berpuasa.

Tanamkan dalam pikiran bahwa kesabaran yang diperjuangkan akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Selama bulan suci Ramadan ini, kebaikan sekecil apapun akan mendapatkan ganjaran yang besar. Hal ini dapat membantumu untuk mengelola kesabaran dengan lebih mudah

  1. Banyak kerugian jika tidak mampu bersabar

 

Tips berikutnya supaya kamu dapat mengontrol kesabaranmu adalah mengetahui bahwa orang yang tidak bisa sabar dan mudah terbawa perasaan akan mendapatkan kerugian. Pahala jadi berkurang, selain itu banyak orang-orang yang tidak mau berdekatan. Masalahnya orang yang tidak bisa sabar akan mempengaruhi orang lain.

Merusak ketenangan orang lain dan akibatnya malah bisa mendapatkan dosa. Ingat agar selalu mengontrol kesabaran yang kamu miliki. Tujuannya agar tidak kehilangan kontrol.

  1. Alihkan fokus pada hal-hal lainnya

 

Saat kesabaran diuji, bergegaslah untuk mengalihkan fokusmu supaya tidak mudah terpancing emosi sesaat. Lebih baik menghindari yang bikin kamu kesal.

Atau alihkan pada hal-hal positif, seperti mencari kegiatan lain. Jangan sampai terlalu fokus pada emosi dan akhirnya menganggu kesempurnaan ibadah puasamu. Kelola sabar dengan baik demi keutuhan pahala puasamu.

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel