Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Tips Menyimpan Daun Kemanggi Agar Awet Dan Tidak Mudah Layu.

Copy to clipboard copy-link
Tips Menyimpan Daun Kemanggi Agar Awet Dan Tidak Mudah Layu.

Kemangi memang banyak digemari banyak orang. Kemangi sering dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Sama halnya dengan sayuran lainnya, kemangi juga mudah layu dan busuk. Apalagi jika diletakkan di tempat terbuka setelah dipetik dari tanamannya. Selain itu, tanaman ini mudah rusak apabila terkena panas.

Jika Sobat Souja sering membelinya, kamu sebaiknya mengetahui cara memilih dan menyimpan kemangi agar tidak mudah layu dan busuk, yuk disimak caranya berikut ini.

1. Memilih kemangi yang segar

Saat membeli, kamu harus memastikan kemangi dalam keadaan baru dipetik karena keadaannya akan masih segar. Selain itu, cara ini dapat membuatnya lebih tahan lama untuk disimpan dalam beberapa hari kedepan.

Kamu juga sebaiknya memilih daunnya yang masih hijau, tidak layu, tidak basah dengan batang yang masih hijau, serta tidak menghitam. Kemangi yang bagus memiliki daun hijau terang, tidak terlalu pekat warna hijaunya, dan tidak juga selalu keriting. Apabila dilihat dari daunnya, dan nampak terlalu hijau tua, maka biasanya memang sudah tua.

2. Membungkus dengan kertas sebelum dimasukkan ke dalam kulkas

Setelah membelinya, kamu disarankan untuk tidak langsung meletakan kemangi ke dalam kulkas. Karena, cara terbaik untuk menjaga kesegaran daunnya adalah dengan tidak membiarkannya dalam kondisi basah.

Kamu boleh saja mencucinya sebelum di masukkan ke dalam kulkas, namun pastikan kalau kemangi sudah dikeringkan terlebih dahulu ya. Setelahnya baru bungkus dengan kertas. Dengan begitu, udara kulkas tidak langsung merusak daun. Dengan cari ini, kemangi dapat bertahan selama 2-3 hari.

3. Meletakkan daun kemangi di wadah terutup

Selain membungkusnya dengan kertas, kamu bisa juga meletakkan kemangi di wadah plastik yang tertutup rapat. Sebelumnya, kamu cuci bersih dahulu, lalu menunggu kemangi kering.

Setelah itu, kamu bisa meletakkannya ke wadah. Hal ini bertujuan agar kemangi tidak terkontaminasi bakteri dari produk-produk lain yang tersimpan di kulkas, seperti ikan ataupun daging.

4. Menaruhnya ke dalam vas bunga atau gelas

Cara selanjutnya yang tidak kalah efektif ketika memilih dan menyimpan kemangi adalah meletakkan daunnya di dalam vas bunga dan gelas. Cara ini bisa dilakukan apabila kamu tidak memiliki lemari pendingin.

Sebelumnya, kamu bisa merendam daun kemangi. Kemudian, kamu baru menaruhnya di vas bunga atau gelas. Tempatkan di atas meja makan yang teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Jangan memanaskan daun kemangi

Bila kamu tidak berniat untuk langsung memakan atau mengolahnya, maka sebaiknya masukkan kemangi ke dalam kulkas. Hal ini akan membuatnya terjaga kesegarannya daripada hanya meletakkannya di luar begitu saja.

Selain itu, jangan menumpuk daun kemangi dengan bahan makanan lain. Sebab, daun kemang sangat mudah rusak. Di samping itu, jangan menyimpannya di dalam tas belanja terlalu lama, karena akan membuatnya cepat lembap dan akhirnya mudah membusuk.

Nah itu dia tips menyimpan kemangi. Terdapat banyak cara untuk membuat kemangi tetap segar, oleh karena itu, jangan biarkan kemangi dalam keadaan membusuk sebelum dikonsumsi ya! Semoga informasinya bermanfaat Sobat Souja!

https://www.sambilanku.id/mce/register

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register