Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Apakah Tubuh Kamu Sudah Mendapat Cukup Air? Berikut Tandanya, Yuk Dicek!

Copy to clipboard copy-link
Apakah Tubuh Kamu Sudah Mendapat Cukup Air? Berikut Tandanya, Yuk Dicek!

Sobat Souja, kita memang wajib minum air putih setiap harinya. Bahkan kita harus jadikan hal ini menjadi kebiasaan penting untuk menjaga tubuh dari kekurangan carian. 

Karena apabila tubuh kekurangan cairan, akan berdampak buruk untuk kesehatan. Nah apakah cairan tubuh kita sudah terpenuhi dengan baik? Bila kebutuhan cairan sudah tercukupi dengan baik maka tubuh akan langsung merasakan efeknya. Dilansir dari Fimela.com, berikut ini adalah beberapa tanda yang bisa kita rasakan ketika kebutuhan minum sudah tercukupi.

1. Tubuh akan terasa berenergi

Sel-sel tubuh kita membutuhkan air untuk dapat berfungsi dengan baik. "Sel-sel mengandung air dan dikelilingi oleh air". Papar Ronald Navarro. MD, ahli ortopedi dan dokter bedah di Kaiser Permanente South Bay Medical Center, Harbor City, California yang dikutip dari rd.com. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka kita akan merasa letih dan tidak berenergi, Namun sebaliknya, apabila tubuh kita terpenuhi cairan dengan baik maka tubuh kita akan terasa lebih berenergi.

2. Dapat berkonsentrasi dengan baik

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrients, dehidrasi ringan dapat mengganggu cara kerja otak dan menurunkan daya konsentraasi kita. Seperti kebutuhan tidur, dan olahraga, air merupakan salah satu kebutuhan penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena tubuh kita sebagian besar tersusun dari air, maka penting untuk kita mencukupi kebutuhan air untuk membersihkan dan menjalankan sistem tubuh kita dengan baik.

3. Suasana hati terasa lebih positif

Saat dehidrasi, biasanya suasana hati bisa memburuk dan kepala terasa pusing. Sedangkan bila kebutuhan cairan terpenuhi, suasana hati kita akan terasa lebih positif dan tidak gampang uring-uringan.

4. Bisa buang air besar secara rutin

"Orang yang minum cukup air biasanya akan rutin buang air besar. Susah buang air besar atau sembelit merupakan tanda kita kekurangan cairan." ungkap Dr. Navarro. Rutin tidaknya kita buang air besar bisa menjadi tanda tercukupi atau tidaknya kebutuhan cairan tubuh. Saat kebutuhan cairan sudah terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar kita akan bisa lebih teratur buang air.

5. Kulit tampak lebih cerah

Saat kebutuhan cairan terpenuhi, kulit akan tampak lebih cerah. Kulit merupakan organ terluas di tubuh kita dan bergantung pada asupan air untuk memproduksi sel-sel baru dan membuat kulit tampak cerah. Kulit kita 30% kandungannya adalah air dan air berperan penting dalam menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit.

Nah itulah lima tanda yang paling umum bahwa cairan tubuh kita sudah terpenuhi. Kebutuhan air minum setiap orang memang bisa berbeda tergantung dari kebutuhan dan intensitas aktivitasnya. 

Biasanya orang dewasa 8 gelas air putih per hari untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya. Yuk Jadikan minum air putih menjadi kebiasaan baik kita setiap hari! Kita penuhi kebutuhan air minum dengan baik sebagai salah satu langkah penting dalam menjaga kesehatan tubuh dengan lebih optimal lagi ya. Semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

https://www.sambilanku.id/mce/register

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register