Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

5 Fakta Kue Lapis Legit yang Selalu Ada Pas Imlek!

Copy to clipboard copy-link
5 Fakta Kue Lapis Legit yang Selalu Ada Pas Imlek!

Sobat Souja, siapa yang tidak tahu lapis legit? Bolu premium ini hampir selalu disajikan saat tahun baru China tiba. Ya, kudapan manis ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan Imlek.

Selain rasa original, makanan dengan cita rasa istimewa ini juga tersedia berbagai varian rasa. Menjelang Imlek yang akan jatuh pada 10 Febuari mendatang, ada baiknya kamu mengetahui fakta menarik tentang lapis legit berikut ini. Yuk, simak!

  1. Lapis legit melambangkan keberuntungan

 

Kue lapis legit yang memiliki banyak lapisan, memiliki arti kekayaan dan kemakmuran yang diharapkan terjadi pada tahun yang baru. Kudapan khas Imlek ini melambangkan kehidupan yang semakin maju dan meninggi. Banyaknya lapisan pada lapis legit menandakan simbol keberuntungan dan kemakmuran yang berlapis-lapis.Satu loyang lapis legit umumnya terdiri dari 16 hingga18 lapisan. Tinggi lapis legit sekitar 6 hingga 8 sentimeter. Mengirimkan hantaran lapis legit kepada keluarga, teman, atau kolega, layaknya mendoakan agar selalu diberikan keberuntungan dan banyak rezeki sepanjang tahunnya.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Lapis legit memakai banyak kuning telur

 

Yang pernah makan lapis legit tentu tahu bahwa tekstur kue ini begitu lembut. Karakteristik lapis legit bukan seperti sponge cake. Terlihat oily, tapi bukan yang  berminyak. Tampak berlemak, tapi tidak menempel di lidah. Untuk mendapatkan tekstur moist tersebut, didapatkan dari penggunaan kuning telur yang cukup banyak.

Fungsi kuning telur di sini, selain membuat adonan lapis legit menjadi padat, kuning telur juga mampu membuat tekstur lapis legit menjadi lebih lembut. Untuk satu resep lapis legit, bisa membutuhkan kuning telur sebanyak 20 sampai 40 butir. Bahkan, untuk yang premium, ada yang menggunakan hingga 50 butir

  1. Lapis legit memakai bumbu spekuk

 

Dilansir Daily Cooking Quest, lapis legit terinspirasi dari kue lapis Eropa, tepatnya Belanda. Karenanya, bumbu spekuk umumnya digunakan pada resep lapis legit original. Bumbu spekuk tersebut merupakan racikan rempah kering yang terdiri dari kayu manis, kapulaga, pala, jahe, dan vanili.Bumbu spekuk ini dapat ditemui di toko bahan kue yang dijual dalam kemasan botol plastik. Tiap merek bumbu spekuk punya racikannya masing-masing. Pilihlah bumbu spekuk yang bagus, yakni yang berwarna gelap disertai aroma rempah yang tajam. Cukup pakai sedikit saja, jangan berlebihan. Pasalnya, aroma bumbu spekuk ini sudah sangat harum.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Lapis legit membutuhkan durasi masak yang lama

 

Rasa lapis legit memang lezat, namun pernahkah kamu membayangkan bagaimana proses pembuatannya? Dengan bentuknya yang berlapis-lapis, tentunya pembuatan lapis legit melalui proses yang panjang dan tidak instan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan kesabaran yang lebih lama daripada pembuatan kue lainnya.Sesuai dengan banyaknya lapisan, memanggang lapis legit membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Proses pematangan satu lapisan lapis legit, dibutuhkan waktu sekitar lima menit. Baru kemudian siap ditimpa dengan adonan berikutnya. Suhu memanggang lapis legit diantara kisaran 180 hingga 200 derajat celsius. Tergantung jenis oven masing-masing.

  1. Harga lapis legit mahal

 

Seperti kita ketahui, harga pasaran lapis legit umumnya lebih mahal daripada bolu atau kue klasik lainnya. Rata-rata orang menjual lapis legit seharga ratusan ribu  untuk satu loyang berukuran 20x20 sentimeter. Bukan tanpa alasan harga bolu legit ini selangit. Ya, karena penggunaan bahannya yang premium.

Pertama karena lapis legit banyak menggunakan puluhan kuning telur. Selain itu, ada juga mentega atau butter. Bukan kaleng-kaleng, butter yang digunakan adalah butter premium. Harga menteganya saja bisa mencapai ratusan ribu per kilogram. Tambahan lagi, proses pembuatan lapis legit yang lama, menjadi alasan kuat mengapa bolu ini memiliki harga jual tinggi.

Meski harganya terbilang lumayan, namun lapis legit tetap tak terlewatan menjadi hantaran di hari Imlek. Bagaimana, apakah di rumahmu sudah tersedia lapis legit?

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register