Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

5 Makanan untuk Meredakan Gejala Anxiety

Copy to clipboard copy-link
5 Makanan untuk Meredakan Gejala Anxiety

Sobat Souja, anxiety atau gangguan kecemasan sangat mengganggu aktivitas penderitanya, sehingga banyak orang yang langsung mengkonsumsi obat penenang demi produktivitasnya. Padahal, beberapa makanan dapat menjadi alternatifnya asal masih belum parah ya! Makanya, sebelum terlambat ada baiknya segera cari tahu makanan yang dapat meredakan kecemasan, meningkatkan hormon serotonin di otak agar pikiran kembali tenang. Nah, di bawah ini makanan yang bisa kamu konsumsi saat anxiety menyerang!

  1. Cokelat

 

Siapa sih, yang gak suka makan cokelat? Ya, makanan terfavorit ini mempunyai kandungan alkaloid yang memengaruhi tingkat suasana hati. Tidak hanya itu, protein pada cokelat seperti triptofan bisa jadi mood booster ampuh lho.

Buktinya, hasil penelitian dari Jurnal Kedokteran Diponegoro (JKD) dengan judul "Pengaruh Konsumsi Cokelat terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Praujian" menunjukkan terdapat penurunan tingkat kecemasan pada mahasiswa. Berbeda dengan mahasiswa yang tidak mengonsumsi cokelat, tingkat kecemasannya malah lebih tinggi. 

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Telur

 

Tidak hanya cokelat yang menjadi sumber triptofan sebagai pereda gejala anxiety. Tapi, tiap satu butir telur mengandung vitamin D sekitar 6% dari angka kebutuhan harian.Nah, ternyata kekurangan vitamin D berkaitan dengan peningkatan gejala kecemasan dan depresi. Menjadi menarik kalau kamu menambahkan telur pada menu makanan harian, terutama saat gejala cemas mulai mengganggu.

  1. Teh Chamomile

 

Mengutip dari Jurnal Neliti, mengonsumsi teh Chamomile memberikan pengaruh terhadap tingkat kecemasan. Penelitian tersebut dilakukan pada mahasiswa Universitas Kusuma Husada Surakarta di masa pandemi  Covid-19 yang sedang dalam proses pembelajaran daring dan skripsi. Manfaat teh Chamomile untuk kesehatan mental tentu saja karena kandungannya seperti alpha-bisalcohol, chamozulene, polylines, glycine dan  flavonoid  yang mempunyai sifat antiinflamasi berfungsi menurunkan peradangan terkait dengan kecemasan. Jadi, kalau sudah mulai cemas, langsung saja seduh teh nikmat ini!

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Teh Hijau

 

Kamu juga bisa menyeruput segelas teh hijau untuk menenangkan pikiran. Teh hijau mengandung asam amino L-theanine dan antioksidan epigallocationchin gallate (EGCG  yang telah diteliti efek positifnya terhadap kesehatan otak dan kecemasan.

Efektivitasnya dapat dibuktikan dari hasil penelitian Hilman Irshadi, mengutip Jurnal Interprofesi Kesehatan Indonesia yang mana menunjukkan penurunan tingkat kecemasan mahasiswa Keperawatan Praujian UAS di STIKIM Jakarta Tahun 2021 saat mengonsumsi teh hijau. Nah, giliran kamu membuktikan keampuhan teh ini buat menenangkan pikiranmu yang sedang cemas!

  1. Blueberry

 

Makanan yang ampuh meredakan stres juga berasal dari buah lho, salah satunya blueberry. Buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan powerfull, seperti flavonoid, yang telah diteliti kemampuannya dalam meningkatkan kesehatan otak dan meredakan cemas. Selain itu, blueberry juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Tidak hanya rasanya yang lezat tapi kaya manfaat untuk kesehatan kita. Sarapan dengan buah ini sangat menguntungkan untuk harimu yang produktif.

Selama anxiety kamu sudah pernah konsumsi makanan yang dapat meredakan kecemasan ini belum? Selain makanan di atas, kamu juga bisa konsumsi yogurt, kacang almond, ikan salmon, kalkun, buah pisang dan jeruk untuk menurunkan gejala anxiety kamu! 

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register