Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Dispenser Beras Itu Penting Tidak Ya?

Copy to clipboard copy-link
Dispenser Beras Itu Penting Tidak Ya?

Sebagai penikmat nasi, memiliki dispenser beras merupakan hal yang penting. Idealnya, beras harus selalu tersedia agar bisa dimasak dan dimakan kapan saja. Maka dari itu, wadahnya pun harus yang dapat menyimpan beras tahan lama dan mudah digunakan.

Seberapa penting memiliki dispenser beras?

Beras merupakan salah satu bahan makanan yang bisa mengundang hama seperti kutu. Kalau sudah terdapat kutu saja, perkembangbiakannya bisa cepat dan beras akan segera rusak. Bahkan menurut IDN Times dan Nibble.id, kutu beras bisa bertelur sebanyak 150 butir per bulan. Mereka seringkali bersembunyi dalam butiran beras yang kecil itu, sehingga kita tidak terlalu memperhatikan kalau beras sudah di gerogoti dari dalam. Walaupun sebagian beras masih bisa dimakan tetapi memisahkan antara beras yang masih bagus dan sudah rusak bisa merepotkan.

Maka dari itu, memakai dispenser, beras akan aman dari kutu karena wadahnya tertutup rapat. Selain itu, dispenser beras juga dapat memberikan tampilan dapur yang lebih rapi. Terlebih lagi, dispenser beras juga bisa memberikan tampilan dapur yang lebih rapi, apalagi sekarang desain wadah beras sudah semakin beragam dan dapat disesuaikan dengan desain interior dapur dan dekorasinya. Gelas takar yang tersedia juga dapat memudahkan kamu untuk menentukan seberapa banyak beras yang akan dimasak pada hari itu. Ada beberapa tipe bahan dispenser atau tempat penyimpanan beras. Kamu bisa memilih dispenser dari bahannya juga loh, berikut informasinya.

1. Plastik

sources: Bossgo

Jenis satu ini paling banyak ditemukan di Indonesia. Ukurannya pun beragam, dari mulai 5, 10, 15, 20 hingga 25 kilogram. Dulu desain dispenser atau wadah beras memiliki area penyimpanan yang tertutup sehingga kita sulit melihat kedalamnya. Namun sekarang, desain penyimpanan sudah lebih modern dengan area wadah yang transparan agar lebih mudah melihat kondisi beras dan memperkirakan jumlah isinya. Serta dibagian bawah, terdapat gelas yang bisa menjadi takaran sekaligus digunakan untuk mencuci beras sebelum dimasak.

2. Kaca

sources: Shopee

Sebagian orang menyimpan beras dalam toples kaca yang besar dengan tutup yang kedap udara. Kelebihan dari dispenser beras dari kaca adalah tampilannya yang estetik dan bisa menjadi hiasan dapur. Selain itu, kamu tidak perlu khawatir apakah kaca tersebut food grade atau tidak. Karena biasanya kaca tidak merilis bahan berbahaya ke makanan bahkan dalam suhu tinggi. Biasanya kapasitasnya tidak terlalu besar sehingga kurang cocok untuk keluarga besar.

3. Kayu

sources: Tokopedia

DIspenser kayu ini sebenarnya lebih tepat disebut wadah karena cara mengambilnya masih manual. Dengan bukaan yang lebar, kamu bisa langsung mengambil beras dengan gelas takarnya. Kelebihan dari model ini adalah penggunaan kayu yang antibakteri serta tampilan yang unik. Sayangnya, dispenser beras dari kayu seperti ini masih jarang ditemui di Indonesia.

Alternatif dispenser beras

Dispenser beras normalnya memiliki bukaan yang bisa langsung menuangkan beras ke dalam gelas takar setiap kali mau diambil. Nah, apabila kamu belum siap membeli dispenser beras, kamu bisa menggunakan wadah tertutup seperti toples, tupperware atau wadah lainnya yang kedap udara. Selama bisa ditutup dengan baik, wadah bisa digunakan untuk beras.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih dispenser atau wadah beras. Ketika kamu sedang melihat-lihat dispenser, kamu dapat menanyakan serta menjawab semua pertanyaan berikut.

- Berapa kapasitasnya?

Tentukan hal ini dengan melihat kebutuhan beras keluarga setiap bulannya. Biasanya, keluarga dengan 4 orang anggota membutuhkan beras antara 10-15kg per bulan.

- Terbuat dari bahan apa dan bagaimana perawatannya?

Plastik, kaca, kayu atau bahan lainnya semua memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selain itu, pertimbangkan anggota keluarga yang masih bayi atau kecil. Misalnya, kalau perlu, pilih bahan yang BPA-Free agar lebih menyehatkan.

- Dimana akan disimpan?

Setiap orang memiliki lokasi penyimpanan yang berbeda. Ada yang menyimpannya di atas lemari, di bawah rak cuci piring, atau di meja. Sesuaikan tempat dan kemudahan kamu untuk mengambilnya ya.

Nah itulah tips dan informasi mengenai dispenser beras, semoga bermanfaat ya Sobat Souja!

https://www.sambilanku.id/mce/register

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register