Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

5 Tips Merawat Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Copy to clipboard copy-link
5 Tips Merawat Jeans Agar Warnanya Tidak Cepat Pudar

Sobat Souja, jeans adalah salah satu pakaian yang paling populer dan digemari oleh banyak orang. Jeans memiliki berbagai model, warna, dan ukuran yang bisa disesuaikan dengan selera dan gaya masing-masing. Namun, jeans juga membutuhkan perawatan khusus agar warnanya gak cepat pudar dan tetap awet.

Jeans sangat mudah luntur saat dicuci dan warnanya gampang banget pudar. Lalu, bagaimana cara merawat jeans yang benar? Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan biar jeans kamu gak cepat pudar dan selalu menarik. Baca sampai selesai, ya!

  1. Pisahkan cucian berdasarkan warnanya

 

Sebelum mencuci jeans, pisahkanlah cucian berdasarkan warnanya. Jangan mencampur jeans dengan pakaian berwarna lainnya, terutama yang berwarna terang atau putih. Hal ini untuk mencegah warna jeans luntur dan menempel pada pakaian lainnya. Bila perlu, cuci jeans secara terpisah dengan pakaian lainnya.

Tapi perlu kamu tahu, sebaiknya kamu tidak terlalu sering mencuci jeans. Sebab, terlalu sering mencucinya dapat membuat serat bahanya cepat rusak dan warnanya pun cepat pudar. Jadi, cucilah ketika jeans sudah terlihat cukup kotor.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Gunakan deterjen yang tepat

 

Pilihlah deterjen yang formulanya lembut dan khusus untuk pakaian berwarna. Hindari deterjen yang mengandung pemutih atau zat kimia keras lainnya yang bisa merusak serat dan warna jeans. Gunakan deterjen secukupnya dan jangan terlalu banyak. Kamu juga bisa menambahkan garam atau cuka saat mencuci jeans untuk membantu mempertahankan warna dan mencegahnya pudar.

Jika menggunakan mesin cuci, pilihlah siklus pencucian yang pelan atau sedang. Jika mencuci dengan tangan, rendam jeans terlebih dahulu di dalam air deterjen. Tapi ingat, jangan merendamnya terlalu lama karena dapat melunturkan warnanya. Kamu cukup merendamnya sekitar 10-15 menit, lalu kucek dan bilas dengan air bersih.

  1. Keringkan jeans dengan benar

 

Jangan menggunakan mesin pengering untuk mengeringkan jeans, karena bisa merusak serat dan elastisitas jeans. Sebisa mungkin, jemurlah jeans di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Gantung jeans dengan penjepit atau hanger dan biarkan mengering dalam bentuk aslinya.

Perlu diingat, sebelum mencuci atau menjemur jeans, balikkanlah bagian dalam ke luar. Hal ini untuk melindungi permukaan jeans dari gesekan saat mencuci atau terkena sinar matahari yang bisa membuat warna jeans pudar.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Setrika jeans pada suhu suhu rendah

 

Berbeda dengan jenis pakaian lain, pakaian berbahan jeans sebenarnya tidak perlu disetrika. Cukup dengan melipatnya dengan rapi saja sudah membuat jeans kamu tampil menarik. Lagipula, menyetrika jeans terlalu sering juga bukan ide bagus, karena bisa membuat warna jeans pudar dan merusak serat jeans.

Akan tetapi, jika jeans terlihat kusut atau berkerut, kamu tetap bisa menyetrikanya dengan suhu rendah. Sebelum disetrika, pastikan jeans sudah benar-benar kering. Balikkan bagian dalam ke luar dan letakkan kain katun di atas jeans saat menyetrika.

  1. Simpan jeans dengan baik

 

Jangan melipat jeans terlalu rapat atau menumpuknya dengan pakaian lainnya, karena bisa membuat jeans berkerut atau berubah bentuk. Simpanlah jeans dengan menggantungnya di lemari atau rak yang bersih dan kering. Jangan menyimpan jeans di tempat yang lembap, panas, atau terkena sinar matahari langsung, karena bisa membuat warna jeans pudar atau berjamur.

Seperti yang kamu tahu, jeans adalah bahan yang paling mudah luntur. Tapi dengan mengikuti lima tips tadi, kamu bisa menjaga ketahanan warnanya agar tidak mudah pudar. Yuk, mulai terapkan tips-tipsnya!

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register