Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

5 Tips Membentuk Kebiasaan Baru yang Positif!

Copy to clipboard copy-link
5 Tips Membentuk Kebiasaan Baru yang Positif!

Sobat Souja, mengubah kebiasaan adalah perjalanan yang seringkali menantang, tetapi memiliki dampak besar pada kehidupan kita. Jika kamu pernah merasa sulit memulai kebiasaan baru, artikel ini adalah kuncinya.

Mari kita eksplorasi 5 cara praktis untuk membentuk kebiasaan positif yang tidak hanya mudah dilakukan, tetapi juga bisa menjadi perubahan revolusioner dalam hidupmu. Yuk simak!

  1. Mulai dengan langkah kecil, tapi berdampak besar

 

Kunci pertama membentuk kebiasaan baru adalah memulai dengan langkah kecil yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam rutinitas harian mu. Seperti yang dikatakan oleh James Clear dalam bukunya "Atomic Habits", perubahan kecil sehari-hari dapat menghasilkan perubahan besar dalam jangka panjang.

Cobalah memulai dengan sesuatu yang sederhana, seperti minum segelas air setiap pagi atau berjalan kaki singkat setelah makan. Menurut penelitian dari European Journal of Social Psychology, membentuk kebiasaan dengan langkah kecil membuat otak lebih menerima perubahan, sehingga memudahkan proses adaptasi.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Gantilah pemicu negatif dengan positif

 

Salah satu tantangan dalam membentuk kebiasaan baru adalah mengatasi pemicu negatif yang dapat menghambat kemajuan. Alihkan fokusmu dengan menggantikan pemicu tersebut dengan hal positif. Misalnya, jika kamu mencoba meninggalkan kebiasaan menonton TV hingga larut malam, gantilah waktu tersebut dengan membaca buku atau mendengarkan podcast inspiratif.

Menurut penelitian dari Journal of Applied Behavior Analysis, pendekatan positif dalam membentuk kebiasaan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi daripada mencoba menghindari pemicu negatif.

  1. Catat dan pantau kemajuan: keseimbangan yang dapat diukur

 

Mencatat kemajuan harian atau mingguan adalah kunci untuk melihat sejauh mana kamu telah mencapai tujuan membentuk kebiasaan baru. Gunakan jurnal atau aplikasi untuk mencatat pencapaian kecil dan kendala yang mungkin kamu hadapi.

Hal ini tidak hanya memberikan motivasi, tetapi juga memungkinkanmu untuk menyesuaikan pendekatan jika diperlukan. Menurut The British Journal of Health Psychology, individu yang mencatat kemajuan mereka memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dalam membentuk kebiasaan baru dibandingkan dengan yang tidak mencatat.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Berkolaborasi dengan teman: dukungan sosial yang membangun

 

Membentuk kebiasaan baru menjadi lebih menyenangkan ketika kamu melibatkan teman atau keluarga dalam perjalanan ini. Teman sebagai akuntabilitas dan sumber dukungan dapat membuat perjalanan lebih ringan.

Misalnya, jika kamu berusaha untuk berolahraga lebih sering, ajak teman berolahraga bersama untuk meningkatkan motivasi dan keberlanjutan. Menurut penelitian dari Annals of Behavioral Medicine, dukungan sosial memiliki dampak positif dalam membentuk kebiasaan dan meningkatkan tingkat keberhasilan.

  1. Hilangkan rasa bersalah: fokus pada kemajuan

 

Ketika mencoba membentuk kebiasaan baru, penting untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Rasa bersalah dapat menjadi penghalang utama. Fokuslah pada kemajuan yang telah kamu capai daripada kesempurnaan.

Jika ada hari di mana kamu tidak dapat mematuhi kebiasaan baru, lihatlah sebagai peluang untuk belajar dan terus maju. Menurut penelitian dari Personality and Social Psychology Bulletin, mengubah perspektif terhadap kesalahan membantu dalam mempertahankan kebiasaan positif tanpa terbebani rasa bersalah.

Membentuk kebiasaan baru adalah langkah menuju versi terbaik dari diri kita. Dengan mengaplikasikan langkah-langkah sederhana ini, kamu dapat meresapi perubahan positif dalam hidup sehari-hari. Ingatlah, proses ini adalah perjalanan, bukan tujuan akhir. Jadi, sudah mencoba salah satu dari lima cara ini?

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register