Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Kebiasaan Pagi Hari yang Membuat Pencernaan Lebih Lancar!

Copy to clipboard copy-link
Kebiasaan Pagi Hari yang Membuat Pencernaan Lebih Lancar!

Sobat Souja, pagi hari merupakan momen paling berat dalam membentuk kebiasaan hidup sehat. Kebiasaan pagi gak hanya membangun pondasi untuk kesehatan secara menyeluruh, tapi juga memberikan efek penting pada kesehatan sistem pencernaan, lho. Sebagai informasi, sistem pencernaan yang sehat bisa menjadi kunci utama untuk tubuh menerima nutrisi dan menghindari masalah kesehatan.

Maka dari itu, jangan abai dengan kesehatan sistem pencernaanmu. Untungnya, ada lima kebiasaan sederhana yang bisa kamu terapkan di pagi hari untuk melancarkan sistem pencernaan. Cocok buat kamu yang suka mengeluh sulit buang air besar, nih!

  1. Minum air putih dan air lemon di pagi hari

 

Tubuh manusia memerlukan air untuk berfungsi dengan baik, dan hal ini termasuk sistem pencernaan tubuh. Air putih membantu melancarkan proses pencernaan dan menghilangkan racun dalam tubuh. Setelah bangun tidur, ada baiknya segera minum air putih hangat untuk menghidrasi tubuh.

Kamu juga bisa minum segelas air lemon hangat agar bisa mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Dilansir Cleveland Clinic, air lemon bermanfaat menurunkan berat badan, membantu pencernaan, mencegah oksidasi, dan membantu tubuh terhidrasi.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Jangan melupakan sarapan pagi

 

Sarapan merupakan aktivitas untuk memberikan nutrisi penting pada tubuh setelah semalaman gak makan. Kamu bisa memilih makanan dengan kandungan seimbang, seperti karbohidrat kompleks, lemak sehat, dan protein tanpa lemak. Beberapa jenis makanan ini bisa memberikan energi lebih untuk menjaga produktivitas harian, lho.

Kamu juga perlu menambahkan makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dalam menu sarapan. Memastikan asupan probiotik alami, seperti yoghurt dan kefir, dapat membantu untuk menjaga keseimbangan bakteri dalam usus, sehingga kesehatan sistem pencernaan semakin terjaga. 

Saat makan, berikan perhatian penuh pada makanan, sehingga jangan makan terlalu cepat atau sambil melakukan tugas lain. Makan dengan perlahan dapat membantu pencernaan dan membuat tubuh mengirimkan sinyal kenyang lebih efektif.

  1. Bergerak dengan aktivitas fisik ringan

 

Aktivitas fisik ringan di pagi hari bisa merangsang gerakan usus, lho. Jalan kaki singkat atau beryoga dapat membantu tubuh jadi gak terasa kaku. Selain itu, sirkulasi darah ke organ pencernaan juga semakin baik.Oh ya, olahraga ringan ini bisa mengurangi stres yang dapat memberikan dampak negatif pada sistem pencernaan, lho.

Itulah mengapa kamu juga perlu melatih diri untuk mengurangi kecemasan. Beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan seperti meditasi, menulis jurnal di pagi hari, dan berlatih pernapasan dalam dapat merilekskan sistem saraf. Pikiran yang positif dapat meningkatkan keseimbangan dalam sistem pencernaan.4. Tetapkan rutinitas buang air di pagi hari secara konsisten

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Tetapkan rutinitas buang air di pagi hari secara konsisten

 

Pagi hari sering kali dinilai sebagai waktu yang paling optimal untuk buang air besar. Ini karena tubuh sudah beristirahat semalaman dan mengalami peningkatan aktivitas usus. Sebuah penelitian pada 2002 menyebutkan, sistem pencernaan untuk memperbaiki jaringan dan membuat bakteri usus yang baik berkembang baik saat tidur. Apalagi, usus besar akan mengganti waktu yang hilang dengan berkontraksi tiga kali lebih keras dibandingkan ketika tidur. Karena itulah, buang air besar di pagi hari terbilang lebih mudah dilakukan secara konsisten. 

Dengan menerapkan beberapa kebiasaan sehat ini di pagi hari, kamu jadi bisa membantu tubuh menjaga keseimbangan sistem pencernaan. Ingat, pencernaan yang sehat gak cuma tentang makanan yang kamu konsumsi, tapi juga bagaimana cara kamu merawat tubuh. Dengan memperhatikan kebiasaan-kebiasaan ini, kamu bisa menjaga kesehatan pencernaan sekaligus menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register