Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Cara Mengatasi Pencemaran Udara, Penyebabnya Dan Cara Pencegahannya!

Copy to clipboard copy-link
Cara Mengatasi Pencemaran Udara, Penyebabnya Dan Cara Pencegahannya!

Udara adalah unsur yang sangat penting untuk kehidupan seluruh makhluk hidup, baik manusia, hewan dan tumbuhan. Maka dari itu, makhluk hidup membutuhkan udara yang bersih. Udara yang bersih adalah udara yang mengandung banyak manfaat dan terbebas dari partikel-partikel padat seperti debu.

Tetapi sekarang ini rasanya sudah sulit merasakan udara yang bersih, terutama jika kamu tinggal di perkotaaan. Pembangunan besar-beasaran dan asap kendaraan menyebabkan pencemaran udara yang berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup lain.

Tidak bisa dibiarkan, kamu harus mengetahui cara mengatasi pencemaran udara gar keadaan tidak semakin memburuk. Ingin tahu caranya? Berikut dampak, penyebab dan cara mengatasi pencemaran udara yang dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten dan detik.com

Cara mengatasi pencemaran udara

Pencemaran udara bukanlan masalah yang mudah untuk diatasi. Namun kamu bisa berkontribusi dalam mengatasi pencemaran udara dengan cara ini.

1. Kurangi penggunaan bahan yang sulit terurai

Beberapa tahun ke belakang, manusia mulai menyadari bahaya sampah terhadap lingkungan. Sampah kaleng, plastik dan kaca membutuhkan waktu yang lama untuk terurai.

Cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengurangi pembelian produk fast fashion, membawa kantong belanja sendiri, membawa tempat makan dan minum sendiri serta kurangi penggunaan sedotan plastik atau kayu.

2. Menggunakan kendaraan ramah lingkungan

Asap knalpot kendaraan bermotor adalah salah satu penyebab terbesar polusi udara. Apalagi di kota-kota besar yang dipadati kendaraan setiap hari. Maka dari itu, dianjurkan untuk memilih kendaraan yang ramah linglungan dengan bahan bakar listrik atau tenaga surya, Bila perlu kamu bisa menggunakan sepeda.

3. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor

Kendaraan ramah lingkungan memang masih sulit didapatkan. Sebagai gantinya kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi dan biasakan memakai kendaraan umum. Tidak hanya mengurangi polusi udara, namun juga mengurangi kemacetan. Jika jarak yang ditempuh lumayan dekat, tidak ada salahnya berjalan kaki.

4. Kurangi merokok

Meskipun tidak sebesar asap knalpot, asap rokok juga merupakan faktor penyebab pencemaran udara. Mengurangi rokok sangat penting untuk menjaga kesehatan kita dan orang sekitar kita. Mengutip Haris, Ikhsan dan Rogayah dalam buku berjudul Asap Rokok Sebagai Bahan Pencemar dalam Ruangan, asap rokok menyebabkan pencemaran dalam ruangan yang lebih berbahaya dibandingkan di luar ruangan.

5. Jangan membakar sampah

Pembakaran sampah secara terbuka sebenarnya sudah diatur dalam UU no. 18 tahun 2008 yang ditegaskan bahwa masyarakat harus mengelola sampah dengan sistem kumpul pilah-olah.

Namun, masih banyak orang-orang yang tetap membakar sampah, karena membakar sampah adalah cara paling mudah untuk menghilangkan sampah. Apalagi di wilayah yang sistem pengelolaan sampahnya kurang memadai. Maka dari itu, melakukan reduce-reuse-recycle adalah cara paling tepat untuk mengurangi sampah.

6. Menggunakan produk ramah lingkungan

Salah satu cara sederhana mengurangi polusi udara adalah menggunakan green product atau produk ramah lingkungan. Green product tidak berbahaya terhadap lingkungan, baik saat proses produksi atau saat mengkonsumsinya. Pilihlah produk yang bertuliskan organic, eco-labelling atau no animal testing.

7. Menanam pohon

Daripada membakar hutan, lebih baik kita perbanyak menanam pohon. Pepohonan dapat meningkatkan kualitas udara secara langsung dan tidak langsung. Pohon akan membersihkan udara dari polutan berbahaya dan menghasilkan oksigen. Langkah kecil yang dapat kamu lakukan adalah menanam pohon di pekarangan rumah kamu.

8. Tidak membakar hutan

Kebakaran hutan memang lebih sering terjadi karena faktor alam, seperti sambaran petir, musim kemarau, atau letusan gunung berapi. Namun, musibah ini juga bisa menjadi karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, manusia perlu mengurangi pembukaan lahan dengan cara dibakar serta perburuan hewan menggunakan senapan api.

9. Daur ulang sampah

Seringkali kita mengganggap sampah tidak bermanfaat. Padahal, sampah organik dan non-organik masih bisa dimanfaatkan kembali. Misalnya seperti kaleng makanan yang dapat diolah menjadi celengan atau pot bunga. Sampah organik berupa sampah sayur dan sisa makanan dapat diolah kembali menjadi palet ikan atau pupuk kompos. Hasil daur ulang juga bisa dijual loh!

10. Memasang alat penyaring udara

Limbah asap industri atau pabrik adalah salah satu penyumbang pencemaran udara terbesar. Maka dari itu, pihak pabrik perlu memasang filter pada cerobong asap untuk menangkap debu dan membuat udara yang keluar dari cerobong lebih bersih. Contoh alatnya seperti filter udara, pengendap silikon, filter basah atau pengendap elektrostatis.

Dampak pencemasan udara pada lingkungan

1. Pemanasan global

Pemanasan global (global warming) disebabkan oleh lapizan ozon yang rusak karena pencemaran udara. Zat CFC atau klorofluorkarbon yang dihasilkan kulkas atau AC menjadi salah satu penyebabnya. Lapisan ozon yang rusak menyebabkan suhu bumi naik, sehingga suhu bumi akan terasa panas.

2. Hujan asam

Pada dasarnya, hujan asam disebabkan oleh polusi seperti sulfur dioksidan dan nitrogen oksida yang dihasilkan saat pembakaran. Hujan asam mengandung asam nitrat dan asam sulfat. Zat tersebut bisa merusak tanah dan mencemari air.

3. Kualitas udara menurun

Semua makhluk hidup membutuhkan udara yang besih. Namun, kualitas udara dapat menurun akibat asap knalpot, pembakaran hutan dan limbah lainnya. Penurunan kualitas udara tidak hanya berdampak buruk pada lingkungan, tetapi berdanpak juga terhadap kesehatan manusia.

4. Haze

Pencemaran asap atau haze pollution disebabkan karena pembakaran hutan, pembangkit listrik, fasilitas industri, asap knalpot kendaraan, dan kegiatan kontsruksi. Haze bentuknya seperti kabut yang dapat mengaburkan penglihatan, namun berbahaya jika terhirup.

Penyebab pencemaran udara

Pencemaran udara dapat disebabkan oleh faktor alam dan manusia. Dikutip dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Banten, penyebab pencemaran udara antara lain:

1. Polusi asap kendaraan

Asap kendaraan diakibatkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan bermotor. Terdapat polutan-polutan berbahaya seperti timbal, hidrokarbon dan oksida nitrogen. Jika dihirup terlalu sering, polutan tersebut akan menyebabkan gangguan sistem saraf.

2. Limbah asap pabrik

Asap yang keluar dari cerobong adalah zat-zat berbahaya seperti hidrokarbon., karbonmonoksida dan senyawa lain yang dapat membahayakan kesehatan. Jika dibiarkan terlalu lama, asap pabrik dapat menyebabkan gangguan paru-paru dan pernapasan. Selain itu, limbahnya juga bisa mencemari air dan tanah.

3. Limbah pertanian

Limbah pertanian juga bisa menyebabkan pencemaran udara. Penggunaan pupuk yang terlalu berlebuhan menyebabkan gas amonia (NH3) dalam pupuk tersebut keluar berlebihan yang menyebabkan hujan asam. Selain itu gas amonia dapat mengiritasi jalur napas dan menyebabkan batuk-batuk.

4. Aktivitas rumah tangga

Walaupun skalanya kecil, aktivitas rumah tangga dapat memperburuk pencemaran udara. Contohnya seperti membakar sampah, mengecat rumah, sampai menggunakan AC terlalu lama. Beberapa dari penyebab tersebut memang tidak bisa kita hindari, tapi setidaknya bisa dikurangi.

5. Kebakaran hutan

Kebakaran hutan menyebabkan kerugian bagi orang banyak, karena asapnya yang menyebar kemana-mana dan sulit dikendalikan. Kebakaran hutan lebih banyak disebabkan oleh alam. Namun bisa juga disebabkan oleh manusia, seperti membuang puntung rokok sembarangan, perambahan hutan, ilegal logging, perburuan hewan liar dan penebangan di musim kemarau.

Nah sekarang Sobat Souja sudah tahu dampak pencemaran udara kan? Sebagai warga bumi yang baik, yuk kita sama-sama menjaga kebersihan udara dengan menerapkan cara di atas. Semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

https://www.sambilanku.id/mce/register

Ayu Yuliani Putri

Ayu Yuliani Putri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register