Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Resep Egg Roll yang Bisa Kamu Suguhkan untuk Merayakan Natal Bersama Keluarga!

Copy to clipboard copy-link
Resep Egg Roll yang Bisa Kamu Suguhkan untuk Merayakan Natal Bersama Keluarga!

Sobat Souja, merayakan hari Natal bakalan kurang lengkap tanpa adanya egg roll. Egg roll merupakan kue tradisional berbentuk gulungan serta bermotif. Camilan jadul ini juga sangat familiar disebut sebagai kue semprong. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis menjadikan egg roll banyak disukai oleh semua orang.

Nah, karena perayaan Natal menjadi ajang berkumpul bersama orang terkasih, maka sangat cocok menyajikan egg roll sebagai sajian spesial. Egg roll memang mudah ditemukan di toko kue atau supermarket. Namun, tidak salahnya bila kamu ingin membuat sendiri di rumah. Selain lebih higienis, membuat egg roll sendiri di rumah juga menambah semarak dalam menyambut momen Natal. Panduan membuatnya bisa kamu simak seperti resep egg roll berikut ini.

Bahan Egg Roll

 

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 125 gram tepung terigu
  • 25 gram susu bubuk
  • 25 gram tepung sagu
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 75 gram margarin cair

Cara Membuat Egg Roll

 

  1. Untuk membuat adonan egg roll, campurkan telur, gula pasir, dan emulsifier ke dalam wadah. Ambil mikser lalu dinyalakan dan letakkan di atas wadah. Kocok adonan di kecepatan tinggi sampai mengembang dan putih berjejak.
  2. Setelah adonan mengembang lalu matikan mikser. Selanjutnya tambahkan tepung terigu, tepung sagu, susu bubuk, garam, dan vanili bubuk ke dalam adonan. Nyalakan mikser kembali di kecepatan tinggi lalu proses adonan hingga tercampur merata.
  3. Bila adonan sudah merata, kemudian matikan mikser. Barulah, masukkan margarin cair ke dalam adonan dan kocok sampai benar-benar tercampur merata. Matikan mikser, sisihkan. Adonan siap untuk dipanggang.
  4. Sebelum ke proses pemanggangan, terlebih dulu siapkan cetakan egg roll di atas kompor. Olesi cetakan egg roll dengan margarin cair sampai merata. Barulah, nyalakan kompor di api sedang cenderung kecil dan biarkan cetakan panas.
  5. Selanjutnya, tuang satu sendok sayur adonan di atas cetakan egg roll. Kemudian tutup cetakan egg roll sambil ditekan hingga adonan pipih dan matang berwarna kecokelatan. Barulah, diangkat dengan cara digulung secara perlahan menggunakan kedua sumpit dari bawah ke atas. Tiriskan. Lakukan proses membuat egg roll sampai selesai.
  6. Egg roll siap untuk disajikan.

Tips Membuat

 

  1. Pastikan tuang adonan egg roll di tengah cetakan supaya merata ketika ditekan. Dengan begitu, hasil kue egg roll pun sesuai semestinya.
  2. Alih-alih menggunakan tepung terigu, kamu dapat menggantinya dengan tepung beras. Berkat tepung beras menjadikan kue egg roll bertekstur renyah.
  3. Ayak tepung terigu bersamaan dengan tepung sagu, susu bubuk, garam, dan vanili bubuk. Dengan diayak, menjadikan hasil adonan kue egg roll lebih halus serta lembut.
  4. Tambahkan santan supaya cita rasa kue egg roll menjadi lebih gurih. Pakai santan alami atau versi instan sesuaikan saja menurut selera. Yang terpenting adalah takarannya pas dan konsistensi adonan pun tetap kental. Sebab, jika adonan encer menjadikan kue egg roll gagal terbentuk.
  5. Diamkan kue egg roll di suhu ruang hingga uap panasnya mengurai dan dingin. Setelah dingin, segera simpan kue egg roll ke dalam stoples supaya teksturnya tetap renyah dan gak melempem.

Egg roll menjadi kue jadul legendaris yang bisa dibeli di luar. Namun, dalam menyambut perayaan Natal kali ini kamu patut coba membuat egg roll sendiri di rumah. Karena langkah bikinnya gak sulit, kok. Jadi, sebagai seorang pemula kamu tak perlu takut menyajikan egg roll hasil buatan sendiri. Selamat mencoba!

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register