Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

5 Tips Anti Nyesel Bikin Keputusan Tepat!

Copy to clipboard copy-link
5 Tips Anti Nyesel Bikin Keputusan Tepat!

Sobat Souja, apakah kamu pernah berada di posisi harus memutuskan sesuatu dengan segera, tetapi masih banyak keraguan dalam dirimu dan akhirnya kamu malah jadi bingung? Tidak tahu keputusan apa yang baik dan akhirnya justru menyesal dengan keputusan tersebut? Tenang aja kamu gak mengalami hal ini sendirian karena pasti banyak orang yang merasakannya.

Ada baiknya ketika kamu akan mengambil suatu keputusan atau pilihan yang beragam sebaiknya kamu harus memahami terlebih dahulu pengambilan keputusan itu seperti apa, karena pengambilan keputusan akan berdampak pada banyak orang. Lalu, bagaimana cara mengambil keputusan secara cerdas dan tepat? Berikut penjelasannya!

  1. Jangan berpikir secara berlebihan atau overthinking

 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah jangan terlalu overthinking atau berpikir secara berlebihan. Setiap keputusan yang akan kamu ambil harus disertai dengan mempertimbangkan pro, kontra, serta konsekuensi apa yang bisa membuatmu mengambil keputusan akhir.

Terlalu banyak berpikir dapat menyebabkanmu membuat keputusan yang biasanya tidak kamu pilih dan bisa menyebabkan stres secara tiba-tiba. Semakin ovethinking, kamu akan semakin ragu dalam mengambil keputusan dan hal ini akan memengaruhi pikiran.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Menimbang konsekuensi jangka pendek dan jangka panjang

 

Setiap keputusan yang akan diambil pasti memiliki konsekuensi jangka pendek maupun jangka panjang. Ketika kamu akan mengambil keputusan ada baiknya untuk memikirkan konsekuensi keduanya. Ada baiknya untuk menimbang, serta memperhatikan apakah keputusan yang diambil baik untuk jangka pendek tetapi tidak layak untuk jangka panjang dan begitu pula sebaliknya. Kamu juga perlu memastikan bahwa keputusan yang diambil tidak merugikan banyak pihak dan tentunya berdampak untuk ke depannya.

  1. Memberi waktu yang cukup untuk diri sendiri

 

Cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah memberikan waktu berpikir untuk dirimu sendiri. Membuat keputusan yang cukup susah apalagi terdapat berbagai pressure di sekitarmu tentunya juga tidak mudah. Bahkan jika kamu harus mengambil keputusan di bawah tekanan kamu juga membutuhkan waktu tenang beberapa menit untuk bisa mempertimbangkan data dan opsi yang bisa membantumu membuat pilihan yang tepat.  Jika dirasa kamu bingung dan kamu membutuhkan waktu untuk berpikir, cobalah untuk meminta waktu ekstra untuk berpikir secara jernih.

https://www.sambilanku.id/mce/register

  1. Mencari pendapat orang lain

 

Meskipun kamu telah memiliki keputusan yang akan kamu ambil, tetapi tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk mencari dan mendengarkan pendapat dari orang lain. Namun, memang tidak semua orang memiliki pemikiran yang sama sepertimu, ya. So, kamu juga harus menghargai pendapatnya, okay?

  1. Memahami akar permasalahan

 

Last but not least, cara yang terakhir merupakan cara yang harus kamu perhatikan. Ketika akan mengambil keputusan, tentu kamu harus benar memahami masalah yang ada sehingga kamu dapat mengidentifikasi dan mengklarifikasi prioritas dengan baik.

Salah satu kesalahan besar dalam pengambilan keputusan adalah karena ketidakjelasan masalah yang ada dan solusi yang diambil tidak benar-benar menyelesaikan masalah.  Jadi, kamu harus lebih memahami dan mengetahui masalah apa yang terjadi agar keputusan yang kamu ambil sudah tepat.

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register