Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Selain Rokok, Ketahui Daftar 10 Barang yang Tidak Boleh Masuk Pesawat

Copy to clipboard copy-link
Selain Rokok, Ketahui Daftar 10 Barang yang Tidak Boleh Masuk Pesawat

Hai, sobat Souja! Pada 18 November 2023 lalu seorang penumpang pesawat Citilink rute Batam-Surabaya kedapatan merokok di kabin pesawat. Merokok adalah salah satu larangan yang harus ditaati penumpang ketika sedang menggunakan moda transportasi pesawat. Selain rokok, ini barang yang tidak boleh dibawa di pesawat.

1. Benda tajam

Benda tajam yang dilarang di tas bawaan selama penerbangan termasuk pemotong kotak, pemecah es, pisau, pemotong daging, silet, pedang, dan gunting dengan bilah lebih panjang dari 4 inci. Sedangkan, pisau plastik atau pisau mentega dengan ujung pisau yang bulat diperbolehkan.

2. Senjata api

Senjata api umumnya tidak diizinkan untuk dibawa dalam bentuk appaun dalam pesawat. Namun, khusus senapan udara yang telah terkompresi diizinkan diletakkan dalam bagasi. Akan tetapi, aturannya berbeda-beda menurut maskapai penerbangan masing-masing.

3. Bahan peledak

Semua bahan peledak, barang-barang cair yang mudah terbakar, dan bahan-bahan kimia yang melumpuhkan dilarang dari barang bawaan dan bagasi pesawat. Barang-barang ini termasuk topi peledak, dinamit, flare, granat, kembang api, replika bahan peledak, aerosol, bahan bakar apa pun, bensin, obor gas, korek api, cat tipis, pemutih, klorin, dan juga cat semprot.

4. Benda cair lebih dari 100 ml

Dilansir dari hibur.id, benda cair seperti air minum, parfum, shampoo, body lotion, dan masih banyak lagi. Benda-benda tersebut hanya boleh dibawa ke dalam kabin pesawat jika muatannya tak lebih dari 100 ml. Namun, kelonggaran terhadap peraturan ini untuk benda-benda cair seperti makanan bayi, obat-obatan dalam bentuk sirup, hingga makanan diet untuk penderita penyakit tertentu.

5. Produk hewani

Produk hewani dilarang karena berisiko menyebabkan gangguan kesehatan pada penumpang lain. Produk hewani yang dilarang keras dibawa penumpang meliputi keju, susu segar, daging mentah, dan masih banyak lagi. Produk hewani tersebut dilarang karena mengandung patogen yang tidak baik untuk kesehatan.

https://www.sambilanku.id/mce/register

6. Benda berbau menyengat

Benda-benda seperti terasi udang, buah durian, petis udang, dan lain-lain dikenal memiliki aroma khas yang sangat menyengat. Aroma menyengat yang memenuhi kabin pesawat tentu akan membuat penumpang lain merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, benda-benda yang aromanya menyengat wajib disimpan di bagasi pesawat.

7. Material korosif

Mengutip gotravelly.com, barang lain yang tidak boleh dibawa ke pesawat ialah material yang bersifat korosif seperti merkuri, asam sulfat, alkali, dan aki kendaraan.

8. Bahan kimia beracun

Bahan-bahan kimia beracun seperti arsenik, pembasmi hama, sianida, alkali, asam, produk biologis berbahaya serta bahan radioaktif juga tidak diperbolehkan dibawa saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Semprotan bela diri seperti gas air mata dan semprotan asam fosfor juga dilarang keras dibawa.

9. Benda tumpul

Benda tumpul yang berpotensi dapat membuat cedera juga dilarang masuk dalam kabin pesawat. Benda-benda seperti tongkat baseball, tongkat biliar, tongkat golf, kail pancing, dayung, pentungan, skateboard dan segala macam perlengkapan bela diri yang bisa menyebabkan cedera pada penumpang lainnya.

10. Kendaraan kecil dengan baterai lithium

Beberapa kendaraan kecil yang memang menggunakan energi dari baterai lithium seperti solowheel, hoverboard, airwheel, balancewheel, mini-segway termasuk dengan koper yang memiliki instalasi perangkat alarm dilarang keras dibawa penumpang ke dalam pesawat.

Hilkya Palembangan

Hilkya Palembangan

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register