Pameran Flora dan Fauna 2023 di Lapangan Banteng
Senin, 02 Oktober 2023
Terima Kasih, anda telah berlangganan dengan Soulofjakarta.id, Anda akan menerima update informasi dari kami via email
Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !
Sobat Souja, tidak dapat dibantah, persaingan di dunia kerja sekarang ini makin ketat. Perebutan posisi, misalnya, merupakan hal yang lumrah di lingkungan perusahaan. Tak jarang persaingan itu menimbulkan perselisihan antarkaryawan. Akibatnya, lingkungan kerja menjadi tidak nyaman.
Namun, jika persaingan dilakukan dengan cara yang sehat, sesama rekan kerja bisa saling mendukung dan membantu satu sama lain. Sikap tiap individu menjadi faktor penting dalam membangun lingkungan kerja yang positif. Hal itu juga akan berpengaruh besar pada produktivitas dan kerja sama tim.
Tiap perusahaan tentu punya aturan dan budaya kerjanya masing-masing. Demi mencapai lingkungan yang sehat, perlu dukungan dari semua karyawan dengan beretika dan bersikap baik. Nah, mulai menerapkan lima sikap baik berikut ini di dunia kerja, yuk!
Profesionalisme merupakan sikap paling penting di dunia kerja. Sikap satu ini mencakup aspek-aspek kuat dalam membangun kualitas diri karyawan, seperti dedikasi terhadap pekerjaan, menghargai waktu, menepati janji, mematuhi aturan, hingga menjaga integritas.
Seseorang dikatakan profesional saat mampu memfokuskan diri pada pekerjaan yang sedang dilakoni. Terlepas dari tekanan yang mungkin terjadi, dia punya rasa tanggung jawab besar untuk menyelesaikan pekerjaannya sebaik mungkin. Sikap profesional dapat memudahkan rekan kerja untuk bekerja sama.
Saat mendiskusikan pekerjaan dengan rekan kerja, perlu adanya komunikasi efektif untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Responsif menjadi salah satu faktor pendukung komunikasi yang wajib diterapkan. Jangan bersikap acuh tak acuh saat rekan kerja berbicara, apalagi saat dimintai pendapat.
Responsif artinya bersikap cepat dalam merespon atau menanggapi situasi tertentu. Bukan respons negatif tentunya, melainkan respons positif demi membangun hubungan yang harmonis. Pekalah terhadap kebutuhan rekan kerja, beri dukungan, serta lakukan tindakan yang dapat membantu mereka.
Kemampuan adaptasi sangat berharga di dunia kerja. Untuk mencapai kemampuan tersebut, karyawan harus siap mempelajari hal baru, baik dari perusahaan itu sendiri, dari atasan, maupun dari rekan kerja. Sikap senang belajar mencerminkan kemauan untuk terus berkembang dalam memperbaiki diri.
Tidak hanya penting bagi perkembangan diri sendiri, sikap satu ini memungkinkan seseorang mendapat respect lebih besar dari rekan-rekan di tempat kerja. Hindari sikap paling bisa dan paling tahu sendiri. Bersikaplah terbuka untuk belajar dari mereka yang sudah lebih lama berada di perusahaan.
Berdampingan dengan sikap senang belajar, sikap terbuka terhadap kritik dan saran jadi komponen utamanya. Tanamkan mindset bahwa tiap masukan memiliki potensi untuk membangun. Meski kadang kritik disampaikan dengan kurang menyenangkan, tetaplah cari sisi positif yang sekiranya dapat diambil.
Kritik dan saran memang hal biasa di dunia kerja, karena pekerjaan yang dijalani tidak selalu mulus. Sebagai manusia biasa, kecerobohan dan kesalahan merupakan hal wajar. Namun, jadilah pribadi yang terbuka agar orang lain tidak sungkan untuk membantu sekaligus berbagai ilmu.
Dunia kerja yang keras tidak hanya menugaskan karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga harus berani bertanggung jawab atas segala risiko yang ada. Berbagai permasalahan di dunia kerja macam ketidakpuasan atasan, miskomunikasi, kecerobohan, dan lain sebagainya. Semua itu harus ditangani dengan sikap berani.
Misalnya, ketika rekan kerja menemukan ada data yang salah diinput, sikap pertama yang harus ditunjukkan adalah berani bertanggung jawab. Pertama, akui kesalahan dengan meminta maaf. Kedua, komunikasikan dengan baik agar situasi tidak runyam. Ketiga, segera perbaiki kesalahan dan berusahalah untuk tidak mengulanginya lagi.
Respect dari rekan kerja bukan hanya tentang reputasi diri, tetapi demi membangun hubungan yang baik dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman. Terapkan lima sikap di atas agar bekerja menjadi lebih menyenangkan.