Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Rekomendasi Kota Menarik yang harus Dikunjungi Kalau ke Qatar!

Copy to clipboard copy-link
Rekomendasi Kota Menarik yang harus Dikunjungi Kalau ke Qatar!

Sobat Souja, Qatar, saat ini sedang menjadi sorotan dunia karena menjadi tempat berlangsungnya Kejuaraan Dunia Sepakbola. Qatar juga merupakan salah satu negara yang memiliki peran penting terkait sejarah negara-negara Arab. Ada banyak peninggalan bersejarah dan landmark ikonik yang masih terjaga di sini. Kamu pun bisa menjumpainya di ibu kota maupun kota-kota sekitarnya.

Kamu ingin berkeliling di sejumlah kota selama di Qatar? Jangan hanya mengeksplorasi Doha, berikut ini lima kota menarik lainnya yang patut kamu kunjungi di Qatar. Mau tahu di mana saja? Let's find out!

  1. Doha

Doha bukan sekadar ibu kota negara yang terkenal dengan nuansa mewah dan modern. Di tengah perkembangannya, kota ini mampu mempertahankan budaya dan warisannya lebih dari kebanykan kota di Timur Tengah. Sehingga, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang autentik selama di Doha, termasuk adanya Museum Nasional Qatar, The Pearl, dan Souq Waqif.

Doha juga menjadi pusat arsitektur yang mengesankan dengan infrastruktur baru dan unik. Gedung pencakar langit yang sudah modern, masjid tradional, dan mahakarya unik dibuat oleh arsitek terkenal. Perkembangan arsitektur juga dapat kamu lihat dalam persiapan untuk Piala Dunia FIFA 2022.

Kamu juga dapat menikmati beragam kuliner yang memanjakan lidah seperti mencicipi makanan lokal di Parisa, Al Mourjan, atau Shi Shamoos. Jika menginginkan aktivitas menantang, kamu dapat mencoba menunggang unta hingga dune bashing.

  1. Al Wakrah

Kota Al Wakrah yang didirikan pada tahun 1972 ini sebelumya terkenal sebagai pengasil mutiara dan ikan. Kota yang berbatasan dengan Doha ini merupakan kotamadya terbesar kedua berdasarkan luas wilayahnya. Uniknya lagi, Al Wakrah merupakan rumah bagi cagar alam yang diakui UNESCO, Khor Al Adaid.

Di sini pula terdapat salah satu stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia FIFA 2022, yakni Stadion Al Janoub. Stadion ini telah mengalami perubahan yang mencolok pada bagian eksterior. Konon terinspirasi dari bentuk guru pasir di Timur Tengah.

Di antara panasnya suhu udara di Timur Tengah, kamu dapat menjumpai taman bunga di Taman Umum Al Wakrah. Kalau kamu sedang mencari destinasi wisata ramah keluarga, bisa mengunjungi Souq Al Wakrah Family Beach. Monumen The Pearl menjadi landmark yang sayang untuk dilewatkan.

Setelah kamu puas menyusuri pantai, bisa membeli produk lokal di Al Wakrah Farmers Yard. Namun, tempat ini biasanya buka antara bulan Oktober hingga April setiap tahunnya.

  1. Al Rayyan

Al Rayyan dikenal sebagai Kota Pendidikan dengan banyaknya perguruan tinggi dan sekolah. Kota ini juga memiliki tempat khusus untuk pusat penelitian dan perpustakaan. Banyak mahasiswa atau siswa dari berbagai negara menempuh pendidikan di sini, terutama di bidang bisnis, kedokteran, budaya, dan hubungan internasional.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi yakni Museum Seni Modern Arab MATHAF Doha. Museum ini menjadi daya tarik utama di Al Rayyan. Kamu dapat belajar sejarah dan seni tradisioal. Koleksinya meliputi lukisan, patung, dan instalasi dari abad ke-19.

Masih berkaitan dengan sejarah, di Al Rayyan juga terdapat Benteng Al Wajbah, salah satu situs bersejarah yang berasal dari abad ke-18. Situs itu juga diakui sebagai salah satu yang tertua di mana pertempuran Ottoman melawan tentara Sheikh Jassim bin Mohammed Al Thani.

Selain tempat-tempat yang berhubungan dengan sejarah dan edukasi, Al Rayyan memiliki Laguna Al Karaana yang menjadi surga bagi pencinta alam dan satwa liar. Di laguna buatan ini, kamu dapat menemukan keanekaragaman flora dan fauna. Namun, letaknya terpencil dan jauh dari kota.

  1. Al Khor

Al Khor menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan bagi turus dari berbagai belahan dunia. Kota ini menawarkan pemandangan cakrawala dan matahari terbenam yang menakjubkan. Kamu pun bisa menjelajah museum, hutan mangrove, maupun pulau.

Meski bukan negara kepulauan, Qatar memiliki Pulau Purple yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam. Banyak burung unik bakal kamu temui di sini. Pulau yang dikeliling mangrove ini juga menjadi habitat bagi ikan dan kepiting.

Jika gak ingin jauh-jauh menyeberang ke pulau lain, kamu bisa mengunjungi Cagar Alam Al Shuaa. Destinasi wisata ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berinteraksi langsug dengan hewan. Pencahayaan di sini juga terbilang ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga surya.

  1. Umm Salal Mohammed

Umm Salal Mohammed memang tidak seluas keempat kota sebelumnya, tapi memiliki banyak hal unik untuk dijelajahi. Kota ini memiliki banyak bangunan bersejarah dan taman yang populer di kalangan wisatawan. Kamu juga bisa kulineran hidangan lokal maupun internasional di Pasar Barzan di Umm Salal Mohammed.

Tur keliling kota lebih tepat dilakukan untuk mengeksplorasi Umm Salal Mohammed. Karena kota ini cukup kecil, biasanya lokasi antara satu spot dengan spot lain juga berdekatan. Salah satu spot terkenal yang gak boleh kamu lewatkan yakni Menara Barzan yang dibangun pada akhir abad ke-19.

Kamu juga dapat berkunjung ke Taman Olimpiade Barzan yang menjadi Taman Olimpiade pertama di Qatar. Di sini terdapat air mancur, kafetaria, area bermain, dan miniatur berbagai landmark ikonik seperti Fanar, Mazid Agung, dan Menara Al Khor di Umm Salal Mohammed.

Di balik kemewahan Qatar yang dianggap hampir menyamai Dubai, negara ini masih menawarkan keindahan alam dan peninggalan sejarahnya. Kamu bisa menyusuri pantai, safari, dan menjelajahi situs bersejarah peninggalan abad ke-18 dan ke-19 di kelima kota tersebut. Kota-kota di atas berdekatan dengan Doha sehingga kamu bisa mengunjungi beberapa kota sekaligus.

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel