5 Cara Mudah Kendalikan Keinginan Makan Berlebih

Copy to clipboard copy-link
5 Cara Mudah Kendalikan Keinginan Makan Berlebih

Halo sobat Souja! Banyak orang merasa punya nafsu makan berlebih. Jika keinginan ini dituruti, bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karenanya, coba kendalikan nafsu makan dengan 5 cara ini.

Tubuh memang secara konstan membutuhkan bahan bakar agar dapat berfungsi dengan baik. Salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh datang dari makanan. Pada saat-saat tertentu, tubuh mulai mendambakan makanan manis dan makanan berminyak lainnya.

Sebenarnya jika dituruti sesekali bukan menjadi masalah. Terlebih jika seseorang memang setiap harinya menjalankan pola makan sehat dan seimbang.

Beda halnya jika keinginan makan ini dituruti oleh mereka yang punya pola makan tidak teratur. Jika terus dibiarkan, takutnya justru membawa penyakit serius dan membahayakan kesehatan.


1. Hindari Diet Ketat

Banyak orang berpikir diet ketat perlu dilakukan untuk menghindari nafsu makan berlebihan itu. Melansir food.ndtv (17/11), diet ini mungkin memang bisa menurunkan berat badan dengan cepat, namun kebiasaan makannya justru tidak sehat.

Ini karena, beberapa orang akan memilih untuk menghindari segala macam makanan yang dianggapnya dapat menaikan berat badan.

Contohnya, mereka akan menghindari segala bentuk karbohidrat. Padahal, karbohidrat menjadi asupan makanan yang penting karena menyediakan sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas.

2. Berhenti Terobsesi dengan Kalori

Kalori yang didapat dari makanan dan minuman juga dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung kinerja dan fungsi berbagai macam organ tubuh. Namun tetap saja, konsumsinya tidak boleh berlebihan.

Seseorang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda setiap harinya. Sebaiknya asupan makanan dan minuman tidak melebihi kebutuhan tersebut agar tidak berdampak pada kesehatan lain.

Namun, sebagian orang seringkali terlalu memikirkan kalori yang ia peroleh dan pada akhirnya membuat mereka menjadi stress dan cemas.

Kecemasan tersebut tentu bisa memberikan efek kepada nafsu makan yang meningkat. Karenanya, cobalah untuk tenang dan tidak terlalu terburu-buru dalam melakukan diet.

3. Tidak Bikin Tubuh Kelaparan

Sebagian orang lebih memilih untuk makan ketika perut mereka baru merasa lapar. Padahal kondisi makan saat lapar bukanlah hal yang baik.

Melansir healtline.com (18/01), kelaparan adalah alasan utama untuk mengidam. Karenanya, penting untuk menghindari rasa lapar berlebihan dengan makan secara teratur maupun mengganjal perut dengan konsumsi camilan sehat seperti buah.

Dengan persiapan ini, seseorang bisa menghindari rasa lapar dalam waktu yang lama.

4. Penting untuk Melawan Stress

Kondisi stress bukan hanya mengganggu kesehatan mental, melainkan bisa juga mengganggu kesehatan fisik. Stress dapat menyebabkan seseorang ngidam lebih banyak makanan.

Bukan hanya soal ngidam, namun stress juga bisa mempengaruhi perilaku makan, terutama bagi wanita. Wanita yang sedang stress terbukti makan lebih banyak kalori secara signifikan dan punya keinginan makan berlebih dibandingkan mereka yang tidak stress.

Stress juga mampu meningkatkan kadar kortisol dalam darah yaitu hormon yang membuat berat badan bertambah terutama di area perut. Kelola stress dengan melakukan hal-hal sehat, seperti olahraga maupun bermeditasi.

5. Konsumsi Makanan Yang Tepat

Keinginan makan berlebih bisa disebabkan karena tubuh kekurangan nutrisi utama dan kelaparan. Untuk menghindari kondisi itu, penting untuk konsumsi makanan yang tepat dengan waktu makan yang pas juga.

Lakukanlah pola makan yang teratur agar tubuh mendapat nutrisi yang dibutuhkan dan menghindari diri dari rasa lapar yang hadir setelah makan.

Di sela-sela waktu makan itu, kamu juga bisa menambah asupan camilan, tetapi dipastikan konsumsi sesuatu yang sehat. Bisa dengan makan buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran, maupun biji-bijian.

Bisa juga mengikuti pola makan sehat yang diungkap oleh ahli gizi ini.

Nah gimana sobat Souja, semoga tips ini bisa bantu sobat Souja diet juga ya.

Muhammad Zaky Rahmatullah

Muhammad Zaky Rahmatullah

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel