Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Rekomendasi FIlm Horror Bertema Sekte atau Kultus

Copy to clipboard copy-link
Rekomendasi FIlm Horror Bertema Sekte atau Kultus

Sobat Souja, siapa yang suka nonton film horror? Selain zombi, kultus menjadi konsep yang cukup populer untuk film horor. Salah satu alasannya adalah karena konsep itu cukup nyambung dengan kehidupan manusia, mulai dari Manson Family, Kuil Rakyat Jim Jones, hingga Aum Shinrikyo, kultus telah memberikan paranoia tersendiri di benak kita.

Untuk itu, ada beberapa film horor yang berfokus pada kelompok atau gerakan yang menganut keyakinan mutlak pada sosok pemimpin mesianisme. Bikin kamu ketakutan, berikut beberapa rekomendasi film horor tentang sekte dan kultus yang menyeramkan.

  1. The Seventh Victim (1943)

Sebagai penulis sekaligus produser film, Val Lewton telah menciptakan beberapa film horor paling menakutkan pada medio 1940-an dan 1950-an, termasuk Cat People dan I Walked with a Zombie, dan The Seventh Victim.

Dirilis pada 1943, The Seventh Victim mengisahkan wanita muda (Kim Hunter) yang mencari saudara perempuannya (Jean Brooks). Namun, pencariannya tersebut justru membawanya ke dalam Palladist, kultus satanis berbasis di New York, Amerika Serikat.

Dalam kehidupan nyata, Palladist adalah kelompok fiktif yang sering dikaitkan dengan gerakan Freemasonry di Prancis selama abad ke-19. Namun, di film ini, mereka adalah sekelompok pembunuh yang sangat menakutkan.

  1. The Wicker Man (1973)

Film selanjutnya berfokus pada kultus keagamaan atau lebih tepatnya paganisme. Dikisahkan seorang detektif Inggris (Edward Woodward) menyelidiki kasus anak hilang di pulau terpencil, di mana masyarakat dan pemimpinnya (Christopher Lee) sering mengadakan ritual kuno yang mengorbankan manusia.

Sebagai salah satu film terbaik tentang kultus, The Wicker Man (1973) menginspirasi film horor folklore di masa depan, seperti The Witch (2016), The Ritual (2017), dan Midsommar (2019). Film ini mendapatkan remake pada 2006 dengan Nicolas Cage sebagai bintangnya.

  1. Kill List (2011)

Sekilas, film thriller psikologis ini mirip dengan film bergenre serupa. Plotnya berkisar pada seorang mantan dokter militer (Neil Maskell) yang menjadi pembunuh bayaran dengan teman lamanya. Namun, lambat laun ia menyadari kalau korban dan "majikannya" terkait dengan kultus pagan yang cukup berpengaruh.

Dengan proses syuting yang hanya berlangsung selama 18 hari di mana sebagian besar pemerannya berimprovisasi, Kill List (2011) bukanlah film thriller biasa. Film ini berhasil melahirkan banyak pertanyaan dengan sebagian besar di antaranya tidak terjawab.

  1. The Invitation (2015)

Paranoia menjadi unsur utama dalam film horor tentang sekte dan kultus. Nah, salah satu film indie terbaik yang mendalami konsep ini adalah The Invitation (2015) karya Karyn Kusama.

Kisahnya dimulai dengan pesta makan yang diadakan oleh mantan istrinya, di mana hal-hal aneh mulai terjadi di sekitar sang protagonis, Will (Logan Marshall-Green). Salah satunya adalah proses penyembuhan trauma yang cukup brutal.

Gambaran kultus di film ini, dan tentunya upaya dari para tamu yang coba melarikan diri, akan membuat siapa pun berkeringat dingin. Semuanya akan memuncak ke salah satu adegan terakhir yang spektakuler, sekaligus paling menakutkan, dalam sejarah film horor.

  1. Midsommar (2019)

Berbeda dari film pertamanya, Ari Aster lebih berfokus pada sekte di film keduanya ini. Dalam film ini, ia mengisahkan sekte pagan dari Skandinavia yang menawarkan kesempatan kedua kepada orang asing. Mirisnya, karakter Dani (Florence Pugh) yang harus menjalani semua pengalaman horor di sepanjang film.

Seperti The Wicker Man, film ini memaksa kita untuk menjawab pertanyaan, apakah ritual kultus pada dasarnya jahat atau hanya peninggalan dari cara hidup yang lebih tua dan brutal? Senyum Dani di akhir film semakin menguatkan pertanyaan tersebut. 

Tentu saja, teman-temannya dan beberapa anggota sekte harus menderita kematian yang mengerikan agar hal itu terjadi. Di sinilah letak teror sesungguhnya dalam film horor kultus: jika kamu ingin memasuki gerbang surga; orang lain harus pergi ke neraka.

 

Sobat Souja, siapa nih yang tertarik nonton deretan film ini? Alih-alih klise dan menawarkan jump scare murahan, film-film horor di atas justru menyajikan konsep sekte dan kultus yang cukup segar. Jangan nonton sendirian, ya!

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel