Jangan Panik, Ini 5 Tips yang Harus Dilakukan Saat Pesawat Turbulensi

Copy to clipboard copy-link
Jangan Panik, Ini 5 Tips yang Harus Dilakukan Saat Pesawat Turbulensi

Turbulensi tentu menjadi kata yang kamu ketahui bila punya pengaman naik pesawat. Ketika turbulensi, pesawat menghadapi situasi guncangan yang disebabkan perubahan kecepatan aliran udara.

Momen krusial ketika naik pesawat adalah take-off dan landing, namun saat terjadi turbulensi pada pesawat, sebagian penumpang boleh jadi bisa cemas. Guncangan saat turbulensi bisa terasa mengerikan.

Pesawat yang tadinya terbang dengan tenang, lalu bergoyang-goyang kala memasuki kumpulan awan di udara. Tapi, turbulensi sesungguhnya merupakan hal yang wajar dalam penerbangan.

Pilot sudah paham apa yang mesti dilakukan saat turbulensi terjadi, meskipun sebagian penumpang pesawat mungkin tetap saja takut ketika menghadapinya.

Berikut 5 tips yang bisa penumpang lakukan ketika pesawat turbulensi, seperti dirangkum berbagai sumber.

1. Kencangkan seat belt

Ketika pesawat mulai berguncang karena turbulensi, ada baiknya kamu tetap duduk di kursi dan kencangkan setat belt. Jika tidak, tubuh kamu bisa jadi akan kehilangan keseimbangan karena tidak siap dengan turbulensi. Dengan memakai seat belt juga mengurangi risiko cedera karena terbentur saat terjadi turbulensi.

2. Stop kegiatan makan

Guncangan akibat turbulensi cukup kencang, jika itu terjadi saat kamu tengah makan atau minum, sebaiknya stop dulu kegiatan maka atau minum tersebut. Makanan dan minuman berisiko tumbah dan membasahi baju kamu. Kamu bisa letakkan wadah makan atau gelas minum kamu di lantai kabin saat turbulensi terjadi.

3. Saat di Toilet

Apabila saat turbulensi, kamu sedang berada di toilet pesawat, jangan panik. Kamu bisa menutup atau melipat lidah toilet, lalu duduk di atasnya sambil berpegangan untuk menjaga keseimbangan. Bila kamu sedang cuci tangan, segera duduk di sekitar sudut toilet untuk menghindari kehilangan keseimbangan akibat guncangan turbulensi.

4. Jangan sering jalan-jalan di kabin

Mungkin kamu merasa bosa saat dalam penerbangan jarak jauh, sehingga merasa perlu jalan-jalan di kabin. Tapi hal ini jangan dilakukan, terutama saat terjadi turbulensi. Jika kamu sedang jalan di kabin dan terjadi turbulensi, sebaiknya kamu menunduk di lantai kabin. Hal itu demi mengurangi risiko kamu terbentur saat turbulensi.

5. Tulis nama sendiri

Menurut pilot asal Amerika Serikat, Captain Ron Nielsen, cara yang cukup ampuh untuk mengurangi rasa takut dan panik ketika turbulensi adalah dengan menulis nama kamu sendiri dengan tangan yang tidak biasa digunakan.

"Tulis saja nama kamu dengan tangan yang berlawanan. Hal ini akan memaksa otak fokus ekstra kepada satu hal ketimbang memikirkan hal di sekitar," kata Nielsen, seperti dikutip dari News.com.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel