Tips Meal Prepping agar Bahan Masakan Awet hingga Seminggu

Copy to clipboard copy-link
Tips Meal Prepping agar Bahan Masakan Awet hingga Seminggu

Salah satu kegiatan yang menyita waktu saat memasak adalah mempersiapkan bahan makanan. Mulai dari mencuci, memotong, hingga mencincang biasanya butuh waktu bahkan lebih dari 30 menit.

Tapi tenang saja, karena sebenarnya ada strategi yang bisa dilakukan, yakni dengan metode meal prepping.

Menukil Healthline, meal prepping merupakan konsep menyiapkan makanan lebih cepat dari jadwal. Kegiatan ini cukup populer di kalangan orang sibuk. Alasannya, tentu karena menghemat banyak waktu.

Bukan hanya menghemat waktu, mempersiapkan makanan juga bisa mengurangi kelebihan porsi. Anda bisa menimbang kecukupan nutrisi dan makanan harian tanpa takut membuang-buang makanan.

Tips Meal Prepping

Meal prepping bisa dilakukan untuk tiga hari, satu minggu, bahkan dua minggu. Tanpa menghabiskan waktu, berikut tips meal prepping dari CNNIndonesia.com.

1. Perhitungkan makanan untuk satu pekan

Sebelum pergi belanja, perhitungkan sajian apa saja yang ingin Anda konsumsi dalam satu pekan. Buat daftar sajian serta bahan-bahan yang dibutuhkan.

2. Pisahkan semua bahan

Jika Anda sudah membuat daftar masakan, mulai-lah memilih bahan. Simpan semua sayuran sesuai jenis sajian yang diinginkan, seperti tumis kangkung atau sup, dalam wadah.

Misalnya, satu kotak untuk kangkung yang sudah dipotong untuk membuat tumis kangkung. Di wadah lain, simpan bayam yang sudah dirajang untuk membuat sayur bening bayam.

3. Sayuran jangan dicuci

Ilustrasi. Kunci utama dari konsep meal prepping adalah jangan mencuci sayuran terlebih dahulu. (Sonja Langford/Unsplash.com)
Ingat, jangan cuci sayuran. Biarkan mereka tetap kering di dalam wadah dan masukan ke kulkas.

Anda juga harus memberikan alas tisu di dasar kotak agar menyerap kelembapan dari sayuran di dalam kulkas.

4. Pisahkan rawit dari bonggolnya

Cabai rawit adalah bahan wajib yang harus selalu ada di dapur.

Jika ingin awet dan tetap segar, Anda bisa menyimpan rawit di kulkas. Simpan rawit dalam kotak, beri alas tisu di bawahnya.

Sebelum itu, Anda harus membuang bonggolnya terlebih dahulu. Hal ini agar rawit tidak cepat busuk.

Sama seperti sayur, rawit juga tak perlu dicuci terlebih dahulu.

5. Simpan semua dalam kotak

Sumber: Hypeabis

Simpan semua dalam kotak kedap udara, mulai dari serai yang sudah dipotong-potong, daun salam, daun jeruk, cabai besar, dan bumbu lainnya.

Jangan pernah cuci semua bahan tersebut. Simpan di kotak berbeda untuk setiap jenisnya.

6. Buat bumbu dasar jadi lebih mudah

Selain bumbu yang segar, Anda juga bisa membuat bumbu dasar. Mulai dari bumbu dasar merah yang terbuat dari gilingan cabai merah dan rawit, bumbu dasar kuning yang terbuat dari kunyit, hingga bumbu dasar putih.

Cara ini bisa membuat waktu memasak makin singkat. Anda cukup menghaluskan bumbu-bumbu tersebut dan menyimpannya di kulkas.

7. Kaldu di freezer

Jika Anda ingin memasak sup dengan kaldu alami, tentu tidak usah repot-repot mempersiapkannya dari jam 4 dini hari hanya untuk merebus tulang atau ceker.

Anda bisa membuat kaldu dari ceker ayam kapan pun. Lalu, tentu saja simpan di dalam freezer. Kaldu tersebut dijamin tahan 6 bulan dan bisa dipakai kapan pun Anda butuhkan.

Itulah beberapa tips meal prepping yang bisa ditiru. Kunci utamanya adalah jangan mencuci sayuran sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel