9 Makanan Melancarkan Haid, Ada Yoghurt dan Tahu

Copy to clipboard copy-link
9 Makanan Melancarkan Haid, Ada Yoghurt dan Tahu

Haid atau menstruasi tidak lancar bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan melancarkan haid yang kaya nutrisi penting yaitu vitamin C, D, zat besi, kalsium, dan asam folat.

Mengonsumsi makanan tinggi nutrisi tersebut memang bukan satu-satunya solusi supaya haid lebih lancar. Melainkan hanya membantu memberi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Apabila siklus haid Anda tidak lancar setiap bulan, langkah pertama yang harus diambil yaitu memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya.

Setelah mendapat diagnosis dari dokter, kemungkinan Anda akan disarankan untuk menjalankan perawatan sambil memperbanyak asupan bernutrisi tertentu.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Dilansir dari laman Nhs, terdapat sejumlah faktor yang memengaruhi siklus haid tidak lancar. Bisa gangguan hormonal, kondisi medis tertentu, perubahan gaya hidup, atau penyebab lain seperti berikut:

  1. Fase pubertas sering kali berdampak pada siklus menstruasi jadi tidak lancar. Terutama pada satu atau dua tahun pertama, setelah Anda mulai mengalami haid.
  2. Wanita berusia antara 45-55 tahun umumnya memasuki fase menopause, yaitu berakhirnya fase menstruasi secara alami, yang mana siklus haid sudah tidak lancar.
  3. Penyebab haid tidak lancar bisa menjadi tanda awal kehamilan.
  4. Mengonsumsi pil kontrasepsi seperti pil KB dan lainnya dapat memengaruhi siklus hormonal menstruasi.
  5. Mengalami penurunan berat badan atau penambahan berat badan yang ekstrem karena olahraga berlebihan atau stres berat.
  6. Kondisi medis tertentu seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah dengan tiroid.

Makanan Melancarkan Haid

Perlu diketahui bahwa jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari punya pengaruh besar terhadap sistem fungsional tubuh. Oleh karena itu, tubuh harus mendapat suplai makanan terbaik yang kaya gizi supaya fungsinya berjalan dengan normal.

Berikut ini ada beberapa jenis makanan melancarkan haid yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Di antaranya:

1. Ikan laut

Sumber: Food Navigator

Ikan laut berlemak sehat seperti tuna, kembung, salmon, sarden, mengandung tinggi vitamin D, yang dapat membantu melancarkan siklus haid.

Menurut hasil penelitian, konsumsi vitamin D dan kalsium juga metformin bisa melancarkan haid pada perempuan dengan gangguan PCOS.

2. Buah-buahan

Buah-buahan tertentu yang kaya akan vitamin C yaitu jeruk, pisang, lemon, pepaya, kiwi, nanas, mangga, termasuk makanan terbaik karena bermanfaat menginduksi haid.

Misalnya pepaya, selain tinggi vitamin C buah ini kaya beta karoten yang bermanfaat merangsang hormon estrogen yaitu hormon penting untuk fase pubertas hingga haid.

3. Buah bit

Buah bit merupakan jenis umbi-umbian berwarna kemerahan yang banyak mengandung zat besi, kalsium, dan asam folat.

Tidak hanya berfungsi untuk menginduksi haid, buah bit juga mampu mengurangi retensi cairan dan kembung.

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan bayam dapat meningkatkan kadar zat besi dan magnesium dalam tubuh.

Selain merangsang produksi zat besi, sayuran tersebut berguna untuk mengatasi kelelahan, nyeri tubuh, dan pusing.

5. Rempah-rempah

Jahe, kunyit, kayu manis, adalah rempah-rempah alami yang kaya antioksidan dan dipercaya bisa memperlancar siklus haid.

Terutama jahe dan kunyit mengandung emmenagogue yang mampu menstimulasi aliran darah pada rahim serta pelvis, sekaligus sebagai antipasmodik untuk menginduksi haid.

6. Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera mempunyai fungsi lain dan tidak selalu untuk kecantikan kulit. Melainkan membantu meregulasi hormon sehingga mampu melancarkan haid.

Untuk merasakan khasiatnya, Anda bisa mencampurkan lidah buaya segar dengan satu sendok teh madu sebelum sarapan.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memuat asam lemak omega-3 sebagai sumber protein terbaik, bahkan tinggi magnesium serta berbagai vitamin.

Anda dapat menambahkan aneka kacang-kacangan ke dalam menu makanan harian. Seperti sup, dijadikan camilan, atau bahan tambahan membuat smoothies.

8. Tahu

Kondisi tubuh kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan masalah menstruasi jadi tidak lancar.

Alternatifnya bisa mengonsumsi tahu dari kacang kedelai. Selain tinggi protein, tahu diperkaya zat besi, magnesium, kalsium, dan cocok untuk kalangan vegetarian.

9. Yoghurt

Yoghurt termasuk salah satu makanan melancarkan haid, karena mengandung bakteri baik dan probiotik untuk melawan infeksi penyebab gangguan haid.

Selain itu, yoghurt juga memuat nutrisi penting lain seperti magnesium dan kalsium yang bermanfaat dalam merangsang pembentukan hormon estrogen.

Itulah sejumlah makanan untuk melancarkan haid. Semoga dapat bermanfaat.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel