Hong Kong Longgarkan Pembatasan, Turis Asing Boleh Langsung Wisata

Copy to clipboard copy-link
Hong Kong Longgarkan Pembatasan, Turis Asing Boleh Langsung Wisata

Pemerintah Hong Kong melonggarkan pembatasan Covid-19 untuk kelompok wisatawan mancanegara yang datang, termasuk mengizinkan mereka mengunjungi taman hiburan dan museum. Pelonggaran ini mulai diberlakukan pada 7 November 2022.

Hong Kong secara bertahap terus melonggarkan banyak kebijakan terkait Covid-19 yang ketat dalam beberapa bulan terakhir. Salah satu yang dilonggarkan adalah karantina hotel untuk kedatangan internasional sejak 26 September 2022.

Namun, para turis asing yang baru tiba di salah satu kota pusat bisnis dunia ini masih harus memenuhi beberapa persyaratan seperti tes PCR dan larangan memasuki bar, restoran, dan tempat-tempat seperti klub olahraga selama tiga hari pertama.

Otoritas di Hong Kong menyebut, pengaturan khusus untuk wisatawan yang berkunjung bakal dirilis bulan ini, namun tidak menyebut kapan tanggal tepatnya.

"Pengaturan yang relevan dapat mendukung dimulainya kembali secara bertahap travel market untuk masuk secara tertib dan memberikan lingkungan bisnis yang lebih menguntungkan untuk industri travel," bunyi pernyataan pemerintah Hong Kong.

Pengumuman itu muncul setelah Hong Kong pekan lalu menjadi tuan rumah pertemuan puncak keuangan tingkat tinggi, di mana lebih dari 200 eksekutif keuangan dunia terbang ke wilayah bekas jajahan Inggris tersebut. Para tamu negara itu dibebaskan dari aturan Hong Kong terkait kedatangan internasional.

Banyak penduduk setempat menganggap sikap pemerintah Hong Kong menunjukkan ketidakkonsistenan dalam menerapkan kebijakan. Warga lokal mendesak pihak berwenang menghapus pembatasan untuk semua orang secara setara.

Ekonomi Hong Kong telah terpukul oleh pembatasan pandemi Covid-19, yang telah berlangsung selama hampir tiga tahun, dengan banyaknya usaha kecil dan menengah yang tutup.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel