Tips Memilih Perawatan Kulit yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit

Copy to clipboard copy-link
Tips Memilih Perawatan Kulit yang Tepat Berdasarkan Jenis Kulit

Sobat Souja, kesehatan kult adalah salah satu hal yang penting untuk tubuh. Produk skincare pun menjamur di pasaran untuk menjawabnya. Namun, memilihnya tidak boleh asal. Kamu sebaiknya menyesuaikan produk-produk itu dengan kondisi dan jenis kulitmu. Yuk, simak tips memilih skincare berdasarkan jenis dan sifat kulit berikut ini!

  1. Kulit kering

Kulit kering biasanya terlihat kasar dan bersisik, serta pori-porinya lebih terlihat. Karenanya, kamu perlu memilih produk skincare untuk menghidrasi kulit secara mendalam. Kamu bisa mencari skincare yang menggunakan bahan Hyaluronic Acid, Lactic Acid serta bahan-bahan alami yang melembapkan, seperti buah delima, madu, mawar, Aloe vera, shea butter, dan lainnya. 

  1. Kulit Bermiyak

Kulit berminyak biasanya memiliki pori-pori terbuka, jerawat, dan komedo. Kamu bisa mencari skincare dengan kandungan ekstrak lemon dan madu untuk mengontrol minyak dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, gunakan kandungan Niacinamide dan Vitamin C untuk mencerahkan dan menjaga kelembapan kulit. Lengkapi juga dengan sheetmask yang bisa mengontrol sebum berlebih. 

  1. Kulit Sensitif

Kamu yang memiliki kulit sensitif, harus memilih skincare dengan hati-hati. Hindarilah skincare yang mengandung alkohol. Selain itu, kamu juga bisa memilih produk dengan kandungan Aloe vera untuk menenangkan kulit kemerahan dan menutrisi kulit.

  1. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi terbagi menjadi dua, yaitu normal to dry dan normal to oily. Kalau kulitmu normal cenderung kering, biasanya area T-zone cenderung normal, sedangkan di bagian pipi cenderung kering. Sedangkan, kulit normal to oily cenderung normal di bagian pipi atau dagu, tapi berminyak di bagian T-zone. Kamu bisa mencari skincare dengan kandungan Hyaluronic Acid, Vitamin C, dan Lactic Acid untuk menghidrasi dan menutrisi kulitmu.

  1. Kulit normal

Kamu yang memiliki kulit normal, tentu cukup mudah mencari skincare. Kamu dapat memilih skincare dengan kandungan apa pun dan sesuai kebutuhanmu, baik untuk menghidrasi kulit ataupun menutrisi kulit.

Namun, jika kamu ingin merasakan perubahan yang lebih maksimal, gunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit secara rutin ya! Jangan lupa, seimbangkan skincare routine harian dengan skincare weekly seperti sheet mask atau facial scrub.

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel