Keju Terbaik Dunia 2022 Berasal dari Swiss, Apa yang Spesial?

Copy to clipboard copy-link
Keju Terbaik Dunia 2022 Berasal dari Swiss, Apa yang Spesial?

Wujud keju mungkin biasa-biasa saja. Rasanya pun sudah kita kenali, yaitu gurih. Namun di baliknya rasanya yang gurih ternyata ada sekolompok orang dengan segudang pengetahuan tentang keju menobatkan kudapan terbaik itu di dunia.

Keju terbaik dunia untuk 2022 ditetapkan berasal dari Swiss. Keju tersebut mengalahkan 4.434 keju lain dari 42 negara dalam World Cheese Awards 2022 yang dihelat di Pusat Konferensi Internasional di pinggiran Newport, Wales.

Mengutip CNN Travel, ada 250 juri internasional yang menilai ribuan keju dalam kontestasi tersebut pada Rabu (2/11) waktu setempat.

Pada akhirnya, gruyere alias keju bertekstur keras yang dibuat dari susu sapi mentah dari daerah Gruyere, Swiss dinobatkan sebagai pemenang.

Juri menggambarkan Le Gruyère AOP surchoix, yang didaftarkan oleh pembuat keju Swiss Vorderfultigen dan pemurni Gourmino, sebagai "keju buatan tangan yang benar-benar halus". Keju tersebut meleleh di lidah dan diklaim memiliki rasa herbal hingga buah-buahan.

Pemilihan tersebut dilaksanakan cukup panjang karena ada 98 meja dengan keju-keju pilihan yang tersaji di lokasi World Cheese Awards 2022.

Ada keju warna biru yang menjulang tinggi dengan medali krem datar dan lempengan cheddar yang mengesankan hingga keju yang tampak seperti dilukis oleh ekspresionis abstrak Jackson Pollock.

Para juri ditugaskan untuk menilai masing-masing dari 50 atau lebih keju berdasarkan tampilan visual, aroma, dan rasanya di mulut. Yang terbaik diberikan status emas, perak, atau perunggu dan setiap meja juri memilih satu yang termasuk kategori "emas super".

Dalam kontes tersebut juga terdapat 39 keju dari Ukraina yang dimasukkan ke dalam kontes. Natali Kahadi selaku distributor keju Ukraina Ardis mengatakan konflik Rusia-Ukraina sangat berdampak kepada para pembuat keju di negara tersebut.

"Tapi kami terus bekerja. Kami tidak menghentikan produksi kami. Kami berperang menggunakan keju," katanya.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel