Macam-Macam Pekerjaan Sampingan untuk Tambah Penghasilan

Copy to clipboard copy-link
Macam-Macam Pekerjaan Sampingan untuk Tambah Penghasilan

Hai sobat Souja! Ada berbagai macam pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan di waktu luangmu. Hal ini dapat kamu lakukan jika pekerjaan utamamu memang tidak menyita waktu.

Jika kamu tipe orang yang suka hustling dan tidak bisa berdiam diri, mungkin kamu cocok untuk memiliki pekerjaan sampingan.

Bila kamu lakukan dengan serius, berbagai macam pekerjaan sampingan ini malah suatu hari akan berkembang menjadi karier utamamu. Kamu bahkan bisa menciptakan bisnismu sendiri.

Dilansir dari Indeed, pekerjaan sampingan biasanya digunakan untuk meningkatkan kemampuan kamu di luar pekerjaan full time.

Apa saja macam pekerjaan sampingan yang bisa jadi ide untuk kegiatan hustling kamu? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Membuat Blog

Kalau kamu punya hobi menulis, tidak ada salahnya untuk membuat blog dengan tema tulisan yang kamu sukai. Selain menyalurkan hobi, kamu juga dapat memonetisasi blogmu.

Memiliki blog memungkinkanmu untuk memperoleh pendapatan pasif. Kamu bisa memasang program iklan PPC (pay per click) atau mengikuti program afiliasi.

Jika serius, mulailah memiliki blog dengan domain .com, sehingga nantinya kamu bisa mengembangkannya dengan menambah subdomain online shop.

Lebih jauh, kamu bisa mempelajari bagaimana caranya mendesain situs web, mempromosikan blog melalui media sosial, hingga strategi SEO (search engine optimization) untuk menambah audiens.

2. Membuat Kanal YouTube

Macam pekerjaan sampingan lain yang mungkin cocok bagimu, yakni menjadi seorang YouTuber. Kamu tidak perlu biaya untuk membuat kanal YouTube.

Menurut situs pemeringkat Alexa, YouTube merupakan situs terbesar kedua yang dikunjungi setelah Google. Jika kamu bisa membuat konten yang menarik, ada peluang kanal YouTube-mu ditonton banyak orang.

Kamu bisa memperoleh pendapatan dari memasang iklan di kanal YouTube. Selain itu, kamu bisa melakukan kerja sama endosement dengan perusahaan tertentu dengan melakukan review produk.

Jika tidak suka tampil di depan kamera, kamu variasi video yang tidak perlu menunjukkan wajah. Misalnya, video tutorial atau video animasi jika kamu bisa membuatnya.

3. Menawarkan Jasa Freelance

Bila kamu punya keahlian khusus dan punya waktu luang, tawarkanlah kepada perusahaan atau institusi yang membutuhkannya.

Pekerjaan freelance beragam, mulai dari tulis-menulis, penyuntingan, desain, pembuatan video, desain web, programming, dan sebagainya. Biasanya tenaga freelance dibutuhkan dalam jangka pendek.

Meski begitu, kelebihannya adalah waktu kerjanya fleksibel. Kamu hanya perlu menepati target waktu yang telah disepakati.

Untuk menawarkan jasa freelance yang kamu miliki, kamu tentunya harus memasarkan portofoliomu. Ada banyak platform yang bisa melakukannya untukmu, seperti LinkedIn atau media sosial lainnya.

Agar mendapatkan proyek freelance, ada banyak platform online yang menyediakannya. Beberapa di antaranya Fiverr, Freelancer.com, Upwork, Sribulancer, dan masih banyak lagi.

4. Mengelola Media Sosial untuk Bisnis UMKM

Sebelumnya media sosial dipandang sebelah mata karena hanya digunakan untuk urusan personal. Namun, kamu sudah bisa melihat banyak contoh bisnis yang sukses berkat media sosial.

Sayangnya, tidak semua pemilik bisnis, terutama UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah), punya kemampuan dan waktu untuk mengelola media sosial. Belum tentu juga mereka mampu melakukan pemasaran melalui media sosial.

Jika punya keahlian dalam bidang digital marketing dan sangat memahami seluk-beluk media sosial, kamu bisa menjadi konsultan untuk sejumlah UMKM. Kontaklah sejumlah bisnis lokal untuk mulai memasarkan jasamu.

5. Menjadi Pemandu Wisata

Macam pekerjaan sampingan ini bisa menjadi peluang besarmu jika kamu tinggal di daerah pariwisata. Sebagai warga lokal, kamu bisa menawarkan jasa sebagai pemandu wisata kepada para pelancong.

Meski bukan daerah wisata, kamu bisa memanfaatkan spot-spot menarik di kotamu untuk ditunjukkan kepada pendatang baru. Tur kota sambil jalan kaki merupakan tren yang cukup diminati juga.

Untuk menjadi pemandu wisata, kamu tidak perlu mendedikasikan seluruh waktumu. Kegiatan travelling lebih banyak dilakukan pada akhir pekan, jadi kamu bisa melakukan pekerjaan lain pada hari lain.

6. Melakukan Trading Saham

Bila punya kemampuan untuk membaca pergerakan pasar saham, kamu bisa menjadi trader sebagai pekerjaan sampingan.

Ketika bicara soal saham, biasanya ada dua pilihan, yakni melakukan investasi jangka panjang atau melakukan jual beli saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga.

Trader melakukan pilihan yang terakhir. Ia melakukan strategi trading aktif yang menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan perubahan harga sementara di pasar ekuitas.

7. Guru Les Privat

Ada banyak siswa yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar jam belajar sekolah. Terutama siswa yang sedang menghadapi ujian akhir atau mempersiapkan diri masuk ke perguruan tinggi.

Siswa dari segala usia membutuhkan pelajaran tambahan untuk sejumlah mata pelajaran yang dianggap sulit, seperti matematika, fisika, kimia, bahasa asing, dan sebagainya.

Jika punya keahlian dalam bidang tertentu, kamu dapat membantu mereka untuk sukses dalam pelajarannya.

Keuntungan bagi kamu sendiri, bisa mendapat penghasilan tambahan dari salah satu macam pekerjaan sampingan ini.

8. Career Coach

Macam pekerjaan sampingan ini cocok bagi kamu yang memang sangat terorganisasi, pendengar yang baik, dan mengetahui seluk-beluk pasar kerja saat ini.

Yang membutuhkan jasa career coach tidak hanya pencari kerja. Banyak pula pegawai yang sudah memiliki karier, membutuhkan pengarahan agar dapat meningkatkan karier mereka ke jenjang lebih tinggi atau bahkan pindah jalur karier.

Sebagai career coach, kamu bisa memberi jasa konsultasi dengan klien untuk mengevaluasi tujuan, preferensi, hingga kekuatan mereka untuk menemukan jalur karier yang tepat.

Kamu juga bisa memberi panduan bagaimana membuat CV atau resume yang baik dan bagaimana menghadapi wawancara kerja.

9. Jadi Instruktur Olahraga

Jika kamu memiliki minat yang tinggi terhadap kesehatan dan kebugaran, menjadi instruktur olahraga termasuk dalam macam pekerjaan sampingan yang bisa menghasilkan uang tambahan.

Apalagi saat ini, sudah banyak masyarakat yang menjalankan hidup sehat sehingga olahraga termasuk dalam rutinitas dalam kehidupan mereka.

Namun untuk menjadi instruktur olahraga, kamu membutuhkan sertifikasi dan pelatihan yang tepat. Kamu bisa mendapatkan sertifikasi dan pelatihan di berbagai pusat kebugaran.

Ini merupakan profesi yang cukup fleksibel karena kamu bisa mengatur waktu kerja kapan pun atau menyesuaikan dengan klien.

Selain membantu orang lain dalam berolahraga untuk mendapatkan tubuh yang lebih ideal, kamu juga bisa tetap sehat dengan mengajar kelas olahraga.

10. Jadi Content Creator

Bagi kamu yang memiliki minat di bidang media sosial yang tinggi serta memiliki jiwa kreativitas yang baik, bisa coba menjadi content creator.

Kini, ada berbagai platform media sosial yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari Instagram, TikTok, YouTube, dan lainnya.

Kamu bisa membuat berbagai konten yang sesuai dengan minat dan bakat. Misalnya, konten seputar kecantikan, traveling, fesyen, dan lainnya.

Dengan jumlah followers dan insight yang tinggi, kamu bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan berbagai brand sehingga dapat menghasilkan banyak uang.

Demikian beberapa macam pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan di waktu luang. Jika serius, macam pekerjaan sampingan di atas bisa berkembang menjadi bisnis utamamu ke depannya.

Hilkya Palembangan

Hilkya Palembangan

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel