5 Makanan Favorit Pahlawan Asal Sumatera

Copy to clipboard copy-link
5 Makanan Favorit Pahlawan Asal Sumatera

Sobat souja, Pahlawan tidak selalu berkutat dengan masalah bangsa, karena ternyata pahlawan juga memiliki kuliner tertentu yang menjadi kesukaan untuk disantap. Seperti Jendral Sudirman, misalnya. Gak cuma sayur bening maupun sup, Jendral Sudirman diketahui menyukai sekali makanan berbahan sayuran rebus dengan siraman bumbu kacang yang akrab dipanggil dengan pecel. Tak ketinggalan dengan kuliner asal Sumatera berikut ini yang ternyata juga jadi favorit para pahlawan Indonesia. Ada makanan apa saja ya?

  1. Bagar hiu

Sebelum kemerdekaan, Presiden Soekarno sempat diasingkan ke Bengkulu. Selama masa pengasingan, Presiden Soekarno mencicipi berbagai kuliner khas Bengkulu. Salah satu yang menjadi favoritnya adalah Bagar hiu.

Bagar hiu sendiri semacam makanan berkuah rempah dengan isi irisan daging hiu. Masyarakat Bengkulu biasanya menggunakan hiu jenis punai atau tanduk.  Kini, bagar hiu mulai langka karena pelarangan penggunaan ikan hiu demi kelestariannya. Tapi bila sobat ingin mencicipi bagar dengan bahan baku lainnya, masih bisa, kok. 

  1. Ayam Singgang

Ayam Singgang merupakan salah satu kuliner yang populer di Sumatera Barat. Selain jadi santapan sehari-hari, ayam singgang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai hidangan untuk acara khusus, lho.

Ayam Singgang diolah dengan cara ayam dimasak terlebih dulu ke bumbu rempah dan santan kemudian dipanggang. Tak cuma gurih, ayam ini juga kaya akan rempah dan memiliki rasa sedikit pedas. Karena rasa yang berciri khas tersebut, kuliner ini begitu disukai oleh Muhammad Hatta atau Bung Hatta.

 [IKLAN]

  1. Gulee eungkot kreuling

Nah, kuliner satu ini asalnya dari Aceh. Ada yang sudah tahu apa itu gulee eungkot kreuling? Makanan ini merupakan semacam gulai yang berbahan dasar dari ikan. 

Pahlawan wanita asal Aceh yakni Cut Nyak Dien amat menyukai kuliner lezat satu ini. Cut Nyak Dien kenal dengan hidangan lezat ini berkat undangan seorang habib bernama Meulaboh. Datang secara diam-diam supaya para penjajah tidak tahu, selama di rumah sang habib, Cut Nyak Dien dijamu kuliner yang sekarang dikenal dengan panggilan gulee eungkot kreuling tersebut.

  1. Otak-otak

 

Palembang terkenal sekali dengan olahan ikan. Selain pempek, ada lagi kuliner berbahan ikan yang identik dibungkus daun pisang dan dibakar, yakni otak-otak.  Bentuknya memanjang dengan tekstur kenyal, otak-otak terbuat dari campuran ikan dengan tepung kanji. Kuliner satu ini biasanya dihidangkan dengan bumbu kacang nan halus serta memiliki rasa sedikit pedas.  Otak-otak mungkin tak cuma disukai oleh kamu saja, nih. Gurihnya kuliner ini juga disukai oleh pahlawan asal Minangkabau yakni Haji Agus Salim.

  1. Perkedel rinuak

 

Gak cuma disantap sebagai camilan, perkedel rinuak biasanya juga dimanfaatkan masyarakat Sumatera Barat untuk lauk darurat, lho. Lalu, apa itu perkedel rinuak? Perkedel rinuak semacam bakwan yang berbahan dasar tepung beras serta rinuak. Rinuak sendiri merupakan ikan berukuran kecil yang mendiami Danau Maninjau.  Meski nampak sederhana, perkedel rinuak berhasil membius lidah salah satu pahlawan asal Minang sekaligus mantan perdana menteri Indonesia yakni Mohammad Natsir.

Sobat Souja pasti jadi penasaran dan pengen coba kan makanan favorit pahlawan kita ini?

Gabrielle

Gabrielle

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel