Khawatir Menggunakan Dry Shampoo, 5 Alternatif Ini Bisa Jadi Solusi yang Aman Digunakan

Copy to clipboard copy-link
Khawatir Menggunakan Dry Shampoo, 5 Alternatif Ini Bisa Jadi Solusi yang Aman Digunakan

Amerika dan Kanada menarik sejumlah brand dry shampoo yang disebut-sebut mampu memicu kanker. Hal ini tentu membuat banyak orang khawatir akan efek samping penggunaan dry shampoo dalam jangka waktu yang panjang. Namun di Indonesia sendiri, Head of Communication PT Unilever Indonesia Tbk Kristy Nelwan menegaskan jika Unilever Indonesia bukan bagian dari penarikan dry shampoo di Amerika dan Kanada.

“Unilever AS dan Kanada secara sukarela menarik kode lot produksi spesifik dari dry shampoo, bukan shampo cair, yang diproduksi sebelum Oktober 2021 sebagai upaya kehati-hatian setelah penyelidikan internal mengidentifikasi adanya peningkatan kadar benzena," jelas dia dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (26/10/2022).

Perlu diketahui, terdapat sejumlah alternatif bahan yang lebih aman untuk dipakai sebagai dry shampoo. Penasaran apa saja?

1. Tepung jagung

Tepung jagung atau dikenal dengan corn starch adalah bahan alami yang bisa digunakan sebagai dry shampoo. Kandungan aman dan mampu menyerap minyak berlebih di kulit membuat rambut jadi bebas lepek dan mengembang sempurna. Cara pakainya sangat mudah, cukup taburkan sedikit tepung jagung pada kulit kepala dan sisir rambut untuk menghilangkan residu tepung pada kulit kepala.

2. Baking soda

Baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan minyak pada kulit kepala. Bahkan, kamu bisa menambahkan essential oil pada baking soda untuk menambah aroma yang menyegarkan. Aplikasikan sedikit baking soda pada kulit kepala dan ratakan, gunakan sisir dan hair dryer untuk membantu rambut jadi lebih ber-volume. 

3. Setting powder

Maksimalkan manfaat setting powder untuk dipakai pada kulit kepala. Aplikasikan dengan menggunakan brush pada kulit kepala sehingga bedak tersebut bisa lebih rata digunakan di kulit kepala. Jangan lupa jika gunakan sedikit saja, karena produk ini bisa menumpuk pada kulit kepala. Dan pastikan untuk membersihkan kulit kepala dengan optimal untuk menghindari ketombe setelahnya. 

4. Kertas minyak

Kertas minyak atau blotting papers bisa membantu menyerap minyak pada kulit kepala. Pastikan untuk aplikasikan pada  kulit kepala saat kamu mulai merasa rambut berminyak. Jangan lupa untuk selalu bawa kertas minyak di dalam tas, sehingga saat merasa membutuhkan, tinggal tap tap, minyak di kulit kepala langsung terangkat. 

5. Cuka apel

Cuka apel juga menjadi bahan alami yang populer digunakan untuk kecantikan. Pada kesempatan ini, kamu bisa menyampurkan sejumlah cuka apel di botol s[ray dan padukan dengan air. Semprotkan pada kulit kepala dan keringkan dengan hair drdyer. Kamu bisa melihat bagaimana efeknya di rambut yang menjadikan lebih bervolume.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel