Tak Usah Bingung WhatsApp Down, Ini Aplikasi Chat Alternatif

Copy to clipboard copy-link
Tak Usah Bingung WhatsApp Down, Ini Aplikasi Chat Alternatif

Hi sobat Souja! WhatsApp siang ini down di seluruh dunia. Untuk pengguna yang mencari alat komunikasi alternatif, ini adalah beberapa aplikasi chat selain Whatsapp.

Apalagi masalah kemarin bukan pertama kalinya bagi WhatsApp. Laman DownDetector juga mencatat pada 2021, WhatsApp juga pernah mengalami down.

Jika WhatsApp mengalami masalah dalam jangka panjang, berikut lima aplikasi yang bisa jadi pilihan pengganti, dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/10/2022).

1. Telegram

Ini jadi salah satu pilihan pengguna yang bisa dituju. Telegram sudah bisa digunakan di Android, iOS, Windows, MacOS, dan versi Web.

Fitur-fitur di dalamnya pun hampir serupa dengan WhatsApp, mulai dari mengirimkan pesan teks, foto, dan video serta panggilan audio dan video.

Telegram juga menjadi pilihan pengguna WhatsApp saat perusahaan mengeluarkan peraturan terbaru. Jumlah penggunanya juga langsung naik signifikan karena hal ini, misalnya dalam 72 jam pada Januari lalu instalasi Telegram mencapai 25 juta pengguna.

2. Signal

Signal bisa digunakan untuk perangkat Android, iPad dan iPhone, serta Windows. Ada sejumlah fitur keamanan pada platform ini, salah satunya adalah end-to-end encryption. Fitur yang sama juga bisa ditemukan di WhatsApp.

Selain itu Signal hanya meminta nomor ponsel pengguna saat pendaftaran dan tidak ada data pengguna lain yang diketahui.

3. Line

Line berasal dari pengembang Line Corporation, dan memiliki sejumlah fitur. Beberapa diantaranya adalah Line Store, Timeline, Sticker, Game, Webtoon dan Jobs.

Platform ini sudah tersedia untuk iOS, Android, Windows, dan macOS.

4. BiP

Aplikasi tersebut sudah bisa diunduh baik di App Store, Google Play serta Huawei App Gallery. BiP memiliki fitur seperti pesan instan, dan panggilan suara serta video.

Pengguna BiP juga bisa melakukan berbagi foto, pesan suara dan lokasi. Aplikasi juga mengklaim aman dengan pesan antar perangkat dan server dienkripsi sesuai standar keamanan nasional, ungkapnya dalam keterangan di Google Play.

5. iMessage

Layanan pesan singkat ini dikembangkan oleh Apple, jadi hanya bisa digunakan untuk iPhone, iPad atau iPad touch. Dalam laman Support, Apple menjelaskan iMessage merupakan pesan teks, foto atau video yang dikirim ke perangkat Apple melalui Wifi atau jaringan data seluler.

Perusahaan mengklaim pesan yang dikirimkan selalu dienkripsi. Cara mengaktifkan atau menonaktifkan iMessage adalah dengan membuka Pengaturan lanjutkan dengan memilih menu Pesan.

Hilkya Palembangan

Hilkya Palembangan

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel