Smartwatch Kini Mampu Mendeteksi Fibrilasi Atrium Tubuhmu Lho!

Copy to clipboard copy-link
Smartwatch Kini Mampu Mendeteksi Fibrilasi Atrium Tubuhmu Lho!

Hai Sobat Souja, tahukah kalian bahwa saat ini kemajuan teknologi terus berkembang sehingga memudahkan kehidupan sehari-hari manusia. Nah, salah satu teknologi yang sudah umum digunakan adalah smartwatch. Jam tangan ini dapat mendeteksi detak jantung, memantau kualitas tidur, hingga pernapasan seseorang. Lewat teknologi ini pula, ada banyak masalah yang bisa terdeteksi dengan penggunaan alat ini sehari-hari.

Mengutip studi dari Canadian Journal of Cardiology, smartwatch dapat mendeteksi Fibrilasi Atrium (AFib) melalui alat elektrokardiogram yang terdapat di dalamnya. Namun, daya tahan baterai yang terbatas dan kurangnya umpan balik, sehingga dapat menurunkan tingkat kemanjurannya. Kemampuan alat ini terkait keakuratan dalam mendeteksi detak jantung jadi lebih baik. Bahkan sudah semakin banyak ahli kesehatan yang menggunakan dan juga menyarankannya pada orang lain karena kemampuannya mendeteksi masalah detak jantung.

smartwatch

Alat ini mendorong banyak orang untuk terlibat dalam kesehatan diri sendiri dan perawatannya. Saat smartwatch mendeteksi ada sesuatu yang tidak normal pada detak jantung atau pernapasan, pemeriksaan ke dokter bisa segera dilakukan, sehingga penyebabnya bisa terdeteksi dini. Teknologi elektrokardiogram pada smartwatch menggunakan LED yang menyala dan menempel di kulit, berguna dalam mendeteksi aliran darah serta mengukur detak jantung. Sensor mengumpulkan informasi ini dan algoritma memprosesnya untuk menghasilkan data terkait ritme jantung.

Itulah pembahasan mengenai penggunaan smartwatch yang ampuh dalam mendeteksi fibrilasi atrium. Maka dari itu, jika kalian terdiagnosis dengan masalah detak jantung, sebaiknya coba untuk menggunakan perangkat ini setiap hari. Saat terdeteksi detak jantung sedang tidak normal, tindakan penanganan harus dilakukan oleh dokter ya Sobat Souja!

Ramadhan Maulana Putera

Ramadhan Maulana Putera

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel