Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Berikut 6 Prilaku Karyawan yang Sering Dipantau Perusahaan

Copy to clipboard copy-link
Berikut 6 Prilaku Karyawan yang Sering Dipantau Perusahaan

Walaupun mungkin kamu kira bahwa bos itu selalu cuek, namun sebenarnya diam-diam si bos selalu memperhatikan karyawannya. Mungkin kamu tidak sadar bahwa bos selalu ingin tahu apakah kamu sudah bekerja dengan baik atau belum.

 

Tentu saja bos selalu memantau secara sembunyi-sembunyi, alias di luar sepengetahuan kamu loh. Bisa saja tiba-tiba kamu naik jabatan, atau malah dimutasi ke tempat lain karena dianggap tidak perform.

 

Berikut ini enam perilaku karyawan yang selalu dalam pantauan perusahaan dan atasan dilansir dari Qerja, Senin (1/2/2016)


1. Tidak Dapat Bekerja Sama

Kemampuan kamu untuk bekerjasama dengan rekan kerja akan mempengaruhi keberlangsungan karier kamu ke depan. Tanpa kamu sadari, saat menjalin kerja sama akan muncul perilaku kamu sesungguhnya, apakah kamu seseorang yang kooperatif atau ternyata sulit menerima pendapat orang lain. Tentu saja hal ini menjadi perhatian para bos kamu.


2. Mulutmu, Harimaumu

Walaupun atasan terkesan tak memperhatikan kamu, namun bos selalu tahu setiap ada informasi buruk tentang pekerjaan atau gosip tentang dirinya. Entah dari orang lain atau pun terlihat saat kamu bicara. Jadi hati-hati dalam menggunakan mulut kamu bila berbicara atau mengemukakan pendapat.

Ini bukan berarti kamu tidak boleh mengkritik kebijakan bos, tetapi semuanya harus disampaikan dengan cara elegan dan profesional. Dan sebaiknya, sampaikan langsung pada orang yang bersangkutan. Jangan malah membicarakan di belakang saja.


3. Inisiatif

Tunjukan diri kamu sebagai karyawan yang aktif karena ini juga merupakan sikap yang dipantau atasan. Kamu harus selalu aktif dalam memberikan ide, masukan atau solusi bila dibutuhkan perusahaan. Jangan sampai kamu terkesan pasif, tidak punya gairah atau malas-malasan. Sikap ini akan membuat karir kamu tidak akan ke mana-mana.


4. Cara Berpakaian

Baik buruknya kamu  berpakaian akan menunjukan siapa kamu sebenarnya. Jika ingin dihargai orang lain, hargailah diri kamu sendiri dengan cara berpakaian yang sopan dan menarik.

Atasan akan menyukai karyawannya yang berpenampilan trendi dan bersih. Itu menunjukkan kalau kamu juga pintar dan rapi dalam bekerja. Karyawan yang berpakaian asal-asalan dan terkesan kumuh tidak masuk dalam hitungan si bos.


5. Menyelesaikan Masalah

Berbahagialah kamu bila punya bakat dalam mencari solusi setiap masalah di kantor. Ini akan menjadi nilai positif buat kamu untuk mendapatkan perhatian atasan. Tidak semua orang mampu melakukan hal ini, lho. Bahkan lebih banyak karyawan yang membawa masalah daripada menyelesaikan masalah.



6. Cara Berkomunikasi

Cara kamu berkomunikasi dengan orang lain juga menjadi poin penting bagi si bos. Setiap ucapan dan bobot pembicaraan bisa menunjukkan apakah kamu cukup smart, bisa dipercaya, dan dapat meyakinkan orang.

Tetapi jangan salah, keterampilan ini juga ibarat pisau bermata dua. Kadang-kadang para bos sering terjebak dengan memilih orang yang pintar bicara saja. Padahal banyak juga orang yang pintar ngomong meskipun tidak mampu bekerja dengan baik.

Kiki Kartika

Kiki Kartika

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel