Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

4 Hal Yang Harus Disiapkan Ketika Memulai Usaha

Copy to clipboard copy-link
4 Hal Yang Harus Disiapkan Ketika Memulai Usaha


Banyak ide yang dimiliki orang untuk memulai buat usaha, tapi sedikit orang yang memulai merealisasikan idenya itu menjadi sebuah usaha. Nah, kali ini kita akan belajar 4 hal yang harus disiapkan untuk memulai usaha.


1.    Mental
Mental merupakan hal terpenting untuk memulai usaha. Karena berbisnis berbeda dengan bekerja kepada orang lain. Karena dalam berbisnis kamu menjadi pusat dalam mengatur semua hal dibisnis kamu. Dan banyak orang  siap untuk untung tapi sedikit orang siap untuk rugi. Karena itu mental menjadi kunci utama untuk memulai berbisnis. Karena kamu akan bekerja lebih banyak dibanding kamu bekerja dengan orang, kamu harus mengatur orang-orang dibawahmu, kamu mengatur operasional usahamu, dan itu membutuhkan mental yang kuat. Dan mental yang kuat membuat kamu bisa bertahan dalam sebuah usaha.

2.    Rencana Bisnis
Bisnis yang baik pasti didasari dengan rencana bisnis yang baik. Karena dengan adanya rencana bisnis membuat kamu terarah untuk mengatur strategi yang akan kamu ambil dalam memulai dan memperbesar bisnismu. Bisnis yang baik adalah bisnis yang dinamis, tidak kaku. Siap dengan perubahan pasar yang ada. Rencana bisnis membuat kamu memahami pangsa pasarmu. Rencana bisnis juga yang membuat kamu tahu hal apa aja yang harus kamu siapkan dan apa saja yang harus kamu mulai terlebih dahulu.

3.    Modal Usaha
Tanpa ada modal, bisnismu nggak akan bisa berjalan. Jadi ketika kamu ingin memulai bisnis , hitung modal yang harus kamu siapkan agar bisnismu bisa dimulai. Modal usaha bisa kamu peroleh dari uang yang sudah kamu siapkan sendiri, pinjam dari orang tua, teman, atau mencari investor yang mau menanam modal dalam usahamu. Untuk menemukan pemodal yang baik, kamu harus menyiapkan proposal usaha yang menarik sehingga membuat mereka tertarik menginvestasikan uangnya untuk usahamu. Jangan memulai bisnis dengan modal yang kamu pinjam lewat KTA atau kredit bank. Karena bunga yang dikeluarkan besar sehingga kamu harus memperhitungkan dengan cicilan yang harus kamu balikkan kepada bank bisa tercukupkan atau tidak. Kalau kamu merasa yakin bisa, dan percaya dengan rencana bisnismu, kamu boleh mencoba meminjam lewat KTA tersebut, namun tidak disarankan untuk kamu yang baru memulai bisnis.


4.    Promosi Usaha
Ketika kamu memiliki modal, rencana bisnis, dan mental yang kuat dalam memulai usaha. Baru kamu siapkan promosi yang akan kamu ambil untuk memasarkan usahamu. Karena pemasaran itu ujung tombak sebuah usaha bisa diterima, diingat, dan membuat konsumen puas atau tidak dengan usahamu. Dan rencana bisnis membuat kamu percaya diri dengan produkmu, promosi yang kamu jalankan membuat usahamu dikenal banyak  orang.

Hal-hal tadi yang harus diperhatikan buat kalian sobat Souja yang mau memulai usaha. Ingat, usaha yang baik adalah usaha yang direalisasikan bukan hanya ide saja. Dan jangan takut mencoba ketika kamu sudah mempersiapkan ke 4 hal diatas tadi. Semangat mencoba, sobat Souja

Fransisca

Fransisca

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register