Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Are You Single or Jomblo?

Copy to clipboard copy-link
Are You Single or Jomblo?

Single? Why not? Kadang kita takut dengan kata-kata ini. Dan banyak orang menjadi galau karena kata-kata ini juga. Bener? Apalagi buat anak muda seperti kita sekarang ini, banyak orang terintimidasi dengan kata single. Karena single di cap nggak laku, single di anggap sendirian atau apapun. Tapi pernahkah kita berpikir, single itu hal yang mengasyikan ketika kita melihatnya dari kacamata positif. Single itu beda loh dengan jomblo, menurut aku. Single itu berarti utuh, unik, penuh. Beda dengan jomblo itu sendiri, kosong, dan galau. Kamu itu jomblo atau single, ayo kita cek sekarang.

 

Kalau jomblo itu merasa kalau punya pacar itu berarti kamu utuh, dan melihat keadaan ketika belum punya pacar itu dengan hal negative. Dan mengasihani sendiri ketika mereka sendiri bukan memperbaiki diri dan fokusnya terus mencari pacar dan gak tahan untuk sendiri.

 

Sedangkan single melihat masa kesendirian itu dari segi positif. Mereka tidak mengasihani diri sendiri dan membandingkan dirinya dengan orang yang udah pasangan. Tetapi mereka terus mengupgrade diri mereka menjadi lebih baik, dan orang single itu terus menambah nilai dan menjadikan diri lebih baik. Karena kita akan menarik orang yang nilainya sama dengan kita loh. Contoh berlian akan menarik orang-orang yang memiliki uang untuk membelinya, dan nggak semua orang bisa membelinya. Sama seperti kita ketika nilai hidup kita tinggi, orang yang mendekat dengan kita pun pasti berkualitas tinggi juga.

 

Orang yang merasa dirinya jomblo, kebanyakan merasa tidak berharga ketika dirinya sendiri, merasa kesepian, dan merasa kosong. Padahal hidup kita itu nggak bisa dipenuhi dengan pasangan kita loh! Mau orang jomblo punya pacar atau tidak, kekosongan itu pasti akan kembali juga. Karena kepenuhan itu nggak bisa diisi orang lain. Tapi yang bisa isi hanya Tuhan. Sebetulnya yang dibutuhkan adalah kedekatan kita dengan Tuhan.

 

Dalam masa kita sendiri, belum ada pasangan, mari habiskan waktu itu bukan dengan meratapi nasib, nggak merasa berharga, terinitimidasi, atau pikiran-pikiran negative seperti rasa nggak berharga. Tapi ingat, jatuh cinta ketika kamu siap bukan kamu sendiri. Orang jomblo melihat waktu mereka sendiri itu karena kesepian. Sedangkan orang yang single melihat waktu mereka sendiri itu karena mereka belum siap.  Cari pasangan ketika kita siap bukan kesepian. Karna orang kesepian adalah orang yang lapar, ia akan mengambil bukan memberi. Karena hanya orang yang siap, yang akan memberi dan memberi kepada pasangannya.

 

Dalam masa sendiri itu ada beberapa hal yang bisa kita lakukan dan kita persiapkan sebelum kita memiliki pasangan, yaitu :

1.Belajar untuk mengasihi atau mencintai
Belajar untuk mencintai. Apa sih cinta itu? Semua orang mengenal kata cinta tapi nggak mengerti nggak banyak orang mengerti arti sesungguhnya. Cinta itu lebih dari emosi, lebih dari sensasi. Cinta itu butuh komitmen kalau nggak ada komitmen, gampang kita untuk berpindah hati kalau cinta itu udah nggak ada di hati. Cinta itu murni, kita nggak membayar ketika mendapatkan cinta atau memberi cinta. Banyak orang bisa mengatakan I love you, tapi nggak banyak yang bisa membuktikannya. Ketika kita mencintai, kita rela memberi bukan menuntut, kita akan menghormati dan melindungi, kita akan membangun bukan menjatuhkan, kita nggak melihat ke belakang tapi ke depan. Dan melakukan yang terbaik untuk orang kita cintai.

Tapi cinta itu harus dimulai ketika kita mencintai diri sendiri. Krisis identitas terjadi ketika kita nggak mencintai diri sendiri.  Orang yang jomblo biasanya mengalami krisis identitas melihat dirinya nggak berharga, melihat ketika dia nggak punya pasangan karena dirinya tidak pantas, dirinya jelek, dan melihat semua hal dari negative.  Beda dengan orang yang single, yang bisa mencintai dirinya sendiri, dia ada pasangan atau tidak nggak akan mengurangi nilai hidupnya. Dan akan terus mengupgrade diri lebih baik lagi dan pasangan itu bukan menjadikan dia penuh, tapi penolong untuk dirinya semakin lebih baik lagi.


2.Belajar untuk berbagi hidup kita.
Dalam masa sendiri, kita harus menjadikan diri kita untuk produktif. Karena disaat kita sendiri dan nggak ada keterikatan seharusnya kita bisa berbagi kehidupan, lebih lagi menolong orang sekitar kita, lebih lagi menjadi berkat untuk orang sekitar kita.

Orang jomblo itu orang yang terfokus dengan dirinya sendiri, pusing nasibnya, pusing dengan statusnya yang nggak punya pacar dan menjadi dirinya berfokus dengan dirinya sendiri. Sedangkan orang yang single adalah orang yang memakai di masa kesendirian itu untuk berfokus kepada orang lain. Dia nggak memusingkan nasibnya tetapi berfokus bagaimana dirinya bisa berguna buat orang lain, menolong orang lain, dan berbagi pengalaman hidupnya buat orang lain. 

Percaya Tuhan akan memberikan kita pasangan disaat kita nggak memikirkannya lagi. Maksudnya, ketika kita nggak memikirkannya, berarti ketika kita diberi pasangan, hidup kita nggak terfokus dengan pasangan kita, tapi kita bisa berfokus dengan yang lain, dan pasangan bisa menjadi penolong kita untuk mencapai apa aja yang kita mau capai. Hidup itu indah bila kita tahu dan menyadarinya. Dan dunia nggak berakhir ketika kita sekarang masi sendiri. Karena tuhan punya waktu yang tepat dan orang yang tepat. Bagian kita adalah mempersiapkan diri dan membuka diri kita untuk orang-orang sekitar kita. Biar pasangan yang tuhan berikan bisa masuk dalam kehidupan kita.

 Dan ingat, pasangan yang baik itu adalah pasangan yang akan membuat kita semakin dekat sama Tuhan, teman-teman kita, keluarga kita, dan menjadikan kita lebih baik  terus nggak terfokus dengan pasangan kita aja loh. Jadi di cek, buat yang lagi pedekate atau yang udah jadian, apakah pasangan kamu udah membawa kamu seperti hal di atas? Dan jangan sampai buang waktumu ketika kamu tahu, kamu salah jalan yaa. Dan buat yang sendiri hayoo dipilih pasangan dengan bijak.


3.Belajar untuk mengambil keputusan yang benar.

Di masa muda seperti ini, banyak kebebasan-kebebasan yang kita hadapi. Dan kebebasan itu bisa menjadi hal yang membuat kita semakin baik ataupun semakin buruk. Karena itu harus bijak dalam mengambil keputusan. Dan itu sangat penting loh, apalagi dimasa kita masih sendiri seperti ini.

Orang yang single tahu bahwa keputusan yang diambil, akan menentukan masa depan mereka. Mereka akan berhati-hati mengambil keputusan, mereka akan mencari kebebasan yang membawa nilai hidup mereka semakin naik, karakter semakin baik.

Apalagi dalam pergaulan. Karena pergaulan kita menentukan masa depan kita loh! Dengan siapa kita bergaul, kita menjadi seperti orang itu juga. Jadi hati-hati dalam melihat dan ikut dalam pergaulan. Jadi sekitari pergaulan kita dengan pergaulan yang positif, karena itu dapat membuat kita melihat hal sekitar kita dengan positif. Contoh ketika kita bingung dalam memilih pasangan yang mendekati kita atau menunggu pasangan yang tak kunjung datang. Orang yang positif akan membuat masukan positif yang membuat kita nggak salah keputusan atau  berpikir negative. Tetapi orang yang negative akan membuat kita semakin galau dengan keadaan kita dan mungkin-mungkin membuat kita salah ambil jalan. Jadi orang yang berpikir dirinya jomblo, carilah orang-orang yang berpikir beda dengan kamu, karena itu bisa membuat kamu berpikir menjadi lebih baik.

Dan ketika kita sendiri, belajar untuk bertanggung jawab atas hidup kita sendiri. Kalau itu saja nggak bisa kita lakukan, bagaimana kita bertanggung jawab ketika kita memiliki pasangan. Belajar mengambil keputusan yang benar dan dewasa, pilihan dewasa itu bukan memilih karena mudah dilakukan, atau kita sukai saja tetapi berdasarkan apa yang benar untuk dilakukan.

 

Itu beberapa hal yang bisa kita lakukan dan pelajari ketika kita sendiri. Orang yang jomblo dan orang yang single memiliki keputusan dan hal yang dilakukan berbeda loh, seperti yang diatas diberitahukan. Jadi semua itu pilihanmu, mau jadi jomblo atau single itu keputusanmu? Tapi nikmati masa singleness kamu dengan bersyukur, sukacita dan hal-hal positif. Karena banyak hal yang bisa kamu lakukan disaat kamu single aja. Seperti mencari pengalaman, memperbanyak pergaulan yang positif, mengembangkan dan melakukan hobi ataupun yang kamu suka. Karena ketika kamu sudah memiliki pasangan, hal-hal itu perlu kamu diskusikan dengan pasangan kamu, nggak seperti sekarang. 

 

Love your self dan selalu berpikir positif karena itu mempengaruhi respond dan keputusan yang kamu ambil. Kamu berharga kok guys! Kamu unik dan special, nobody like you! Dan bukan karena kamu belum punya pasangan berarti kamu nggak berharga, tetapi kamu menunggu orang yang terbaik untuk menjadi pasangan kamu. Jangan karena orang lain membuat kamu salah mencari pasangan yaa, karena itu akan membuang waktu kamu yang harusnya bisa kamu pakai dengan maksimal jadi gak maksimal. 

 

Banyak orang diluar sana yang akan mengintimidasi kamu, tapi ingat pasangan bukan hal main-main karena itu masalah hati. Jangan sampai hati kamu sakit karena salah pasangan. Dan pilih jadi orang yang single, yang nikmati singleness kamu dengan gembira. Fransisca Octavia (@sisca2490)

 

Setelah baca artikel di atas, apa yang kalian pilih, sobat Souja? Jadi Single atau Jomblo? Tentukan pilihanmu.

 

 Sumber : www.glowforindonesia.org

Fransisca

Fransisca

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register