Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Pementasan Jas Merah Sang Timur Oleh Teater Keliling

Copy to clipboard copy-link
Pementasan Jas Merah Sang Timur Oleh Teater Keliling
Pertunjukkan drama bertema nasionalisme yang dikolaborasikan dengan musik, tari dan nyanyian ini bercerita tentang tiga anak muda yang sudah lama tidak berjumpa kemudian mereka mengadakan reuni dengan berlibur ke Maluku, NTT dan Papua. Disana mereka saling memamerkan gaya hidup masing-masing seperti Komer yang haus dengan konsumerisme Barat, Koor yang kaya raya dengan hasil korupsi dan Patty yang selalu berkoar seakan menghina bangsa sendiri tapi tidak berbuat apapun untuk bangsanya.


Kesombongan ketiganya memunculkan tiga pahlawan dari Timur yang secara imaginer muncul untuk mempertanyakan arti dari pengorbanan mereka untuk kemerdekaan. Keadaan Ibu Pertiwi yang saat ini sedang sekarat karena ulah generasi bangsanya membuat ketiga anak muda itu sadar untuk berbuat sesuatu dalam mengisi kemerdekaan.


Keunikan dari Teater Keliling adalah adanya interaksi yang aktif antara pemain dengan penonton sehingga penonton selalu menjadi bagian dari pertunjukkan. Tujuannya adalah agar penonton bisa merasa melebur dengan pertunjukkan dan value yang ingin disampaikan lebih mengena kepada hati penonton. Terutama kepada target utama yaitu generasi muda penerus bangsa.


Teater Keliling berdiri sejak 13 Februari 1974. Selama 41 tahun terus berkeliling dari Sabang sampai Merauke dan 11 negara di dunia dengan mementaskan lebih dari 1500 pertunjukkan untuk terus menebarkan nilai-nilai kemanusiaan demi Indonesia yang lebih baik melalui pendidikan karakter dan mental. Saat ini Teater Keliling terus mengajar teater di sekolah-sekolah menengah dan menengah ke atas dengan tujuan menebarkan manfaat positif dari seni berteater yaitu pengembangan karakter, emosi serta kerja kolektif dan tanggung jawab tim.


Harapan dari Teater Keliling agar generasi muda penerus bangsa bisa mencintai tanah air dan membesarkan bangsa. Dan berteater mampu untuk menciptakan hal tersebut. Di tahun 1984 dan 1992 mendapatkan penghargaan lingkungan hidup dan di tahun 2010 menjadi satu-satunya group teater dengan pertunjukkan terbanyak (1500) kali pentas di 10 negara di dunia. Jas Merah Sang Timur oleh Teater Keliling dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 20 Desember 2015 pukul 15:00 dan 19:00.

Elin Septianingsih

Elin Septianingsih

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register