Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

Yuk, Bernostalgia dengan Olahraga Tradisional di Event In Commemoration of Heritage of Sports

Copy to clipboard copy-link
Yuk, Bernostalgia dengan Olahraga Tradisional di Event In Commemoration of Heritage of Sports
Dilansir melalui Indonesiakaya.com. Pusaka Dunia adalah aset kekayaan dan kemakmuran bersama sebuah peradaban. Perlindungan dan pelestarian aset yang bernilai ini membutuhkan rangkaian upaya dari segenap masyarakat dunia. Hari yang khusus ini memberikan kesempatan untuk peningkatan kepedulian publik tentang keragaman pusaka serta mendorong terus tindakan aksi yang dibutuhkan untuk melindungi dan melestarikannya, sebagaimana halnya membuka mata kita untuk menyelamatkan kerentanannya.


Pada 18 April 1982 saat simposium ICOMOS di Tunisia, muncul usulan untuk menyelenggarakan Hari Monumen dan Situs Dunia, agar dirayakan secaran simultan di setiap belahan dunia. Usulan ini disetujui oleh Executive Committee yang memberikan panduan praktis kepada National Committee tentang bagaimana penyelenggaraannya. Gagasan ini juga disetujui oleh konferensi UNESCO melalui resolusi sesi ke 22 pada November 1983 yaitu merekomendasikan agar setiap negara anggota UNESCO mendeklarasikan 18 April setiap tahun sebagai Hari Monumen dan Situs Dunia atau secara langsung disebut Hari Pusaka Dunia.


Heritage of Sport adalah tema yang dipilih untuk tahun 2016. Berbagai tempat di dunia pun mempersiapkan tema ini sesuai dengan ciri khasnya masing – masing. Berfokus pada Memasyarakatkan Olahraga Nusantara di Indonesia, kali ini BPPI Indonesian Trust ingin mengajak masyarakat untuk kembali melestarikan permainan dan olahraga tradisional yang beragam dan tersebar luas di seluruh penjuru nusantara, serta berkolaborasi dengan FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia).


Tahun ini, BPPI Indonesian Heritage Trust mengajak masyarakat untuk serta dan merayakan Hari Pusaka Dunia di beberapa acara di bulan April. Acara – acara yang terkait dengan peringatan Hari Pusaka Dunia 2016: 

1. Diskusi Bulanan (4 April 2016);
Diskusi Bulanan merupakan agenda reguler BPPI Indonesian Heritage Trust setiap bulannya di kantor BPPI dimana kami mengundang beberapa narasumber untuk membagi pengetahuannya seputar pelestarian, yang kali ini berfokus kepada tema Memasyarakatkan Olahraga Nusantara. 

2. Activity Day (17 April 2016);
Activity Day merupakan satu hari, dimana BPPI mengajak masyarakat untuk mengingat dan bernostalgia kembali akan permainan dan olahraga tradisional. 

3. Video Screening (18 April 2016). 
Video Screening yakni pemutaran kompilasi video – video permainan dan olahraga  tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, dilanjutkan dengan adanya diskusi mengenai video tersebut dan tentang pusaka secara menyeluruh. Sebelum video tersebut diputar, akan ada performance tari dari Adhitari Trisakti untuk ikut meramaikan acara, serta sambutan dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi-Masyarakat Indonesia). 


Video bisa diakses darimana saja melalui portal website BPPI (bppi-indonesianheritagetrust.org), akun Youtube BPPI, dan Facebook BPPI Indonesian Heritage Trust. Serta website Galeri Indonesia Kaya (www.indonesiakaya.com).
Elin Septianingsih

Elin Septianingsih

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register