Menteri Perdagangan Zulhas Dukung Waralaba Lokal untuk Go Internasional Melalui FLEI EXPO XIX 2022

Copy to clipboard copy-link
Menteri Perdagangan Zulhas Dukung Waralaba Lokal untuk Go Internasional Melalui FLEI EXPO XIX 2022

Jakarta, 21 November 2022 - Bertepatan pada hari jumat tanggal 18 November 2022 berlokasi di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Senayan, acara pembukaan dan peresmian Pameran Waralaba dan Lisensi Terbesar di Indonesia, FLEI Expo Edisi ke-19 berlangsung dengan lancar dan meriah.

Acara dibuka oleh MC protokoler, Karina Mintahir, S.Hum yang mengarahkan para tamu kehormatan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menciptakan atmosfer semangat nasionalisme sesuai tema FLEI XIX yaitu “Limitless Opportunites” dengan mendukung para UMKM untuk berkembang tanpa batas hingga Go Internasional.

Dilanjutkan dengan sambutan serta beberapa informasi perkembangan dunia usaha waralaba, lisensi dan peluang bisnis dipaparkan secara singkat, padat dan jelas oleh pihak Peneyelenggara yaitu Royanto Handaya selaku President Director Panorama Media, Tri Rahardjo selaku Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI), serta Levita G. Supit dari KADIN Indonesia yang menduduki posisi sebagai Vice Chairwoman Permanent Committee Franchising, Licensing & Network Marketing. 

Acara lantas dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan souvenir dari pihak penyelenggara kepada para tamu kehormatan yang hadir mewakili masing-masing instansi diantaranya Bapak Arief Setiawan (Analis Kebijakan Ahli Muda dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia), Ibu Elisabeth Ratu Rante Allo (Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Usaha Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta). Tak lupa penyerahan plakat turut diberikan kepada beberapa tamu undangan internasional yang sekaligus bertindak sebagai pembicara ahli di beberapa program panggung FLEI XIX yang akan berlangsung dari tanggal 18 – 20 November 2022, di Assembly Hall, JCC Senayan.

Tak berselang lama tibalah sambutan oleh Bapak Menteri Perdagangan Republik Indonesia yang disambut sangat meriah oleh para hadirin baik dari tamu kehormatan, rekan-rekan media, hingga tamu lainnya yang di dominasi oleh para pelaku bisnis. Bapak Menteri Perdagangan DR. (H.C). Zulkifli Hasan, S.E., M.M atau yang akrab disapa Zulhas menyampaikan beberapa poin penting di acara pembukaan FLEI Expo edisi ke-19 ini. “Walaupun dunia keadaan sedang seperti ini tapi Indonesia masih tumbuh, Q3 perekonomian Indonesia tumbuh 5,72%, ekspor kita surplus sekitar USD 40 Miliar, ini merupakan kabar positif hasil kerja keras bersama yang patut kita syukuri. Zulhas menyebutkan FLEI Expo merupakan wadah dari Kerja Sama Kolaborasi karena melibatkan seluruh aspek dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, KADIN, WALI, Panorama Media serta para pelaku bisnis yang turut bersumbangsih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini.

Poin kedua: Waralaba saat ini berkembang pesat, kita musti percaya diri. Sebenarnya kita kaya akan entrepreneur muda dengan kreatifitas makanan, minuman maupun produk-produk yang menarik.” Zulhas turut mengambil contoh keberhasilan Alfamart yang juga kali ini merupakan salah satu exhibitor di FLEI XIX, “Alfamart salah satu contoh pembuktian yang berhasil Go Internasional dengan adanya cabang outlet hingga Filipina. Tentu saja kita harus tetap unggul di dalam negeri namun kita juga sudah harus mulai berani untuk expansi bisnis ke luar negeri. Saya meyakini kita akan berhasil untuk menembus itu karena segala potensi dan persyaratan kita miliki semuanya. Hal ini senantiasa didukung oleh kami, Kementerian Perdagangan turut mendorong para pelaku bisnis agar dapat menembus pasar dunia. Ini adalah salah satu misi besar untuk dapat mensukseskan Indonesia menjadi negara maju di tahun 2045 sesuai target pemerintah. Jika kita tidak mampu berespansi dan bersaing di pasar dunia maka mustahil rasanya kita akan menjadi negara maju pada 2045. Sehingga saya menitipkan sebuah pesan agar seluruh pihak yang terkait dengan FLEI yaitu KADIN, WALI hingga Panorama Media mampu menjadi wadah untuk mensukseskan program tersebut dan jangan lupa untuk menjangkau para pelaku bisnis di pelosok Indonesia yang produk-produknya tidak kalah menarik dengan produk-produk di kota besar.” Di akhir pidatonya tampak pada Big Screen di area panggung sebuah kutipan yang penuh makna dari Zulhas yaitu, “Saya percaya, dengan waralaba, ekonomi akan semakin jaya.”

Acara peresmian FLEI Expo Edisi ke-19 di lakukan secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Bapak Menteri Perdagangan, Zulfikli Hasan yang turut didampingi oleh seluruh instansi dan beberapa tamu kehormatan yang turut hadir. Pemukulan gong tersebut menandakan bahwa acara Pameran Waralaba, Lisensi, Peluang Bisnis dan Kemitraan Terbesar di Indonesia, FLEI EXPO XIX 2022 International resmi di buka dan di sambut meriah oleh tepuk tangan hadirin juga media yang memadati area panggung utama untuk mengabadikan momen ini.

Acara diakhiri dengan kata-kata penutup dari MC disambung oleh sesi “Mini Tour” yang dilakukan oleh rombongan dari Kementerian Perdagangan beserta para pendamping dari tamu tamu kehormatan, diikuti juga oleh beberapa awak media untuk berkeliling dan menghampiri beberapa peserta FLEI XIX di dalam Assembly Hall, Jakarta Convention Center.

Indah

Indah

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel