7 Momen Tak Biasa Pemimpin Dunia Saat KTT G20 Bali

Copy to clipboard copy-link
7 Momen Tak Biasa Pemimpin Dunia Saat KTT G20 Bali

Momen tidak biasa terjadi saat para pemimpin dunia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Mulai dari Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau dan PM Inggris Rishi Sunak yang nongkrong bareng, hingga Presiden Prancis Emmanuel Macron yang menggendong bayi warga Bali.

Momen-momen langka itu terjadi sejak para pemimpin dunia tiba di Bali pada Senin (14/11) lalu. Sebagai informasi, KTT G20 digelar pada kemarin hingga hari ini atau 15-16 November 2022 di Nusa Dua, Badung, Bali. Mayoritas para pemimpin dunia sudah tiba sehari sebelumnya.

Dirangkum detikcom, setidaknya ada tujuh momen yang disuguhkan para pemimpin dunia yang menghadiri KTT G20. Apa saja?

1. PM Kanada dan PM Inggris Nongkrong Bareng

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau bertemu dengan PM Inggris Rishi Sunak di Bali pada Senin (14/11) malam. Keduanya nongkrong bareng sambil menikmati bir lokal Indonesia di sebuah kafe di Nusa Dua, Bali.

Trudeau dan Sunak terlihat sama-sama mengenakan kemeja warna putih dengan lengan yang dilipat. Keduanya tampak berbincang berdua di sebuah meja. Semangkok kerupuk dan bir merek lokal juga terlihat di meja.

Dari video yang beredar, terdengar Trudeau-lah yang memesan bir tersebut. Sedangkan Sunak memesan minuman Mango Spritz.

Pertemuan Trudeau dan Sunak itu tampaknya digelar setelah keduanya tiba di Indonesia dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

2. Presiden Prancis Jalan Kaki dan Gendong Bayi Warga

Presiden Prancis Emmanuel Macron berjalan kaki sepanjang 2 kilometer setelah menghadiri welcoming dinner atau makan malam di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dalam rangkaian acara KTT G20 Bali. Macron bahkan menyapa para warga Bali saat itu.

Dalam video yang dilihat detikcom, Rabu (16/11/2022), Macron tampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Dia berjalan didampingi sejumlah petugas serta motor dan mobil patwal.

Saat Macron berjalan, warga Bali menyambutnya dengan gembira. Bahkan Macron sempat menggendong salah satu bayi pada video tersebut.

Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi mengatakan Macron berjalan kaki dari Simpang Uluwatu sampai Politeknik Bali, Jimbaran, sekitar pukul 22.00 Wita, Selasa (15/11). Dia menyebut hal ini menunjukkan bahwa Polri berhasil melakukan pengamanan pada KTT G20 ini.

"Alhamdulillah beliau mulai jalan kaki dari pintu keluar GWK sampai Politeknik sejauh 2 kilometer," kata Agung Setya dalam keterangan tertulisnya.

3. Biden Berkaus Saat Telepon Presiden Polandia dari Bali

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengunggah foto dirinya saat sedang berbicara via telepon dengan Presiden Polandia Andrzej Duda pada Rabu (16/11) pagi waktu setempat. Biden terlihat berpenampilan santai dengan kaus dalam momen itu.

Laporan Associated Press, Rabu (16/11/2022), menyebut Biden yang tengah berada di Bali dalam rangka KTT G20, dibangunkan oleh para stafnya semalam dengan berita ledakan rudal di Polandia.


Biden menghubungi Duda pada Rabu (16/11) pagi untuk menyampaikan 'belasungkawa mendalam' atas meninggalnya dua warga Polandia akibat rudal itu.

Via akun Twitter resminya, Biden mengunggah sebuah foto yang menunjukkan dirinya sedang duduk di kursi dan berbicara via telepon dengan Duda. Tampak penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan duduk di sofa yang ada hadapan Biden.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken juga duduk di sofa, tak jauh dari keduanya, tampak mendengarkan percakapan telepon itu sembari mencatat.

Foto yang dirilis Gedung Putih via akun Twitter resmi Presiden AS, @POTUS, itu menunjukkan momen tidak biasa saat Biden berpenampilan santai, dengan hanya mengenakan kaos dan celana panjang warna krem. Blinken juga terlihat berpenampilan santai dengan kaos dan celana jeans warna biru tua.

Hanya Sullivan yang terlihat masih mengenakan kemeja putihnya dalam foto tersebut.

4. Biden Tersandung di Tahura, Langsung Dibantu Jokowi

Presiden AS Joe Biden sempat tersandung saat tiba di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Bali. Biden langsung dibantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Momen itu terekam dalam tayangan live YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (17/11/2022). Biden awalnya turun dari mobil kepresidenan The Beast.

Setelah itu, dia berjalan dan disambut oleh Jokowi. Mereka sempat berbincang sejenak.

Selanjutnya kedua pemimpin berjalan ke arah ruang tunggu. Namun, saat hendak menaiki anak tangga, Biden tersandung. Jokowi, yang berada di sebelahnya, langsung memegang tangan Biden.

Setelah itu, Biden menuju ke tempat duduk. Dia melepaskan jasnya saat berbincang dengan para pemimpin negara lain.

5. Para Pemimpin Dunia Berbatik

Momen menarik juga terjadi saat Welcoming Dinner and Cultural Performance G20 Indonesia. Para pemimpin negara dan lembaga dunia kompak mengenakan baju batik khas Indonesia.

Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau, misalnya. Dia terlihat mengenakan baju batik berwarna fuchsia.

Selain itu, ada Presiden China Xi Jinping, yang mengenakan baju batik berwarna biru. Kemudian PM Inggris Rishi Sunak dan PM India Narendra Modi mengenakan baju batik berwarna merah dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengenakan batik berwarna biru.

6. Biden dan Xi Jinping Bertemu

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping bertemu secara langsung untuk pertama kalinya. Jabat tangan erat pun ditunjukkan keduanya saat bertemu.

Pertemuan keduanya juga disebut sempat diwarnai adu mulut. Namun, pertemuan itu akhirnya membuahkan kesepakatan bahwa tidak ada perang dingin baru dengan China. Biden juga percaya dalam waktu dekat tidak ada upaya China menyerang Taiwan.

7. Biden Kerasan di Bali

Momen lainnya juga kembali ditunjukkan Biden. Biden sempat melontarkan celetukan kepada Presiden Jokowi yang mengisyaratkan dirinya kerasan di Bali.

"Saya tidak berpikir saya akan pulang," canda Biden kepada Jokowi dalam pertemuan kedua pemimpin, menunjukkan antusiasme pada pantai yang membentang di luar hotel yang menjadi tempatnya menginap, seperti dilansir AFP, Selasa (15/11/2022).

Saat menggelar konferensi pers pada Senin (14/11) malam di area taman tropis di kompleks hotel, kata-kata pertama Biden yang diucapkan kepada wartawan adalah: "Selamat datang di Bali."

Kalimat yang diucapkan Biden sembari tertawa kecil itu diduga merujuk pada hal-hal yang dirasakan para delegasi asing di Bali dalam rangkaian KTT G20, mulai dari cuaca yang lembap, dekorasi yang menakjubkan hingga suasana alam yang melimpah yang sangat kontras dengan formalitas kaku di Gedung Putih.

Suasana tropis di Bali tampaknya membuat suasana hati Biden juga menjadi cerah. Hal itu terlihat jelas saat dia bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin (14/11) petang. Biden terlihat memancarkan kepercayaan diri dan wajah yang cerah saat menyapa Xi dengan senyuman dan jabat tangan hangat.

Nisa Ivana

Nisa Ivana

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel