Forum Tematik Bakohumas 2022 Wujud Komitmen Kemhan Mendukung Pengembangan Indhan Dalam Negeri

Copy to clipboard copy-link
Forum Tematik Bakohumas 2022  Wujud Komitmen Kemhan Mendukung Pengembangan Indhan Dalam Negeri

JAKARTA, 17 Oktober 2022 - Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan menyelenggarakan Forum Tematik Bakohumas Kemhan Tahun 2022, Rabu (12/10) di Aula Nusantara Gedung Urip Soemohardjo Kemhan, Jakarta. Forum Tematik Bakohumas Tahun 2022 yang mengetengahkan tema “Kontribusi Industri Pertahanan Domestik Yang Maju, Kuat dan Mandiri Untuk Mendukung Kekuatan Pertahanan Negara” ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (Sekjen Kemhan) Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, didampingi Ketua Bakohumas, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Kansong,S.Sos., M.Si.

 

Pemilihan tema tentang industri pertahanan dalam Forum Tematik Bakohumas Kemhan Tahun 2022 tersebut merupakan wujud komitmen Kementerian Pertahanan dalam upaya terus mendukung pengembangan industri pertahanan dalam negeri. Kegiatan yang merupakan forum insan kehumasan serta diwadahi oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) melalui Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (BAKOHUMAS) ini dimaksudkan untuk meningkatkan komunikasi antar organisasi humas dan sekaligus menjadikannya sebagai media untuk mempublikasikan dan penyebarluasan informasi tentang industri pertahanan. 

 

Para pejabat kehumasan di jajaran Kementerian/Lembaga Negara diharapkan dapat mengetahui dan memahami pentingnya industri pertahanan dalam rangka penguatan pertahanan negara. Melalui Forum Tematik Bakohumas ini diharapkan dapat dijadikan media untuk memperlancar informasi serta penyebarannya dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya penyelenggaraan pertahanan negara dengan berbagai aspeknya.

 

Forum Tematik Bakohumas yang diikuti oleh para pejabat kehumasan di jajaran Kementerian/Lembaga Negara ini menghadirkan tiga narasumber yaitu; Dirtekindhan Ditjen Pothan Kemhan Marsma TNI Ir. Wajariman M.Sc., yang akan mengangkat topik “Urgensi Peningkatan Teknologi Dan Kemampuan Industri Pertahanan Domestik Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian Industri Pertahanan  Dan Memperkuat Pertahanan Negara”, Ketua Bidang Hukum dan Perundang-Undangan KKIP Maruli Ario Tampubolon, S.H., B. Bus., MBA., yang berbicara mengenai “Kajian Hukum Tentang Peran KKIP dari Perspektif Triple Helix Industri Pertahanan Dalam Rangka Upaya Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan Keamanan”, dan Managing Director PT. Napindo Arya Seta Wiriadipura selaku penyelenggara Indo Defence Expo & Forum 2022 yang membahas mengenai “Peran Serta Kegiatan Indo Defence 2022 Sebagai Bagian Dari Strategi Promosi Produk Industri Pertahanan Dalam Rangka Memajukan Industri Pertahanan Domestik”.

 

Managing Director PT Napindo Media Ashatama, Arya mengatakan saat ini Indo Defence 2022 Expo & Forum merupakan pameran industri pertahanan yang terbesar di Asia Tenggara dan salah satu terbesar di dunia. Arya menambahkan ini adalah momen yang tepat bagi para pelaku industri terkait untuk mengekspos produk-produk terbaik dari dalam maupun luar negeri secara efisien dan efektif. 

 

“Indo Defence mampu mewadahi promosi yang strategis bagi perusahaan-perusahaan peserta yang datang dari dalam dan luar negeri untuk memamerkan produk terbaik yang mereka miliki,” ujar Arya. 

 

Arya melanjutkan, pameran internasional yang menghadirkan Bidang Teknologi Industri Tiga Matra, Kedirgantaraan, Maritim, dan Keamanan ini merupakan kegiatan 2 tahunan yang terus menunjukkan peningkatan di tiap tahun penyelenggaraannya. “Baik dari pengunjung maupun peserta pameran terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Itu artinya Indo Defence telah berhasil mengantarkan sebuah kualitas bisnis yang sangat baik bagi industri yang terlibat di dalamnya.”

 

Beberapa negara telah dipastikan berpartisipasi seperti Afrika Selatan, Amerika Serikat, Australia, Austria, Belanda, Belarus, Belgia, Brazil, Britania Raya, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Filipina, Finlandia, India, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Korea Selatan, Malaysia, Mesir, Nigeria, Oman, Polandia, Portugal, Prancis, Rusia, Serbia, Singapura, Slovakia, Spanyol, Swedia, Swiss, Taipei, Thailand, Tiongkok, Turki, Uni Emirat Arab, Ukraina, Yunani, dan tentunya Indonesia sebagai Tuan Rumah.

Indah Meilina

Indah Meilina

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel