Gagal

Maaf Anda telah memasukkan alamat email yang tidak valid !

Scroll To Continue With Content
https://www.sambilanku.id/mce/register

DR X - Eliminasi 100 Besar Nusantara Virtual Band Competition

Copy to clipboard copy-link
DR X - Eliminasi 100 Besar Nusantara Virtual Band Competition

Pengalaman band kami mungkin tidak jauh beda dari pengalaman band-band yang lain, pasti ada suka dan duka. Untuk pengalaman suka dan duka mungkin disini kami merangkum hanya saat menjalani event Nusantara Virtual Band Competition. Awal  mula ada salah satu personil dari band kami yang mengetahui info virtual band competition yang diadakan oleh CKH Entertaiment. Akhirnya kami sepakat untuk mengikuti kompetisi ini.

Dimulailah dengan mengumpulkan dan membentuk tim serta mempersiapkan lagu latihan dll. Karena waktu yang singkat, kami latihan dan mengaransemen lagu terkadang bisa dari pagi hingga dini hari. Ini baru untuk lagu saja. Kami sama sekali belum memiliki bayangan untuk video klip, namun karena kebetulan di saat fase awal ketentuan untuk format video dan audio berupa live perform, akhirnya konsep kami hanya di studio, hanya ada tambahan beberapa scene diawal untuk membawa penonton agar masuk dan dapat merasakan alur cerita sesuai dengan lagu yang kami pilih difase awal yaitu milik Fiersa Besari “April” yang tentunya telah kami aransemen menggunakan versi band kami.

Jujur saja kami sangat kesulitan untuk mencari studio rekaman dengan cara live perform, karena di kota kami studio yang mampu untuk melakukan itu tidak banyak atau bisa dibilang terbatas, belum lagi ditambah dengan kondisi pandemi saat ini membuat pendapatan ekonomi didaerah kami belum stabil atau bisa dibilang sangat sulit. Selama pandemi ini kami pun off job karena kebijakan pemerintah yang tidak boleh ada keramaian selama pandemi dan semua café, resto, hotel serta tempat hiburan lainnya belum boleh ada yang beroperasi, sementara band dan tim kami hanya mengandalkan job dari regular café, resto, hotel maupun tempat hiburan lainnya. Namun berkat keyakinan kami dan kerja keras tim kami berhasil lolos ke tahap 100 besar.

Pengalaman ditahap 100 besar saat hari pertama setelah pengumuman masih mampu kami lewati dengan mudah, untuk menentukan lagu yang diberikan oleh Nusantara VBC pun kami hanya membutuhkan satu hari. Satu hari full untuk benar benar mengamati lagu dengan seksama agar memilih lagu yang sesuai karakter band serta memungkinkan untuk menyatukan dengan konsep video klip. Sama seperti fase sebelumnya, kami melakukan latihan dan aransemen lagu pagi, siang, sore dan malam. Hal ini dikarenakan waktu yang tidak panjang, kami benar benar bertekad untuk membuat Fase 100 Besar ini sesempurna mungkin dan tantangan baru bagi kami.

Sebelum diberi tambahan waktu, kami hanya memiliki waktu 9 hari untuk menyelesaikan semuanya. Maka dari itu kami mempercepat semuanya dan berusaha yang terbaik. Singkat cerita lagu telah selesai diaransemen. Sekarang tinggal rekaman, mixing dan video klip, untuk diketahui kami berjumlah 10 orang sebagai tim dan crew. Jadi kami hanya rekaman didalam ruangan yang hanya menggunakan sebuah laptop seadanya dan satu soundcard behringer. Untuk rekaman, mix dan mastering dikerjakan oleh salah satu anggota tim. Empat hari sebelum deadline, kami membantu proses mix dan mastering agar cepat selesai, itupun karena gear yang kami pakai tidak mumpuni untuk rekaman mix dan mastering, beberapa kali hampir saja file rekaman kami terhapus atau ada instrument yang hilang sehingga kami harus rekaman ulang, karena kami membutuhkan file audio final untuk membuat video klip.

Namun, keberuntungan belum berpihak pada kami dan tim. Ada satu masalah yang sangat berat kami hadapi, yaitu permasalahan untuk take drum. Jika kami hanya mengandalkan tim dan alat seadanya kami tidak akan bisa rekaman drum. Awalnya kami ingin menggunakan drumpad atau drum elektrik untuk rekaman drumnnya. Tapi menurut kami itu tidak totalitas dan karena ini kompetisi band, kami mengusahakan untuk rekaman dengan menggunakan drum set. Sekali lagi, dikota kami hampir tidak ada studio rekaman untuk merekam drum set, akhirnya kami mendapatkan satu studio untuk rekaman drum set, jadi hasil rekamannya kami hanya mengambil mentahan saja, untuk mixing dan mastering kami tetap percayakan kepada tim kami. Dua  hari sebelum deadline kami memaksakan untuk menyimpan hasil rekaman yang belum final, hanya untuk guide video klip. Sekali lagi kami harus menghadapi kesulitan, karena deadline yang sudah didepan mata akhirnya kami memutuskan untuk membuat vido klip yang tidak sesuai dari konsep outdoor rencana kami. Akhirnya kami membuat video klip hanya distudio, satu hari sebelum deadline, kami mendapatkan info bahwa CKH Entertaiment menambah waktu pengumpulan video. Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk CKH, tambahan waktu ini benar benar membuat kami semangat untuk melanjutkan konsep awal kami yang tidak bisa kami jalankan. Hari berikutnya kami mencoba menjalankan konsep kami yang tertunda, yaitu video klip outdoor.

Ya, kami membuat video klip epic dan kami bangga akan hal ini, terlalu banyak perjuangan tim untuk membuat video klip epic ini dengan membawa seluruh alat full set keatas bukit merese Lombok. Akirnya project kami selesai, dan kami dapat mengumpulkan karya kami dengan sesuai harapan.

Ditahap ini penilain 60% ternyata menggunakan voting sms dan like youtube. Lagi dan lagi kami menghadapi cobaan berat selanjutnya, yaitu susahnya mencari dukungan dikota kami sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa pandemi ini membuat semuanya menjadi terbatas, khususnya dalam hal ekonomi. Jadi sangat susah untuk mengajak dan meminta dukungan kepada warga dan masyarakat NTB, Lombok khususnya Kota Mataram.
Kami berusaha sekuat tenaga dengan kemampuan kami untuk mencari support, dengan mencoba menghubungi beberapa badan pemerintahan daerah yang dapat mendukung kami. Nampaknya keberuntungan lagi lagi belum berpihak kepada kami, hingga saat ini belum ada yang merespon proposal dari kami. Tapi kami tidak kehabisan akal, akhirnya kami memutuskan untuk mengadakan roadshow promosi dan sekaligus menghibur pengunjung ditempat hiburan, café - cafe yang buka dan mengijinkan kami untuk mempromosikan band kami dan tim bahwa kami telah mengikuti kompetisi Nusantara Virtual Band Competition dan satu satunya yang mewakili dan membawa nama kota dan daerah kami, Mataram , Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk sementara hingga saat ini hanya hal ini yang dapat kami lakukan. Catatannya, disetiap roadshow atau promosi, kami yang mempersiapkan segala sesuatunya, dari alat, sound dll sendiri. Karena pihak café dan tempat hiburan hanya menyediakan tempat. Mungkin itu saja pengalaman dari kami dan tim selama mengikuti NVBC 2020.

Sebelumnya kami berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk menceritakan pengalaman kami dan akan dibantu oleh penyelenggara. Apapun hasilnya kami dan tim menerima dengan lapang dada nantinya, karena kami telah berusaha semaksimal dan sesuai kemampuan kami dan tentunya terima kasih untuk CKH Entertainment yang sudah mengadakan kompetisi ini, berkat adanya kompetisi ini seluruh tim mendapatkan pengalaman yang berharga bekerja sebagai tim, menambah pengetahuan, skill dan membuat semakin dewasa masing-masing individu untuk menghadapi masalah yang dihadapi. Yang perlu diingat adalah selama project NVBC 2020 kami kerjakan murni satu tim yang terdiri dari 10 orang, mulai dari aransemen, rekaman, video klip dan apapun yang berhubungan dengan project ini kami kerjakan tanpa bantuan dari luar.

Nah, buat kalian yang mau nonton reaction dari special judges untuk Band DR X. Yuk, nonton Podcast Swara Nusantara Eps. 5 di Youtube Channel CKH Entertainment atau bisa melalui link ini :


Jangan lupa untuk selalu dukung Band DR X di event Nusantara Virtual Band Competition dengan cara kirimkan Vote SMS sebanyak-banyaknya ke 99117 dengan format NVBC (spasi) Nama Band, khusus untuk pengguna Telkomsel dan XL. Kalau kamu capek buat kirim SMS satu-persatu, kalian juga bisa gunakan Bulk SMS loh! Caranya gampang banget, kirimkan SMS ke 99117 dengan format:

NVBC5 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 5 kali SMS

NVBC10 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 10 kali SMS

NVBC20 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 20 kali SMS

NVBC50 (spasi) NAMA BAND
*Untuk 50 kali SMS

Hanya berlaku untuk pengguna Telkomsel dan tarif SMS akan diakumulasikan sesuai dengan jumlah SMS yang kalian kirimkan.

Selain itu kalian juga bisa likes video cover dari band favorit kalian di Youtube Channel CKH Entertainment.

 

Aidha Savitri

Aidha Savitri

Artikel Terkait

Rekomendasi Artikel

https://www.sambilanku.id/mce/register